Modul 2 pbo
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Modul 2 pbo

on

  • 1,200 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,200
Views on SlideShare
1,190
Embed Views
10

Actions

Likes
0
Downloads
14
Comments
0

1 Embed 10

http://arrofik.blogspot.com 10

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Modul 2 pbo Modul 2 pbo Document Transcript

  • Hak Cipta © pada Inggih PermanaModul 2 DASAR DASAR-DASAR JAVA “Nggak semua yang loe denger dari dosen itu bener… Dan nggak semua yang bener itu Nggak loe denger dari dosen… dosen…”Mahasiswa-mahasiswa sekalian di modul 2 ini kalian akan belajar modal dasar untuk membuat program mahasiswa dasardengan Java. Disini kalian akan mempelajari tentang pernyataan, ekspresi, variabel, tipe data, konstanta,komen, literal dan aritmatika di Java.Mari kita mulai saja….!Pernyataan (Statement)Pernyataan (atau lebih dikenal dengan kata statement) di Java merupakan perintah yang menyebabkan erupakansebuah aksi terjadi. Kalau anda memahami modul sebelumnya, tentunya anda tahu kalau sayamenyebut statement dengan kata baris program saja, tetapi mulai sekarang modul ini akanmenyebutnya dengan kata statement statement.Contoh :Pada kode program diatas baris ketiga dan keempat merupakan sebuah statement. Seperti yang pernahsaya jelaskan pada modul sebelumnya, setiap statement harus diakhiri dengang titik koma (;). angEkspresiEkspresi adalah statement yang menghasilkan nilai Hal ini akan banyak anda temukan di bahasan- nilai. bahasanbahasan selanjutnya.VariabelVariabel adalah tempat dimana anda bisa menyimpan informasi selama program yang anda jalankan jalankan.Sebenarnya pada contoh kode program di sub bahasan statement anda telah menggunakan variabel. nda vaUntuk membuat variabel anda harus membuat tipe data misalnya int, String, double dan lain data, ,sebagainya (tentang tipe data akan dibahas pada sub selanjutnya) lalu membuat nama variabel nya,misalnya int Berat, String nama dan lain sebagainya.Nilai sebuah variabel bisa diberikan pada waktu pendeklarasian variabel (atau disebut dengan istilahinisialiasi) atau pada waktu variabel digunakan. Tetapi pada saat program dijalankan, variabel-variabel variabelyang digunakan harus terisi terlebih dahulu, oleh sebab itu kita disarankan memberi inisialiasi padavariabel agar tidak terjadi error.
  • Hak Cipta © pada Inggih PermanaPendeklarasian VariabelBerikut ini cara rumus untuk mendeklarasikan variabel : Tipe Data Nama Variabel = Value Wajib SunnahContoh : “int berat = 70”. Nama variabel (sebenarnya ini berlaku untuk semua penamaan di Java ataudisebut dengan istilah identifier) boleh diawali dengan huruf, underscore (_), symbol dollar ($) tetapitidak boleh diawali dengan angka, setelah itu boleh ditambah dengan kombinasi huruf dan angka.Cara mengisi nilai variabelSeperti yang telah diterangkan sebelumnya, pengisian value atau nilai variabel boleh dilakukan padawaktu pendeklarasi variebel atau pada waktu bagian program lainnya setelah variabel dideklarasikan.Contoh pengisian nilai variabel pada pada waktu pendeklarasian : int berat = 70;Contoh pengisian nilai variabel pada tempat lain : int berat; berat = 70;KonstantaSebagaimana yang telah dipelajari di mata kuliah Algoritma dan Pemograman konstanta adalah variabelyang value atau nilainya tidak bisa dirubah. Final Tipe Data Nama Variabel = ValueContoh : ”final int berat = 70”. Pada variabel ini nilai 70 tidak bisa dirubah lagi pada waktu programdijalankan.Tipe DataTipe data primitif (Sumber : Java in 60 Minutes a Day – Wiley Publishing)
  • Hak Cipta © pada Inggih PermanaTipe data angkaDi tabel diatas ada enam buah tipe angka (numerik) yang terdiri dari integer (bilangan bulat) dan floatingpoint (bilangan berkoma). Integer sendiri terdiri dari 4 buah jenis yaitu byte, short, int dan long, yangmembedakan dari ke empat tipe hanyalah ukurannya (bisa dilihat di tabel diatas). Sedangkan floatingpoint terdiri dari 2 buah jenis yaitu float dan double, yang membedakan mereka juga dari ukuran saja.Tipe data booleanTipe data ini menyatakan benar atau salah (true atau false). Ingat di Java Boolean bukan tipe integer,tidak bisa diisi dengan 1 atau 0, hanya bisa true atau false. Di beberapa bahasa pemograman lainnyaboolean bisa diisi dengan nila 0 atau 1, 0 untuk false dan 1 untuk true.Tipe data charTipe data char adalah tipe data untuk karakter di Java. Untuk menyatakan karakter harus digunakankutip satu, misalnya ‘A’. Jika anda membuat dengan kutip dua, misalnya “A”, ini bukan merupakan tipechar, tetapi tipe String.Tipe data lainnyaSebenarnya banyak tipe data lainnya di Java, seperti String, date, dan sebagainya. Tetapi saya mauberfokus terhadap tipe String terlebih dahulu, karena tipe ini adalah tipe yang sering digunakan,sedangkan tipe lainnya akan dibahas pada materi berikutnya.String adalah kumpulan dari beberapa karekater. Seperti penjelasan sebelumnya, string diapit dengankutip dua. String mempunyai keistimewaan, yaitu setiap tipe data primitive yang disambungkan denganString akan menjadi tipe String.OperatorOperator aritmatika (Sumber : Teach Yourself Java 6 in 21 Days)Yang perlu saya tekankan disinilah adalah tentang division (pembagi). Jika anda membagi bilanganinteger dan menghasilkan sebuah bilangan berkoma, maka anda tidak akan mendapatkan hasil bilanganberkoma, karena hasil tersebut akan dipotong sampai batas koma bilangan tersebut. Misalnya 9/2,seharusnya hasil nya 4.5, tetapi karena dipotong makan anda hanya mendapatkan hasil 4.
  • Hak Cipta © pada Inggih PermanaContoh programHasilnya :Pada contoh diatas sebenarnya anda telah menggunakan method baru, yaitu “testAritmatika()”. Untukpenjelasa lebih mendetail tentang method akan dibahas pada materi selanjutnya.Alternatif Penggunaan Operator Aritmatika (Sumber : Teach Yourself Java 6 in 21 Days)
  • Hak Cipta © pada Inggih PermanaTabel diatas menunjukan alternatife cara penggunaan operator, tujuannya adalah mempersingkatpenulisan program, untuk lebih jelasnya pahami contoh berikut.Contoh programHasilnya :Operator Perbandingan (Sumber : Teach Yourself Java 6 in 21 Days)
  • Hak Cipta © pada Inggih PermanaJava memiliki beberapa operator untuk melakukan perbandingan. Hasil dari perbandingan ini bernilaiboolean, yaitu true or false.Misalnya : int x = 10; int y = 2;Maka (x == y)  false (x != y)  true (x < y)  false (x > y)  true (x <= y)  false (x >= y)  trueUntuk lebih jelasnya, pahami contoh berikut iniContoh programHasilnya :Pada contoh diatas sebenarnya anda telah menggunakan logika percabangan, untuk penjelasa lebihmendetail tentang logika percabangan akan dibahas pada materi selanjutnya.
  • Hak Cipta © pada Inggih PermanaTugas KelompokMasing-masing kelompok membuat makalah yang isinya sebagai berikut : 1. Escape character di Java [Kelompok 1] 2. Parsing tipe data? [Kelompok 2] 3. Increment dan decrement operator [Kelompok 3] 4. Logical operator [Kelompok 4] 5. Cara menerima input dari keyboard dengan menggunakan paket scanner? [Kelompok 5]Makalah dikumpul pada pertemuan selanjutnya…, tidak perlu dijilid!!! Cukup di klip dan diberi coveryang berisi nama dan nim anggota kelompok.Selain itu softcopy nya dikirim ke e-mail : inggihpermana@uin-suska.ac.id