Arrum pramesti.18764. tata tulis karya ilmiah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Arrum pramesti.18764. tata tulis karya ilmiah

on

  • 1,498 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,498
Views on SlideShare
1,498
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
46
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Arrum pramesti.18764. tata tulis karya ilmiah Presentation Transcript

  • 1. EFEKTIVITAS PENINGKATAN HASILBELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL DRILL AND PRACTICE DALAM PEMBELAJARAN TIK OLEH ARRUM PRAMESTI. 18764 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • 2. A. LATAR BELAKANG MASALAH Indonesia belum optimal mendayagunakan potensisecara baik, sehingga Indonesia terancam kesenjangan digital(digital gap) dan semakin tertinggal dari negara-negara maju.Untuk mengatasi ketertinggalan di teknologi informasi dankomunikasi sehingga dimasukkanlah materi TIK di dalamkurikulum. Penerapan aplikasinya menjadi suatu hal yangsangat penting, untuk itu penyusun berfikiruntuk mengembangkan media pembelajaran berbasiskomputer berbentuk multimedia interaktif model Drill AndPractice untuk meningkatkan efektivitas hasil belajar siswaSMP dalam pembelajaran TIK.
  • 3. B. IDENTIFIKASI MASALAH1. Efektivitas adalah sesuatu yang memiliki pengaruh atau akibat yangditimbulkan, manjur, membawa hasil dan merupakan keberhasilan darisuatu usaha atau tindakan, efektivitas diukur dengan menggunakan gainyang ternormalisir berdasarkan hasil pretest dan posttest2. Multimedia adalah seperangkat media yang merupakan kombinasi daribeberapa media yang relevan, kombinasi ini dapat digunakan sebagaimedia dalam pemebelajaran TIK terkait dengan tujuan pembelajaran.
  • 4. C. BATASAN MASALAH1. Penggunaan multimedia interaktif model drill and practice dalampembelajaran TIK ini hanya terbatas pada sub kompetensi dasartentang pengenalan nama, fungsi, dan kegunaan menu dan ikon padaprogram aplikasi pengolah kata MS.Word.2. Multimedia interaktif model drill and practice yang dibuatmenggunakan program Macromedia Flash 8 dan beberapa programpendukung lainnya.3. Penilaian hasil belajar siswa yang diukur terkait dengan aspek kognitif pada ranah pengetahuan, pemahaman, dan penerapan.
  • 5. D. RUMUSAN MASALAHPermasalahan secara umum dapat dirumuskan sebagaiberikut:”Bagaimana efektivitas hasil belajar terkait denganpenggunaan multimedia interaktif model Drill And Practicedalam pembelajaran TIK ?” ???
  • 6. E. TUJUAN PENELITIAN1. Bagi siswa memberikan pengalaman yang baru melalui penerapan multimedia interaktif model drill and practice dalam pembelajaran TIK sehingga akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.2. Bagi PenelitiMemberikan gambaran yang jelas mengenai efektivitas hasil belajarterkait dengan penggunaan multimedia interaktif model drill and practice dalam pembelajaran TIK siswa kelas VII SMP. multimedia interaktif model drilland practice dibandingkan dengan siswa yang diterapkan media pembelajaranberbentuk modul dalam pembelajaran TIK.
  • 7. F. MANFAAT PENELITIANMenciptakan dan memberikan inovasi baru yang dapatmeningkatkan kemampuan siswa dalam kegiatan belajarmenajar yang dilatar belakangi aktifitas siswa yang diikutidengan penyiapan bahan ajar yang sesuai, lengakap, dansistematis sesuai, lengkap, dan sistematis sesuai dengankompotensi yang diharapkan.
  • 8. A. PEMBALAJARANPembelajaran merupakan suatu keterpaduanantara dua proses, yaitu belajar dan mengajar.Belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atauperubahan diri seseorang yang dinyatakandalam cara-cara bertingkah laku berkatpengalaman dan latihan.B. EFEKTIVITAS PEMBELAJARANMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) definisiefektivitasadalah sesuatu yang memiliki pengaruh atauakibat yang ditimbulkan, manjur,membawa hasil danmerupakan keberhasilan dari suatu usaha atautindakan, dalam hal ini efektivitas dapat dilihat dari tercapaitidaknya tujuan instruksional khusus yang telah semuladicanangkan
  • 9. C. KRITERIA EFEKTIFITASKetuntasan belajar, pembelajaran dapatdikatakan tuntas apabilasekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa telah memperoleh nilaidalam peningkatan hasil belajarD. HASIL BELAJARAbin Syamsudin (2001: 43) berpendapat bahwa: ”Hasil belajar adalah suatu kecakapan nyata (actualability) yangmenunjukkan kepada aspek-aspek yang segeradapat didemonstrasikan dandiuji sekarang juga, karenamerupakan hasil usaha dalam belajar yangbersangkutandengan cara, bahan, dan dalam hal tertentu yang telahdialaminya”.
  • 10. E. KLASIFIKASI HASIL BELAJARHasil belajar yang dicapai siswa pada hakikatnyaadalahperubahan-perubahan yang diharapkandari tingkah lakunya. Perubahantersebutmencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.F. MULTIMEDIA INTERAKTIFYudi Wibisono (Supriyatna, 2008: 22-23) mengemukakanbahwa:“Multimedia adalah penggunaan berbagai jenis media(teks, suara, grafik,animasi, dan video) untuk menyampaikaninformasi. Multimedia interaktif menambahkan elemen yangke enam, yaitu aspek interaktif”
  • 11. A. Pengembangan MultimediaInteraktif ModelDrill and PracticeBerikut ini adalah langkah-langkah dalam pengembanganmultimedia interaktif modeldrill and practice, yaitu:•Tahap Perancangan1. Persiapan pokok bahasan materi2. Perancangan Flowchart program3. Perancangan Storyboard program•Tahap Produksi.1. Tampilan awal2. Introduction3. Tampilan utama4. Penyajian materi5. Penyajian evaluasi6. Feedback7. Skoring8. Pengayaan9. penutup
  • 12. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetodequasi experiment. Adapun yang dimaksud dengan metodequasi experimentadalah; Penelitian yang mendekati percobaansungguhan di mana tidak mungkin mengadakan kontrol/memanipulasikan semua variabel yang relevan. Pada kegiatan penelitian ini populasi yang akan digunakanadalah siswa kelas VII dari suatu SMP Negeri 2Cirebon, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-E dan VII-G SMP Negeri 2 Cirebon. Sedangkan untuk teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah teknik SimpleRandom Samplingyaitu suatu teknik pengambilan anggota sampeldari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikanstrata yang ada dalam populasi tersebut. (Sugiyono, 2008:120).
  • 13. Prosedur PenelitianDalam mengumpulkan data pada penelitian ini, penelitiakan melakukan beberapa tahapan prosedurpenelitian, diantaranya:1. Menentukan populasi dan sampel penelitian2. Menentukan pokok bahasan yang akan dipergunakan dalam penelitian ini dangan cara melaksanakan studi literatur dari KTSP dan Silabus.3. Mengobservasi sarana dan prasarana sekolah untuk mendukung keterlaksanaan penelitian tersebut.
  • 14. Prosedur Penelitian Lanjut...4.Merancang dan memproduksi program multimediainteraktif modeldrill and practiceyang dibuat denganmenggunakan program aplikasi Macromedia Flash 8 danprogram pendukung lainnya yang dikonsultasikan dengandosen pembimbing, guru, dan dosen.5.Melakukan ujijudgment experts dengan penimbang daridosen, guru, ataupun pihak lain yang berkompeten.6.Analisis dam revisi hasil ujijudgment experts
  • 15. Prosedur Penelitian Lanjut...7. Meyusun instrumen penelitian yang dikonsultasikandengan dosen pembimbing, guru, dan dosen8. Melakukan judgment instrument dengan penimbang daridosen dan guru9. Analisis dan revisi hasil judgment instrument10.Pengujian instrumen penelitian untuk mengetahuivaliditas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukarankepada 32 siswa kelas VII sebuah SMP Negeri 1 Bengkulusebagai subjek uji coba.
  • 16. Prosedur Penelitian Lanjut...11. Analisis hasil uji instrument penelitian.12. Melaksanakan kuasi eksperimen13. Pengolahan dan analisis data hasil eksperiment14. Pengujian hipotesis penelitian dengannormalized gain15. Pembahasan hasil analisis data16. Menyimpulkan hasil penelitian sehingga akan dapatdisimpulkan apakah H1 diterima atau ditolak.
  • 17. Instrumen PenelitianUntuk memperoleh data mengenai efektivitas peningkatanhasil belajar terkait dengan penggunaan multimediainteraktif modeldrill and practice dalam pembelajaran TIKsiswa kelas VII SMP, digunakanlah sebuah instrumen, yaitutes objektif pilihan ganda.