Jurnal jaringan komputer
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Jurnal jaringan komputer

on

  • 4,419 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,419
Views on SlideShare
4,417
Embed Views
2

Actions

Likes
3
Downloads
174
Comments
0

1 Embed 2

https://twitter.com 2

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Jurnal jaringan komputer Document Transcript

  • 1. MEMAHAMI JARINGAN KOMPUTER UNTUK MEMBANGUN LOCAL AREA NETWORK (LAN) Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri ABSTRAK Jaringan Komputer mempelajari hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan ”node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain. Kata Kunci: jaringan komputer, LAN, Local Area Network A. PENDAHULUAN Hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan ”node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain. B. MODEL KONEKSI JARINGAN 1. Peer-to-peer Keuntungan : a. Tidak terlalu mahal Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 336
  • 2. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 337 b. Tidak memerlukan software administrasi jaringan yang khusus c. Tidak memerlukan administrator jaringan Kekurangan : a. Jaringan tidak bisa terlalu besar b. Tidak terpusat c. Tingkat keamanan rendah 2. Client server Kelebihan: a. Terpusat b. Mendukung keamanan jaringan yang lebih baik c. Kemudahan administrasi ketika jaringan bertambah besar Kekurangan: a. Butuh administrator jaringan yang profesional
  • 3. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 338 b. Butuh perangkat bagus untuk digunakan sebagai komputer server c. Butuh software untuk mempermudah manajemen jaringan d. Bila server down, semua data dan resource diserver tidak bisa diakses C. JENIS-JENIS JARINGAN Kriteria untuk mengklasifikasikan jaringan komputer didasarkan pada jarak jaringan komputer satu dengan lainnya Jarak merupakan hal yang penting sebagai ukuran klasifikasi karena diperlukan teknik-tenik yang berbeda untuk jarak yang berbeda. 1. Local Area Network (LAN) Jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, biasanya hanya sekitar 1 km persegi (misal : sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah) 2. Metropolitan Area Network (MAN) Jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Contoh : jaringan Bank di beberapa kantor cabang dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya
  • 4. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 339 3. Wide Area Network (WAN) 4. Internetwork (INTERNET) a. Tidak memungkinkan jaringan kabel b. Pengembangan dari Jaringan Komputer Metropolitan c. Melibatkan teknologi telekomunikasi canggih (satelit, gelombang elektronik lain)
  • 5. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 340 D. PENGKABELAN DAN PENGALAMATAN INTERNET 1. Terminasi Kabel UTP Categori 5e Posisi kabel pada RJ45 untuk straight‐through adalah sebagai berikut : Crossover biasa digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer langsung tanpa melalui switch, atau switch ke switch yang tidak memiliki upcase modular plug. Skema warna A adalah T568A dan B adalah T568B, atau sebaliknya. Crossover
  • 6. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 341 2. Pengalamatan Internet Protocol (Ip) Berikut ini adalah kelas dari jaringan IP versi 4: Sementara alamat private dari kelas A, B, dan C yang tidak digunakan oleh internet dan secara khusus disediakan untuk jaringan internal / intranet adalah sebagai berikut: Setelah menghubungkan dua komputer melalui dua switch, selanjutnya setiap komputer harus diberi alamat IP. Berikut ini adalah langkah memberi alamat protokol internet pada komputer bersistem operasi Microsoft Windows XP: a. Buka Control Panel | Network Connection b. Pilih network adapter yang akan diisi alamat IP nya, kemudian pada menu mengabangnya pilih properties.
  • 7. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 342 c. Buka properties dari Internet Protocol (TCP/IP) d. Isi alamat IP private seperti pada layout sebelumnya, yakni untuk komputer pertama 192.168.1.2 dan untuk komputer kedua 192.168.1.3 dengan subnet mask 255.255.255.0.
  • 8. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 343 E. PENGUJIAN KETERHUBUNGAN KOMPUTER PADA JARINGAN Ping adalah alat untuk menguji apakah suatu alamat IP dapat diakses atau tidak. Ping berguna untuk mendiagnosa jaringan atau masalah router. Colasoft Ping Tool adalah salah satu alat tersebut. Sebelum menggunakannya, pastikan komputer sudah terhubung ke jaringan sesuai dengan layout jaringan pada modul 1, dan firewall network adapter tidak diaktifkan. Tanda tidak aktifnya firewall adalah dengan hilangnya kunci pada icon network adapter tersebut. Selanjutnya tuliskan alamat IP yang akan di‐Ping pada Colasoft Ping Tool, kemudan tekan tombol Enter. Apabila komputer anda memiliki alamat IP 192.168.1.2, maka alamat IP yang akan di‐Ping adalah 192.168.1.3, atau selain alamat komputer anda. Setelah itu perhatikan apa yang terjadi setelah Ping dilakukan Berikut ini adalah contoh hasil ping ke alamat 192168.10.1 dengan menggunakan Colasoft Ping Tool: Jika terhubung dengan baik, maka Packets Sent dengan Packets Received nya sama.
  • 9. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 344 F. MEMINDAI ALAMAT IP DALAM JARINGAN Colasoft MAC Scanner digunakan untuk melihat IP yang telah digunakan dalam jaringan berikut alamat mesin nya. Cobalah anda pindai Tentukan Local Subnet sesuai dengan alamat IP komputer anda, yakni 192.168.1.0. Kemudian klik tombol Start untuk memulai pemindaian. Berikut ini adalah hasil pemindaian subnet 192.168.2.0/24: G. PENGAWASAN JARINGAN BERBASIS TEKS Anda dapat mengawasi koneksi alamat IP tertentu dengan menggunakan PingInfoView. Berikut ini contoh cara penulisan daftar alamat IP: Jadi format setiap itemnya adalah <IP Address><Spasi><Nama Host>
  • 10. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 345 Cobalah menggunakan alat ini untuk memonitor alamat 192.168.1.2 dan 192.168.1.3, jalankan perangkat lunak ini pada salah satu komputer. H. PENGAWASAN JARINGAN BERBASIS GRAFIK Jika ingin mengawasi kurang dari 11 alamat IP dalam bentuk grafik dan melihat naik-turunnya waktu atau tingkat keberhasilan penerimaan paket melalui jaringan, anda dapat mengunakan MultiPing Grapher. Berikut ini langkah konfigurasinya: 1. Sebelum menjalankannya anda perlu meload file teks dengan isi file seperti ini: 192.168.1.2;PC1;1 192.168.1.3;PC2;1 2. Setiap baris terdiri dari 3 data yang dipisahkan oleh titik koma (;). Data pertama adalah alamat yang kan di ping, yang kedua adalah nama Host nya, dan yang ketiga adalah threshold yakni waktu yang anda perkirakan diperlukan untuk mencapai host. 3. Kemudian pilih menu : File | Open host file 4. Klik tombol [Start]. Hasilnya akan seperti berikut ini:
  • 11. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 346 I. MENGAWASI KEMUNCULAN ALAMAT BARU Anda dapat menggunakan AutoScan Network untuk mengawasi kemunculan alamat IP baru di jaringan anda. Berikut ini langkah konfigurasinya: 1. Beri nama jaringannya, misalnya Local network kemudian klik [Forward] 2. Pilih jaringannya kemudian klik [Forward] 3. Pilih network adapternya 4. Kemudian akan tampak seperti gambar di bawah ini:
  • 12. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 347 Jika Jika ingin menampilkan konfirmasi apabila ada alamat IP baru, klik tombol Intruder Alert. J. MENGELOLA PENGGUNA User Account merupakan komponen penting untuk pengamanan atau pembatasan akses terhadap sistem dan sumber daya di dalamnya. Untuk mengelola User Account tersebut bukalah Control Panel | User Account: Setelah jendela User Account terbuka, pilih Create a new account.
  • 13. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 348 Kemudian tuliskan nama user dan klik Next. Langkah berikutnya adalah menentukan jenis akun, apakah sebagai Computer administrator yang memiliki akses luas terhadap sistem atau Limited yang memiliki akses terbatas terhadap sistem. Setelah itu klik Create Account.
  • 14. Muhammad Ikhsan dan Yunita Syahfitri: Memahami Jaringan … Jurnal SAINTIKOM Vol. 7/ No. 2/ Agustus 2009 349 F. DAFTAR PUSTAKA Alan Neibauer, 2001, Small Business Solution for Networking, Membuat Jaringan Komputer untuk Perusahaan Kecil, Microsoft Press, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Onno W. Purbo dan Toni Wiharjito, 2002, Keamanan Jaringan Internet, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Wahana Komputer, 2005, Perancangan Jaringan Komputer, Yogyakarta: Penerbit ANDI.