Pelatihan tilawah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Pelatihan tilawah

on

  • 2,886 views

presentasi mengenai produk Bimbingan Tilawah Digital ~ Aplikasi Qiroah. oleh Faidus Sa'ad S.Ag. LPTQ Banyumas

presentasi mengenai produk Bimbingan Tilawah Digital ~ Aplikasi Qiroah. oleh Faidus Sa'ad S.Ag. LPTQ Banyumas

Statistics

Views

Total Views
2,886
Views on SlideShare
2,886
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
32
Comments
1

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Pelatihan tilawah Presentation Transcript

  • 1. PELATIHAN TUTOR TILAWAH Dengan software Untuk:Guru PAI SD/MI. SMP/MTs, SMU/SMK/MA Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas 21 April 2012
  • 2. PELATIHANAN TUTOR TILAWAH DENGAN SOFTWARE Untuk: Guru PAI SD/MI. SMP/MTs, SMU/SMK/MA Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Banyumas
  • 3. PELATIHAN TUTOR TILAWAH Dengan softwareOleh:Faidus Sa’ad, S.Ag.Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian AgamaKabupaten Banyumas087837200134081391054137Email: faidussaad@gmail.comWebsite :aplikasiqiroah.blogspot.comwww.facebook.com/AplikasiQiroah
  • 4. Latar Belakang Artinya : “Sebaik-baik kamu ialah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari ) Artinya : “Perindahlah Al-Quran dengan suara kalian.” (HR. Bukhari, Abu Dawud, An-Nasai, Ibnu Majah, Ad-Darimi, Ahmad, Ibnu Hibban, Hakim)
  • 5. Latar Belakang Problematika Pembinaan Tilawatil Qur’an: 1. Minimnya Majlis Pembelajaran Seni Baca Al Qur’an baik di masyarakat maupun di sekolah, 2. Minimnya Pembina Tilawah berkualitas setingkat Propinsi atau Nasional sehingga mengundangnya menjadikan sesuatu yang mahal. 3. Guru Pendidikan Agama Islam yang diharapkan dapat mengajarkan Tilawatil Qur’an tidak mengajarkan dengan alasan tidak menguasai Tilawah. 4. Banyak anak hilang semangat belajar tilawah karena sudah divonis tidak berbakat. 5. Banyak event MTQ namun tidak pernah ada pembinaan. 6. Prestasi MTQ kabupaten Banyumas adalah bon-bonan
  • 6. Solusi ==>> Bimbingan Tilawah dengan Software yaitu metode untuk mempelajari dan mengajarkan Seni Baca Al Quran dengan perantaraan IT.
  • 7. Profil Produk Software dirancang untuk memberikan solusi bagi Guru/Ustadz yang belum menguasai Seni Baca Al Quran tetapi mempunyai kemauan untuk mengajarkannya. Dengan Software Pembelajaran Tilawah, seorang guru mampu mengajarkan tilawah walaupun belum bisa tilawah. TERBUKTI DAN TERUJI….!!!! Karya ilmiah ini adalah juara 3 lomba ustadz kreatif inovatif tk provinsi Jateng Tahun 2011
  • 8. Berdasar Fakta • Francis M. Dwyer (Depdiknas, 2007:3), dalam penelitiannya menyebutkan bahwa setelah lebih dari tiga hari pada umumnya manusia dapat mengingat pesan yang disampaikan dengan tulisan 10 %, pesan Audio 10 %, visual 30 %, audio visual 50%, dan apabila ditambah dengan melakukan maka mencapai 80%.
  • 9. Software Untuk Pembelajaran Tilawah1. Software Mentah/dasar Yaitu: Software umum yg memungkinkan tutor utk mengajarkan tilawah, berinovasi dan berkreasi supaya pembelajaran bisa optimal.2. Software Aplikasi Yaitu: software permanen yang sudah dirancang sistem dan materinya dengan tujuan untuk mempermudah pembelajaran tilawah.
  • 10. Jaminan!!! Dengan mengikuti pembelajaran Aplikasi Qiroah sesuai dengan buku panduan dijamin anak akan menguasai Seni Baca Al Qur’an.
  • 11. Keunggulan Efisien karena tidak perlu mendatangkan ustadz/guru dari luar yang biasanya memerlukan biaya tinggi. Efisien, Mudah Mudah karena bisa dijalankan oleh siapa saja, tua muda dan Stabil Suara narasumber stabil dan lagunya konsisten karena sudah berujud file rekaman. Tidak akan sakit karena factor cuaca atau kecapaian karena mengulang- ulang bacaan.
  • 12. Keunggulan Dengan menggunakan narasumber qori tingkat provinsi atau nasional, akan Memotivasi memotifasi siswa. Jika bisa menirukan narasumber maka siswa setingkat dengan narasumbernya.
  • 13. Keunggulan Banyak Qori yang suaranya indah, tetapi tidak sesuai standar lagu MTQ. Standar MTQ Maqro dalam media pembelajaran dan ini sudah sesuai dengan standar Cepat lagu MTQ. Mentransfer Media ini mengenalkan Lagu Tilawah, variasi dan nada suara secara Maqro langsung sehingga dengan sendirinya siswa akan paham lagu dan nada dalam seni baca Al Qur’an. Pemahaman ini akan sangat membantu siswa untuk mentransfer lagu dari maqro satu ke maqro lainnya.
  • 14. Mari kita wujudkan generasi Yang cinta Al Qur’an Wassalam Copyright © 2012 Q-TEAM Production