Power point jajanan tradisional indonesia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Power point jajanan tradisional indonesia

on

  • 2,598 views

 

Statistics

Views

Total Views
2,598
Views on SlideShare
2,598
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
60
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Power point jajanan tradisional indonesia Power point jajanan tradisional indonesia Presentation Transcript

  • NAMA : AriyawanssssKELAS : MN3B
  • JENIS-JENIS MAKANAN Aceh : PULUT Medan : BIKA AMBON Palembang : PEMPEK Jakarta : KERAK TELOR Bandung : SERABI Yogyakarta : BAKPIA Semarang : LUMPIA Bali : PIE SUSU
  • Masih ingat dengan Katsudon (makanan khas Jepang) yang pernahdipopulerkan oleh serial TV Doraemon ? Di Indonesia, juga terdapatjajanan khas dari aceh yang bernama Pulut. Pulut terbuat dari ketan danbiasanya ketan ini diberi warna kunyit sehingga berwarna kuning. Pulutselain sebagai penganan juga menjadi alat seremonial dalam berbagaiacara adat Aceh (yang dikenal dengan istilah Tepung Tawar) sepertimelepas sanak saudara ke tempat lain, pernikahan, sunatan dan lain lain.
  • “Katanya Bika Ambon kok dari Medan?”. Mungkin beberapa dari Anda masihingat dengan dialog yang dihadirkan oleh salah satu iklan susu beberapatahun silam ini. Inilah salah satu jajanan dari Medan yang menjadi daya tarikbagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Bika Ambon merupakankue berwarna kuning yang memiliki tekstur berlubang-lubang seperti sarangtawon. Jajanan khas Medanyang memiliki rasa legit dan lembut ini sangatdigemari banyak orang.Kini kita tidak hanya dapat menemukan bika ambon di kota Medan saja,namun hampir di seluruh nusantara Anda bisa dengan mudahmendapatkannya. Walaupun begitu ternyata tidak sedikit orang yangpenasaran untuk membuat kue bersarang ini.
  • Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yangterbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwapempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerahdi Sumatera Selatan memproduksinya.Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatanyang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yangdididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawittumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asliPalembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan.Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat inibanyak ditemukancuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas.Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dandentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas iniadalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.
  • Makanan ini terbuat dari nasi ketan aron atau setengah matang, yangkemudian dicampur dengan telor (bisa telor ayam atau telor bebek) besertabumbunya. Setelah matang dimakan dengan taburan serundeng dan bawanggoreng. Cara masaknya juga cukup unik. Ketika kerak telor telah setengahmatang maka wajan pemasaknya dibalikkan dan kerak telor dibiarkanglangsung terkena panas arang dari anglo sehingga kemudian menjadi sedikitgosong. Mungkin ini yang dinamakan keraknya…
  • Kini jajanan Serabi tampaknya akan dapat dinikmati masyarakat dengancara lebih mudah dan tetap murah. Dengan konsep gerai, kini serabitidak harus didapatkan di pasar-pasar tradisional. Namun, serabi bakalbisa masuk ke tempat-tempat modern seperti mall, swalayan, dantempat-tempat keramaian umumnya. Ini karena sudah ada yang secarakreatif mengemas serabi kraton dalam bentuk waralaba gerai.
  • Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacanghijau dengan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Dibeberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit jika dimakan inidikenal dengan nama pia atau kue pia. Isi bakpia bisa menyesuaikan dengankeinginan konsumen di antaranya cokelat, keju, kumbu hijau,dan kumbu hitam. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal daridaerah Pathok (Pathuk),Yogyakarta.Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian (Hanzi: 肉餅), yangsecara harfiah berarti roti berisikan daging, yaitu kata "Bak" yang berartidaging (umumnya daging babi) dan "Pia" yang berarti kue. Karenamasyarakat Jogja mayoritas beragama Islam, maka barulah isi bakpia yangsemula daging babi diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa daribakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbuhitam.
  • Lumpia Semarang sebagai makanan khas daerah walaupunkeberadaannya mendapat saingan dagang dari berbagai kota, namunmampu bertahan bahkan semakin digemari masyarakat. Keistemewaanlumpia yang sangat terkenal ini, bukan karena bentuk danukurannya tetapi dari kelezatanya rasa khas Semarang yangmanis-manis asin.Menurut sejarahnya, lumpia Semarang ini diciptakan dan dirintisoleh pasangan suami-istri China-Jawa sekitar satu abad yanglalu. Pasangan suami istri tersebut sebelum menikah memangmerupakan penjual lumpia dengan rasa khas budaya dari masingmasingdaerah
  • Nah, kalo jalan-jalan ke Bali jangan cuman ngunjungin obyek wisatanyaaja, tapi inget beli jajan khas Bali. Ngomongin jajanan, di Bali ini adabanyak jajanan yang bisa dijadiin oleh-oleh. Tapi ada satu jajan yang gaada duanya di Bali ini. Jajanan yang satu ini cuma diproduksi di 1 tempataja. Namanya pie susu. Pie susu ini bentuknya imut-imut dan harganyarelatif murah.