Your SlideShare is downloading. ×
Kelompok 6   konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Kelompok 6 konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran

11,113

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
11,113
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
247
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. KONSEP DASAR EVALUASIBELAJAR DAN PEMBELAJARAN Dosen Pengampu : Ernawati Saptaningrum, M.Pd Disusun Oleh : Kelompok : 6 Kelas : 3b 1. Bukhori Masruri (09330051) 2. Faizatur Rohmah (09330056) 3. Mukti Abdiyaning P. (09330068) 4. Suryawati (09330079) 5. Anita Mustikawati (09330087)
  • 2. Peta Konsep Konsep Dasar Evaluasi B&P Evaluasi EvaluasiEvaluasi Hasil Belajar Pembelajaran
  • 3. Evaluasi Evaluasi Definisi Evaluasi Kedudukan Evaluasi Syarat Umum Evaluasi
  • 4. Definisi Evaluasi Secara umum, Evaluasi merupakan prosessistematis untuk menentukan nilai sesuatu(tujuan, kegiatan, keputusan, proses, orang,objek, dan yg lain) berdasarkan kriteria tertentumelalui suatu penilaian. Evaluasi tidak selalu melalui prosesmengukur (pengukuran) kemudian barumelakukan proses menilai (penilaian), tetapidapat pula evaluasi langsung melalui penilaiansaja.
  • 5. Evaluasi mencakup evaluasi hasil belajar danevaluasi pembelajaran. 1.Evaluasi hasil belajar adalah prosespenentuan pemerolehan hasil belajar berdasarkankriteria tertentu. 2.Evaluasi pembelajaran adalah prosespenentuan nilai tentang proses pembelajaranberdasarkan kriteria tertentu. Dengan demikian evaluasi hasil belajarmenetapkan baik buruknya hasil dari kegiatanpembelajaran, sedangkan evaluasi pembelajaranmenetapkan baik buruknya proses dari kegiatanpembelajaran.
  • 6. Kedudukan Evaluasi dalam proses pendidikanMASUKAN TRANSFORMASI KELUARAN UMPAN BALIK Proses pendidikan sebagai proses transformasi
  • 7. Syarat- Syarat Umum Evaluasi1. Kesahihan Kesahihan dapat diartikan sebagai ketepatan evaluasi mengevaluasi apa yang seharusnya dievaluasi. Serta lebih menekankan pada hasil/perolehan evaluasi Faktor- faktor yg mempengaruhi kesahihan hasil evaluasi yaitu : 1. Faktor instrumen evaluasi (petunjuk yg tidak jelas, tingkat kesulitan kosa kata, susunan item evaluasi yang kurang baik, item evaluasi yg terlalu pendek, dapat dikenalinya pola jawaban instrumen evaluasi) 2. Faktor- faktor dalam administrasi evaluasi dan penskoran (waktu yg tidak cukup dalam evaluasi, bantuan tidak wajar kepada siswa, mencontek saat ujian, pensekoran jawaban esai yg tidak dapat diperoleh) 3. Faktor- faktor dalam respons siswa (kecenderungan untuk merespon secara cepat daripada secara tepat, kecenderungan secara coba- coba, dan penggunaan gaya tertentu dalam merespons evaluasi esai.)
  • 8. 2. Keterandalan Keterandalan berhubungan dengan tingkat kepercayaan bahwa suatu instrumen evaluasi mampu memberikan hasil yang tepat. Gronlund mengemukakan adanya 4 faktor yang mempengaruhi keterandalan, yaitu : 1.) Panjang tes 3.) Tingkat kesulitan tes 2.) Sebaran skor 4.) Objektivitas3. Kepraktisan Kepraktisan dapat diartikan sebagai kemudahan yang ada dalam instrumen evaluasi dalam mempersiapkan, menggunakan, maupun menyimpannya. Faktor- faktor yang mempengaruhi kepraktisan instrumen evaluasi meliputi : 1.) Kemudahan mengadministrasi. 2.) Waktu yang disediakan untuk evaluasi. 3.) Kemudahan menskor. 4.) Kemudahan interpretasi. 5.) Tersedianya bentuk instrumen evaluasi yang sebanding.
  • 9. Evaluasi Hasil Belajar Evaluasi Hasil Belajar Fungsi dan Tujuan Sasaran ProsedurEvaluasi Hasil Belajar Evaluasi Hasil Belajar Evaluasi Hasil Belajar
  • 10. Evaluasi Hasil Belajar Fungsi dan Tujuan Evaluasi Hasil Belajara. Untuk diagnostik dan pengembangan Hasil kegiatan evaluasi hasil belajar digunakan sebagai dasar pendiagnosis kelemahan dan keunggulan siswa beesrta sebab- sebabnya.b. Untuk seleksi Hasil kegiatan evaluasi hasil belajar sering digunakan sebagai dasar menentukan siswa- siswi yang paling cocok untuk jenis jabatan tertentu.c. Untuk kenaikan kelas Menentukan apakah seorang siswa dapat dinaikkan ke kelas yang lebih tinggi atau tidak.d. Untuk penempatan Agar siswa dapat berkembang sesuai dengan tingkat kemampuan potensi dalam diri mereka maka perlu ketepatan penempatan siswa pada kelompok tertentu.
  • 11. Sasaran Evaluasi Hasil Belajar Sasaran evaluasi hasil belajar berorientasi pada perbaikanatau peningkatan kemampuan pada ranah- ranah kognitif,afektif, dan psikomotor siswa. Tujuan ranah kognitif berhubungan dengan ingatan ataupengenalan terhadap pengetahuan dan informasi, sertapengembangan ketrampilan intelektual. Penggolongan tujuanranah kognitif oleh Bloom ada 6 yakni : 1.Pengetahuan 4. Analisis 2.Pemahaman 5. Sintesis 3.Penerapan / Penggunaan konsep 6. Evaluasi Tujuan ranah afektif berhubungan dengan perhatian, sikap,penghargaan, nilai, parasaan, dan emosi. Penggolongan 7 ranahafektif menurut Kratwohl, Bloom, dan Masia sbb : 1.Menerima 4.Mengorganisasi 2.Merespons 5. karakterisasi
  • 12. Tujuan ranah psikomotorik berhubungan dengan ketrampilan motorik, manipulasi benda atau kegiatan yang memerlukan koordinasi saraf & badan. Penggolongan ranah tujuan psikomotorik menurut Kibler, Barket, dan Miles sebagai berikut :1. Gerakan tubuh yang mencolok2. Ketepatan gerakan yang dikoordinasi3. Perangkat komunikasi nonverbal4. Kemempuan berbicaraTiga ranah tujuan pendidikan yang menjadi sasaran evaluasi, harus dijabarkan dulu ke dalam tujuan instruksional . Adapun tujuann instuksional sendiri terbagi menjadi Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan Tujuan Instruksional Khusus (TIK). Ranah- ranah yang terdapat dalam (TIK) inilah yang kemudian diukur dan dinilai untuk memperoleh kesimpulan hasil evaluasi, yaitu berupa nilai.
  • 13. Prosedur Evaluasi Hasil Belajar Agar evaluasi hasil belajar dapat dilaksanakan, maka adabeberapa tahapan yang perlu dilaksanakan :1.Persiapan a. menetapkan pertimbangan dan keputusan yang dibutuhkan b. mengembangkan informasi yang dibutuhkan c. menetapkan informasi yang sudah tersedia2. Penyusunan instrumen /alat evaluasi a. menentukan bentuk tes yang akan disusun b. membuat kisi – kisi butir soal c. menulis butir soal d. menata soal (pengelompokan butir- butir soal)3. Pelaksanaan pengukuran a. persiapan tempat pelaksanaan pengukuran b. melaksanakan pengukuran terhadap siswa c. menata dan mengadministrasikan lembar soal dan jawaban siswa untuk memudahkan penskoran.
  • 14. 4. Pengolahan hasil penilaian a. menskor b. mengubah skor mentah menjadi skor standar c. mengkonversikan skor standar ke dalam nilai5. Penafsiran hasil penilaian a. penafsiran yang bersifat individual (pada siswa) b. penafsiaran yang bersifat klasik (pada kelas)6. Pelaporan dan penggunaan hasil evaluasi prinsip- prinsip dalam membuat laporan : a. membuat informasi lengkap dari yang bersifat umum (nilai) hingga yang bersifat faktual (skor). b. mudah dipahami maknanya dan tidak memberi kesan bervariasi c. mudah dibuat, dan d. dapat dipakai oleh yang bersangkutan.
  • 15. Evaluasi Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Fungsi dan Tujuan Evaluasi PembelajaranSasaran Evaluasi PembelajaranProsedur Evaluasi Pembelajaran
  • 16. Evaluasi Pembelajaran Fungsi dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran1. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan Fungsi ini dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar pengembangan pembelajaran.2. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk akreditasi Akreditasi merupakan suatu penilaian yang dilakukan oleh pemerintah terhadap sekolah swasta untuk menentukan peringkat. Fungsi ini dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar akreditasi lembaga pendidikan.
  • 17. Sasaran Evaluasi PembelajaranSasaran evaluasi pembelajaran adalah aspek- aspek yang terkandung dalamkegiatan pembelajaran, yaitu meliputi :1. Tujuan pembelajaran2. Unsur dinamis pembelajaran Dapat disebut juga dengan sumber belajar, yang meliputi : pesan,orang, bahan, alat, teknik, dan latar. Sumber belajar disebut unsur dinamis pembelajaran karena setiapperubahan yang terjadi pada salah saut sumber belajar akanmengakibatkan terjadinya perubahan pada kegiatan pembelajaran.3. Pelaksanaan pembelajaran dapat diartikan sebagai interaksi antar sumber belajar dengan siswa.4. Kurikulum dalam hal ini kurikulum dipandang sebagai rencana tertulis, yakniseperangkat komponen pembelajaran yang diuraikan secara tertulispada buku.
  • 18. 5. Penyusunan Laporan Dalam laporan evaluasi pembelajaran harus berisikan pokok berikut : 1. Tujuan valuasi 2. Problematika, berupa pertanyaan- pertanyaan yang telah diketahui jawabanya melalui pengetahuan evaluasi pembelajaran. 3. Lingkup dan metodologi evaluasi pembelajaran yang dicantumkan adalah unsur- unsur yang dinilai, metode pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, teknik analisis data. 4. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran meliputi : Tim evaluator, penjadwalan plaksanaan evaluasi, kegiatan penyusunan laporan. 5. Hasil evaluasi pembelajaran berisi tujuan pengajaran, tolak ukur, data yang diperoleh, dan dilengkapi informasi yang mendukung penemuan evaluasi pembelajaran.
  • 19. Prosedur Evaluasi PembelajaranProsedur Evaluasi Pembelajaran terdiri dari lima tahapan, yaitu :A. Penyusunan RancanganB. Penyusunan Instrumen Langkah- langkah penyusunan instrumen adalah : 1. merumuskan tujuan yg akan dicapai dg instrumen yg akan disusun 2. membuat kisi- kisi tentang variabel 3. membuat butir- butir instrumen evaluasi 4. menyunting instrumen evaluasi pembelajaranC. Pengumpulan Data Dalam pengumpulan data diterapkan beberapa teknik pengumpulan data : 1. Kuisioner 3. Pengamatan 2. Wawancara 4. Studi kasusD. Analisis Data
  • 20. Sekian... Wassalamualaikum..Hatur nuhun...

×