Hukum

1,051 views
884 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,051
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hukum

  1. 1. Hukum adalah sekumpulan peraturan yang terdiri dari perintah dan larangan yang bersifat memaksa dan mengikat dengan disertai sangsi bagi pelanggarnya.
  2. 2. Menurut cara mempertahankannya, hukum itu dibagi menjadi : 1. Hukum Materiil, yaitu hukum yang mengatur kepentingan-kepentingan dan hubungan-hubungan yang berwujud perintah dan larangan. 2. Hukum Formil, yaitu hukum yang mengatur cara-cara mempertahankan dan melaksanakan hukum materiil.
  3. 3. Tujuan hukum • Prof . Soebekti, S. H. Tujuan hukum adalah menyelenggarakan keadilan dan ketertiban untuk mendatangkan kemakmuran dan kebahagiaan. • Prof. I. J. Apeldron Hukum bertujuan untuk mengatur pergaulan hidup secara damai. • Prof. Notohamidjoyo Hukum memiliki tiga tujuan yaitu : 1. Mendatangkan tata dan damai dalam masyarakat 2. Mewujutkan keadilan 3. Menjaga agar manusia diperlakukan, sebagai manusia.
  4. 4. 1. Disiplin Hukum Sebelum membahas Disiplin Hukum, mari kita bahas apa itu Disiplin terlebih dahulu. Disini, disiplin tak seperti kata ‘disiplin’ yang biasa kita gunakan yang berarti rajin, selalu melaksanakan apa yg harus dilaksanakan, komit, dll. Disiplin hukum adalah Sistem ajaran mengenai kenyataan / gejala yang dihadapi.
  5. 5. Menurut bentuknya, hukum itu dibagi menjadi : 1. Hukum Tertulis, adalah hukum yang dituliskan atau dicantumkan dalam perundang-undangan. COntoh : hukum pidana dituliskan pada KUHPidana, hukum perdata dicantumkan pada KUHPerdata.
  6. 6. 2. Hukum Tidak Tertulis, adalah hukum yang tidak dituliskan atau tidak dicantumkan dalam perundang-undangan. Contoh : hukum adat tidak dituliskan atau tidak dicantumkan pada perundang- undangan tetapi dipatuhi oleh daerah tertentu.
  7. 7. Menurut sumbernya, hukum itu dibagi menjadi : 1. Hukum Undang-Undang, yakni hukum yang tercantum dalam peraturan perundang- undangan. 2. Hukum Kebiasaan (adat), yakni hukum yang ada di dalam peraturan-peraturan adat. 3. Hukum Jurisprudensi, yakni hukum yang terbentuk karena keputusan hakim di masa yang lampau dalam perkara yang sama. 4. Hukum Traktat, yakni hukum yang terbentuk karena adanya perjanjian antara negara yang terlibat di dalamnya.

×