Your SlideShare is downloading. ×
0
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Perencanaan pemasaran

17,239

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
17,239
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
326
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PENGERTIAN PERENCANAAN PEMASARANPerencanaan adalah pemikiran-pemikiran / ramalan-ramalan yang rasional dan berdasarkan fakta-fakta atauperkiraan yang mendekat sebagai persiapan melakukan suatukegiatan / tindakan, jadi bisa dikatakan bahwa perencanaanadalah sebagian proses dari rangkaian proses persiapanuntuk mencapai tujuan.Suatu akibat tak terelakkan dari rumitnya lingkunganperusahaan dewasa ini, dimana perusahaan perlunya membuatperencanaan jangka pendek maupun jangka panjang. Untukhidup dan brkembang, suatu perusahaan haruslah mengetahuikemana ia akan pergi dan bagaimana ia bisa sampai ketujuannya. Ini membutuhkan ditentukannya dengan jelassasaran yang akan dicapai dan rangkaian tindakan yangdipikirkan dengan matang untuk mencapai sasarantersebut, tanpa itu semua pemakaian dana tidak akan mungkinefisien.
  • 2. ANATOMI RENCANA PEMASARANAda satu perbedaan penting antara perencanaanpemasaran dengan rencana pemasaran. Perencanaanpemasaran adalah fungsi yang kontinu dan tidakpernah selesai, sedangkan rencana pemasaran adalahekspresi dari keluaran (output) proses perencanaanyang berlaku pada waktu tertentu dan untuk jangkawaktu tertentu.
  • 3. MACAM-MACAM PERENCANAAN PEMASARAN1. Perencanaan pasar yang strategisPerencanaan pasar yang srategis berkaitan denganperencanaan arah usaha perusahaan itu akan dikembangkan.Di dalam membuat perencanaan pasar yang strategis perlumempertimbangkan hal-hal berikut :a. Langganan yang akan dicapai dan di layanib. Para pesaing yang harus dihadapic. Ciri-ciri pasar yang adad. Ciri-ciri perusahaane. Trends lingkungan (sosial, ekonomi, polotik,tekhnologi, dll)
  • 4. 2. Perencanaan strategis perusahaanPerencanaan strategis perusahaan adalah perencanaanjangka panjang yang bersifat menyeluruh, dalam melakukanperencanaan strategis pemasaran, perlu mempertimbangkanhal-hal berikut :a. Analisis sumber daya, lingkungan dan strategi acuanprodukb. Analisis situasic. Penetapan strategi perusahaand. Perencanaan pemasaran yang strategise. Perencanaan pemasaran produk baruf. Perencanaan pemasaran operasional
  • 5. Jenis-Jenis Perencanaan Pemasaran1. Perencanaan perusahaan2. Perencanaan devisi3. Perencanaan jajaran produk4. Perencanaan merk produk
  • 6. TIPE-TIPE PERENCANAAN PEMASARAN1. Perencanaan pemasaran keseluruhan mencakup tentang ketentuan-ketentuan umum perusahaan yaitu perencanaan jangka panjang danpengembangan strategi pemasaran untuk mencapai suatu tujuan, yangmemuat tentang kegiatan-kegiatan keseluruhan faktor intern dan faktorekstern.2. Perencanaan pemasaran jangka panjangPerencanaan pemasaran jangka panjang adalah perencanaan pemasarandalam periode 3, 5, 10 sampai 25 tahun lamanya. Masalah yang dihadapiperusahaan dalam perencanaan jangka panjang ini sangat luassekali, seperti perluasan pabrik, masalahpasar, promosi, pemasaran, harga, produksi, masalah distribusi dansebagainya.3. Perencanaan Pemasaran TahunanPerencanaan pemasaran tahunan adalah pedoman utama perusahaan dengancakupan kegiatan pemasaran untuk produk tertentu dalam satu tahun.Perencanaan pemasaran tahunan waktunya relatif sangat pendek yaitusatu tahun. Masalah perencanaan tahunan di antaranya tentang kampanyeperiklanan, daerah operasi, pemasaran, pembelian barang-barang dansebagainya.
  • 7. PROSES PERENCANAAN PEMASARANDalam rangka memaksimalisasi pemasaran produk, ada beberapalangkah yang perlu diikuti dalam proses perencanaanpemasaran. Di antaranya adalah :A. Analisa Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran.Perusahaan harus dapat memberikan suatu kesimpulanmengenai sebab-sebab naik atau turunnya hasil penjualanbarang produksi.B. Analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan, dan ancamanperusahaanPerusahaan harus melakukan pengkajian atas keadaanlingkungan pemasaran, terutama perkembangansosial, ekonomi, budaya, tekhnologi, dan kebijakan
  • 8. C. Penyusunan Program PemasaranSalah satu hal penting dalam proses perencanaan pemasaranadalah penyusunan program pemasaran, dalam hal ini yang perludisusun adalah tentang rincian yang berkaitan denganwaktu, tempat, oleh siapa program tersebut akan dilaksanakan.Dari program pemasaran ini, akan diketahui tahapan-tahapankegiatan pemasaran yang akan dilakukan untuk masing-massingproduk pada wilayah pemasarannya.D. Penentuan Tujuan PemasaranPada dasarnya setiap perusahan selalu menetapkan tujuan yangingin dicapai, tujuan yang telah ditetapkan tersebut akanmempengaruhi penetapan strategi pemasaran yang akandijalankannya.E. Penerapan Strategi PemasaranStrategi ini ditetapkan berdasarkan sasaran pasar (targetmarket) dan tujuan perusahaan. Strategi pemasaran yang sudahditetapkan oleh perusahaan mencakup strategi produk, strategiharga, strategi promosi, dan strategi distribusi.
  • 9. F. Penetapan Target PemasaranUntuk memudahkan perusahaan mendistribusikan hasilproduksinya, perusahaan perlu menetapkan strategi target pemasaran.Target strategi pemasaran yang telah ditetapkan perusahaan dapatdinyatakan dalam volume penjualan, maupun share pasar dan laba.G. Penyusunan Rencana PemasaranRencana pemasaran yang disusun oleh perusahaan akanmenggambarkan adanya kegiatan di bidang pemasaran.H. Penyusunan Anggaran PemasaranPada umumnya, proses paling akhir dalam perencanaan pemasaranadalah menyusun anggaran. Anggaran pemasaran yang disusun olehperusahaan hendaknya di dasarkan pada program pemasaran. Dalampenyusunan anggaran pemasaran, selain harus memperhatikanproduknya, juga harus memperhatikan waktu dan tempatpelaksanaanya karena anggaran akan kebutuhan selalu berbeda padasetiap waktu dan tempat pelaksanaan yang berbeda pula.
  • 10. KESIMPULANPerencanaan pemasaran sebagaimana halnya semua bentukperencanaan lainnya, secara garis besarnya memiliki tigatahapan, yaitu pertama menetapkan sasaran; kedua merumuskantindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tersebut; ketigamemonitor hasil yang diperoleh dalam implementasinyasehingga dapat dibuat beberapa penyesuaian yang diperolehdalam rencana.Oleh karena itu sasaran pokok perencanaan adalahmenetapkan kebijakan dan target dasar bagi tindakan yangdiusulkan pada perusahaan atau pada bagian dari perusahaan.Sasaran yang kedua adalah menentukan struktur perusahaanyang diperlukan untuk melaksanakan kebijakan yang telahdiperinci dan sebagai sarana perusahaan mencapai targetpemasaran.

×