Tugas softskill perilaku konsumen jilid 2
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Tugas softskill perilaku konsumen jilid 2

on

  • 1,221 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,221
Views on SlideShare
1,164
Embed Views
57

Actions

Likes
0
Downloads
14
Comments
0

2 Embeds 57

http://dimasme.blogspot.com 51
http://dimasme.blogspot.ru 6

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Tugas softskill perilaku konsumen jilid 2 Tugas softskill perilaku konsumen jilid 2 Presentation Transcript

  • NAMA : ARDIMAS ADIASANPM : 19210106KELAS : 3EA04
  • Perilaku konsumen berhubungan dengan alasan dan tekanan yangmempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pembuanganbarang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi (Hanna & Wozniak, 2001).
  • Dalam perilaku konsumen terdapat beberapa faktor yang mempengaruhikonsumen dalam pemilihan/pembelian suatu produk, diantaranya yaitukebudayaan, faktor sosial, pribadi, psikologis. Sebagian faktor-faktortersebut tidak diperhatikan oleh pemasar tetapisebenarnya harusdiperhitungkan untuk mengetahui seberapa jauh faktor-faktor perilakukonsumen tersebut mempengaruhi pembelian konsumen. (Kotler2001:144)
  • Faktor budaya adalah salah satu pengaruh yang paling berdampak luas dalam perilaku konsumen. Pustakawan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya tersebut,dan juga sub-budaya,dan juga kelas sosial pembeli. Social Class Subculture Pengelompokkan individu berdasarkan Meskipun konsumen pada negara yang kesamaan nilai, minat, dan perilaku. berbeda mempunyai suatu kesamaan, Kelompok sosial tidak hanya ditentukannilai, sikap, dan perilakunya seringkali oleh satu faktor saja misalnya berbeda secara dramatis. (Kotler, pendapatan, tetapi ditentukan juga oleh Bowen, Makens, 2003, p.202). pekerjaan, pendidikan, kekayaan, dan lainnya (Kotler, Amstrong, 2006, p.132).
  • Faktor psikologis sebagai bagian daripengaruh lingkungan dimana ia tinggal dan hidup pada waktu sekarang tanpamengabaikan pengaruh dimasa lampau atauantisipasinya padawaktu yang akan datang. Pilihan barang yang dibeli seseorang lebih lanjut dipengaruhi faktor psikologi yang penting seperti motivasi, kebutuhan yang cukup untuk mengarahkan seseorangmencari cara untuk memuaskan kebutuhan.
  • Kelas sosial ditentukan oleh satu faktor tunggal, sepertipendapatan, tetapi diukur sebagai kombinasi dari pekerjaan,pendapatan, pendidikan, kekayaan dan variabel lain. Dalambeberapa sistem sosial, anggota dari kelas yang berbedamemelihara peran tertentu dan tidak dapat mengubah posisisosial mereka.Tingkah laku konsumen juga dipengaruhi faktor-faktor socialseperti kelompok, keluarga, maupun peran/status. Denganpendapat yang diperoleh dari suatu kelompok maka konsumendapatmembuat keputusan konsumsi
  • Economic Situation Keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi pilihan produk, contohnya rolex diposisikan konsumen kelas atas sedangkan timex dimaksudkan untuk konsumen menengah. Situasi ekonomi seseorang amat sangat mempengaruhi pemilihan produk dan keputusan pembelian pada suatu produk tertentu (Kotler, Amstrong, 2006, p.137). . Lifestyle Pola kehidupan seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, ketertarikan, dan opini orang tersebut. Orang-orang yang datang dari kebudayaan, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama mungkin saja mempunyai gaya hidup yang berbeda (Kotler, Amstrong, 2006, p.138) Personality and Self ConceptFAKTOR PERSONAL Personality adalah karakteristik unik dari psikologi yang memimpin kepada kestabilan dan respon terus menerus terhadap lingkungan orang itu sendiri, contohnya orang yang percaya diri, dominan, suka bersosialisasi, otonomi, defensif, mudah beradaptasi, agresif (Kotler, Amstrong, 2006, p.140) . Age and Life Cycle Stage Orang-orang merubah barang dan jasa yang dibeli seiring dengan siklus kehidupannya. Rasa makanan, baju-baju, perabot, dan rekreasi seringkali berhubungan dengan umur, membeli juga dibentuk oleh family life cycle. . Occupation Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibeli. Contohnya, pekerja konstruksi sering membeli makan siang dari catering yang datang ke tempat kerja.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen tersebut, sebagai berikut : Kebudayaan, Kelas sosial, Konsep diri, psikologi
  •  http://muthiadewi28.blogspot.com/2011/10/makalah- tentang-perilaku-konsumen-dalam.html http://rezaiueomanage.blogspot.com/2011/10/makalah- perilaku-konsumen-dalam.html http://iyano.wordpress.com/2010/11/30/perilaku- konsumen-dalam-pengambilan-keputusan-terhadap- produk-yang-diinginkan/