Tugas plh global warrming
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Tugas plh global warrming

on

  • 1,288 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,288
Views on SlideShare
1,287
Embed Views
1

Actions

Likes
0
Downloads
26
Comments
0

1 Embed 1

http://letsthinkaboutfuture.blogspot.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Tugas plh global warrming Tugas plh global warrming Presentation Transcript

  • GLOBAL WARMINGBY : ANNISA TRIA FADILLA Class : X.X
  • DAFTAR ISISUPERVISINGPENGERTIAN GLOBAL WARMINGPENYEBAB GLOBAL WARMINGAKIBAT DARI GLOBAL WARMINGSOLUSI MENCEGAH GLOBAL WARMING
  • SUPERVISING• Nama : Drs. Oan Hasanuddin, MA.• NIP. : 196307152000031004• Pangkat/Golongan : Penata (III/C)• Jabatan : Guru SMA Negeri 8 Pekanbaru, Koordinator Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)• Alamat : Jl. Delima, Gg. Delima XII Komplek Pesantren Umar bin Khatab, Kelurahan Delima, Kec. Tampan,• HP. 081365712448, Pekanbaru.
  • PENGERTIAN GLOBAL WARMINGGlobalwarmingadalah suatuprosesmeningkatnyasuhu rata-rataatmosfer,laut, dan
  • PENYEBAB GLOBAL WARMING1. Efek rumah kaca• Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Ketika energi initiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas- gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana gas dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya.
  • 2. Efek umpan balik• Anasir penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya. Sebagai contoh adalah pada penguapan air. Pada kasus pemanasan akibat bertambahnya gas- gas rumah kaca seperti CO2, pemanasan pada awalnya akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara sampai tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air. Efek rumah kaca yang dihasilkannya lebih besar bila dibandingkan oleh akibat gas CO2 sendiri. (Walaupun umpan balik ini meningkatkan kandungan air absolut di udara, kelembaban relatif udara hampir konstan atau bahkan agak menurun karena udara menjadi menghangat).
  • • Umpan balik penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan cahaya (albedo) oleh es. Ketika temperatur global meningkat, es yang berada di dekat kutub mencair dengan kecepatan yang terus meningkat. Bersamaan dengan melelehnya es tersebut, daratan atau air di bawahnya akan terbuka. Baik daratan maupun air memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih sedikit bila dibandingkan dengan es, dan akibatnya akan menyerap lebih banyak radiasi Matahari. Hal ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan lebih banyak lagi es yang mencair, menjadi suatu siklus yang berkelanjutan.
  • AKIBAT DARI GLOBAL WARMING• 1. Gletser Menciut Gletser adalah daratan yang terbuat dari es. Gletser bakal ikut meleleh dan menciut seiring dengan bertambahnya suhu bumi. Suhu bumi meningkat karena tingginya emisi gas rumah kaca di atmosfer. Selama tahun 1990- 2005 saja suhu bumi naik 0,15 - 0,3 derajat celcius. Gletser Himalaya yang memasok air ke sungai Gangga sekaligus menyediakan irigasi dan suplai air minum untuk 500 juta penduduk,menyusut 37 meter pertahun.Gletser di kutub semakin cepat mencair hingga membuat permukaan air laut di bumi naik.
  • 2. Pulau TenggelamIndonesia , Amerika Serikat, danBangladesh adalah beberapa negarayang paling terancam tenggelam.Bahkan beberapa pulau di Indonesiasudah hilang tenggelam. Inidisebabkan mencairnya permukaangletser di kutub yang membuatvolume air laut meningkat drastis.Menyusutnya hutan bakaumemperparah pasangnya air laut.Sekarang saja pasang air laut PantaiKuta telah membanjiri beberapa lobihotel disekitarnya. Pulau Jawa jugabernasib sama , sampai saat inipermukaan Teluk Jakarta sudah naik0,8 cm. Dan kalau suhu bumi terusnaik , tahun 2050 derah-daerahJakarta dan Bekasi seperti Kosambi ,Penjaringan , Cilincing ,Muaragembong , dan Tarumajayaakan terendam.
  • 3. BadaiBadai memang bisa terjadikarena kehendak alam. Tapi suhuair yang menghangat akibatglobal warming mendukungterjadinya badai yang jauh lebihkuat dan besar. Beberapa tahunbelakangan ini , negara-negara diEropa, Amerika, dan Karibia telahmengalami begitu banyak badaidibandingkan abad sebelumnya.Bahkan badai-badai tersebutbukan cuma badai biasa, namunmasuk kategori badai mematikan, seperti badai katrina,badai ike,badai nargis, badai rita,dll.
  • 4. Gelombang PanasTahun 2003 lalu, Eropadiserang gelombang panasalias heat wave , yangmenewaskan banyak orang.Mengejutkan ! Tapi bencana inisudah diperkirakan ratusantahun yang lalu , tepatnyatahun 1900 oleh para ilmuwandi masa itu . Gelombang panasmemang pernah terjadbeberapa kali di bumi , namunbelakangan ini makin seringterjadi. Dan diperkirakan 40tahun lagi frekwensinya akanmeningkat 100 kali lipat.
  • 5. KekeringanAfrika, India, dan daerah-daerah kering lainnya bakalmenderita kekeringan lebihparah ! Air akan makin sulit didapat dan tanah tak bisaditanami apa-apa lagi, hinggasuplai makanan berkurangdrastis. Ilmuwanmemperkirakan hasil taninegara-negara Afrika akanmenurun 50 % di tahun 2020 ,dan tingkat kekeringan di duniameningkat 66 % . Takterbayang kalau kekeringan inisampai terjadi di bumi ini.
  • 6. Perang dan KonflikNegara yang kekurangan airdan bahan pangankemungkinan besar akanmengalami panik danberubah jadi agresif. Lalubukan tak mungkin merekaberusaha saling merebutlahan yang belum rusak.
  • 7. Penyakit MerajalelaMalaria, demam berdarah, ebola , dan banyakpenyakit yang dulu cuma dianggap sebagai penyakitnegara tropis , bisamenyebar ke berbagainegara Eropa yang dikenaldingin. Penyebabnya apalagikalau bukan banjir ataukekeringan yangmengundang banyak hewanpembawa penyakitbersarang disana
  • 8. PerekonomianKacauLadang pertanian danperkebunan yang biasanyamenghasilkan akan musnaholeh banjir atau kekeringan.Penduduk akan dibuat makinmenderita karena stok bahanpangan dan kebutuhan pokoklainnya akan jauh berkurangdan harganya pasti akanmelambung naik. Pemerintahjuga membutuhkan biaya yangbanyak untuk membangunkembali wilayah yang terkenabencana dan menanggulangipenyakit yang mewabah.
  • 9. Ekosistem HancurPerubahan iklim yang terjadiakibat global warming akanmenghancurkan ekosistem yangada. Setelah sebagian mahklukhidup di bumi musnah akibatbencana kekeringan, banjir, badai, atau ditenggelamkan airlaut, mahkluk hidup yang tersisabakal mengalami kesulitan untukbertahan hidup. Penyebabnyaadalah berkurangnya sumber air, udara bersih, bahan bakar, sumber energi , bahanmakanan, obat-obatan yangdibutuhkan untuk survive.
  • 10. Mahkluk HidupPunahSebanyak 30 % mahkluk hidupyang ada sekarang bakalmusnah tahun 2050 kalautemperatur bumi terus naik.Spesies yang punah inikebanyakan yang habitatnya ditempat dingin . Hewan-hewanlaut diperkirakan banyak yangtak bisa bertahan setelah suhuair laut jadi menghangat. Kalautumbuhan dan hewan makinberkurang, jelas manusiaakhirnya terancam karenakekurangan bahan makanan.
  • SOLUSI MENCEGAH GLOBAL WARMING1. Berhenti atau kurangilah makan daging Dalam laporannya yang berjudul Livestock’s Long Shadow : Enviromen-tal lssues and Options (dirilis Novem-ber 2006), PBB mencatat bahwa 18% dari pemanasan global yang terjadi saat ini disumbangkan oleh in-dustri peternakan, yang mana lebih besar dari-pada efek pemanasan global yang dihasilkan oleh seluruh alat transportasi dunia digabungkan. PBB juga menambahkan bahwa emisi yang dihitung hanya berdasarkan emi-si CO2 yang dihasilkan, padahal selain sebagai kontributor CO2 yang hebat, industri peternakan juga merupakan salah satu sumber utama pencemaran tanah dan sumber-sumber air bersih. Sebuah laporan dari Earth Insti-tute menegaskan bahwa diet berbasis tanaman hanya membutuhkan 25% energi yang dibutuhkan oleh diet ber-basis daging. Penelitian yang dilaku-kan Profesor Gidon Eshel dan Pamela Martin dari Universitas Chicago juga memberikan kesimpulan yang sama: mengganti pola makan daging dengan pola makan vegetarian 50% lebih efek-tif untuk mencegah pemanasan global dari pada mengganti sebuah mobil SUV dengan mobil hibrida.
  • 2. Batasilah emisi karbon dioksida Bila memungkinkan, carilah sumber-sumber energi alternatif yang tidak menghasilkan emisi CO2 seperti tenaga matahari, air, angin, nuklir, dan lain-lain. Bila terpaksa harus mengguna-kan bahan bakar fosil (yang mana akan menghasilkan emisi CO2), gunakanlah dengan bijak dan efisien. Hal ini ter-masuk menghemat listrik dan energi, apalagi Indonesia termasuk negara yang banyak menggunakan bahan ba-kar fosil (minyak, batubara) untuk pembangkit listriknya.
  • 3. Tanamlah lebih banyak pohon Tanaman hijau menyerap CO2 dari atmosfer dan menyimpannya dalam jaringannya. Tetapi setelah mati mereka akan melepaskan kembali CO2 ke udara. Lingkungan dengan banyak tanaman akan mengikat CO2 dengan baik, dan harus dipertahankan oleh generasi mendatang. Jika tidak, maka karbon yang sudah tersimpan dalam tanaman akan kembali terlepas ke at-mosfer sebagai CO2. Peneliti dari Louisiana Tech Uni-versity menemukan bahwa setiap acre pepohonan hijau dapat menangkap karbon yang cukup untuk mengimba-ngi emisi yang dihasilkan dari meng-endarai sebuah mobil selama setahun.
  • 4. Daur ulang (recycle) dan gunakan ulang Kalkulasi yang dilakukan di Ca-lifornia menunjukkan bahwa apabila proses daur ulang dapat diterapkan hingga di level negara bagian Califor-nia, maka energi yang dihemat cukup untuk memberikan suplai energi bagi 1,4 juta rumah, mengurangi 27.047 ton polusi air, menyelamatkan 14 juta po-hon, dan mengurangi emisi gas rumah kaca hingga setara dengan 3,8 juta mobil.
  • 5. Gunakan alat transportasi alternatif untuk mengurangi emisi karbon Penelitian yang dilakukan Uni-versitas Chicago menunjukkan bahwa beralih dari mobil konvensional kemo-bil hibrida seperti Toyota Prius dapat menghemat1ton emisi per tahun. Mengkonsumsi makanan produk lokal akan mengurangi emisi dalam jumlah yang cukup signifikan. Pene-litian yang dilakukan oleh Iowa State University pada tahun 2003 me-nemukan bahwa makanan non-lokal rata-rata menempuh 1.494 mil sebe-lum dikonsumsi, bandingkan dengan makanan lokal yang hanya menempuh 56 mil. Bayangkan betapa banyak emisi karbon yang dihemat dengan perbe-daan 1.438 mil tersebut. Gunakan sepeda sebanyak yang Anda bisa sebagai metode transpor-tasi. Selain menghemat banyak energi, bersepeda juga merupakan olah raga yang menyehatkan.
  • REFERENSI
  • UCAPAN TERIMAKASIHPuji syukur saya ucapkan kepada AllahSWT, berkat rahmat-Nyalah saya dapatmenyelesaikan tugas ini sebagaimanayang diberi abi Oan Hasanuddin. Sayamengucapkan terimakasih kepada abiOan karna telah mengajarkan sayauntuk mengenal apa itu pendidikanlingkungan hidup dah apa pengaruhnyabagi kehidupan. Tugas-tugas yangdiberi memang banyak tetapi sayasadari, ternyata sangat bermanfaatbagi kehidupan saya, hidup abii!!