topologi-jaringan

310 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
310
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
14
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

topologi-jaringan

  1. 1. Tujuan PembelajaranSiswa mampu memilih topologi jaringan yang sesuai dengan kondisi yang ditentukan
  2. 2.  Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node dan link. Macam-macam : Topologi Bus Topologi Star Topologi Tree Topologi Ring
  3. 3.  Semua nodes pada jaringan (file server, workstation, dan perangkat lainnya) terkoneksi sebuah kabel utama (backbone).
  4. 4.  Konfigurasi mudah  Seluruh jaringan akan Tidak terlalu banyak rusak jika backbone butuh kabel rusak  Sering terjadi hang / crass talk, yaitu bila lebih dari satu pasang memakai jalur diwaktu yang sama, harus bergantian atau ditambah relay.
  5. 5.  Karakteristikdari topologi jaringan ini adalah node (station) berkomunikasi langsung dengan station lain melalui central node (hub/switch), traffic data mengalir dari node ke central node dan diteruskan ke node (station) tujuan
  6. 6.  Kerusakan pada satu  Jika node tengah saluran hanya akan mengalami mempengaruhi jaringan kerusakan, maka seluruh pada saluran tersebut dan jaringan akan terhenti station yang terpaut. Tingkat keamanan termasuk tinggi. Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk. Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
  7. 7.  Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran
  8. 8.  Kegagalan koneksi  Data yang dikirim akibat gangguan bila melalui banyak media, dapat diatasi komputer, transfer dengan jalur lain yang data menjadi lambat. masih terhubung. Penggunaan sambungan point to point membuat transmission error dapat diperkecil.
  9. 9.  Buat rangkuman tentang topologi pohon. Kelompok (2 orang) Dikumpul minggu depan

×