• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
ICT for education
 

ICT for education

on

  • 1,175 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,175
Views on SlideShare
1,171
Embed Views
4

Actions

Likes
0
Downloads
31
Comments
0

1 Embed 4

http://ceaa164.1bestarinet.net 4

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    ICT for education ICT for education Document Transcript

    • BAB II PEMBAHASAN2.1 Pengertian Komputer Komputer adalah alat elektronik yang dapat mengolah data dengan perantara program dan dapat memberikan atau menampilkan hasil pengolahannya dan mampu melakukan beberapa tugas sekaligus dalam satu waktu, yaitu menerima input (masukan), memproses input tersebut sesuai dengan programnya, penyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output (keluaran) dalam bentuk informasi. Komputer berasal dari bahasa Latin to-compute yang artinya menghitung. Sepanjang sejarahnya sampai sekarang komputer sudah mengalami perubahan, baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk dapat bekerja mengolah data, komputer harus berbentuk sistem komputer (computare system) yang terdiri atas elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melakukan pengolahan data sehingga menghasilkan informasi. Elemen-elemen dari sistem komputer ada tiga, yaitu : 1. Hardware, adalah perangkat keras, contohnya :  Monitor  Mouse  Keyboard  Printer  Scanner 2 Information Communication and Technology (ICT)
    •  Dll. 2. Software, adalah perangkat lunak, contohnya :  Ms Word  Ms Excel  Ms Access  Ms Powerpoint  Winamp  Windows Media  Mozilla Firefox  Dll. 3. Brainware, adalah pengguna komputer atau yang biasa disebut user. Ketiga elemen tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu- kesatuan. Perangkat keras tanpa adanya perangkat lunak tidak akan berarti apa- apa. Perangkat lunaklah yang akan mengoperasikan perangkat keras. Demikian juga perangkat lunak dan perangkat keras, tanpa adanya manusia yang mengoperasikan tidak akan berarti apa-apa.2.2 Sejarah dan Pengertian Sistem Operasi Sistem operasi pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1954. Sistem operasi mengalami perkembangan yang pesat sehingga dibagi ke dalam empat generasi, yaitu : 1. Generasi Pertama (1954-1955) 3 Information Communication and Technology (ICT)
    • 2. Generasi Kedua (1955-1965) 3. Generasi Ketiga (1965-1980) 4. Generasi Keempat (pasca 1980-an) Sistem operasi (OS) merupakan bagian dari software komputer yang berfungsi sebagai penghubung (interface) antara user, hardware, dan software komputer. Dengan kata lain, sistem operasi (OS) berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna, seperti mengatur kerja media input, proses, output, mengatur tabel pengkodean, mengatur memori, mengatur penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Macam-macam sistem operasi : A. Disk Operating System (DOS) B. Windows Operating System C. Linux2.3 Pengenalan Internet Internet sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat diberbagai golongan yaitu, pelajar, mahasiswa, karyawan, dan penggemar hacking. Banyak yang kita peroleh dari penggunaan internet baik dari segi informasi, ilmu pengetahuan, maupun segi komersialisasi. Internet atau interconeccted network adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan yang menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk pemakainya yang 4 Information Communication and Technology (ICT)
    • tersebar diseluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari jaringan komputer yang ada diseluruh dunia. Internet sebenarnya mengacu kepada istilah unutk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Oleh karena itu, internet tidak memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protocol tertentu. Istilah “protocol” diinternet mengacu pada satu sel aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.2.4 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia berjalan dari masa ke masa. Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang, selalu mengadopsi berbagai Teknologi Informasi dan Komunikasi . Teknologi informasi dan komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi Informasi dan Komunikasi telah menjadi fasilitas utama dalam kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Peningkatan kualitas hidup makin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktivitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Beberapa 5 Information Communication and Technology (ICT)
    • penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalamPendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Dunia Bisnis, dan Perbankan. Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiringperkembangan zaman. Dalam pembelajaran sehari-hari masalah TeknologiInformasi dan Komunikasi sering dijumpai, yaitu mengenai kombinasi teknologiaudio-data, video-data, audito video dan internet. Internet merupakan alatkomunikasi yang memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih.Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajarmengajar jarak jauh (e-learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapatdiperoleh hasil yang baik. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apayang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaranyang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu modelpembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasikhususnya internet. Saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaranyang berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based Training), CBI (ComputerBased Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (CyberneticLearning Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated LearningSyatem), LCC (Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training), dan lain sebagainya. Kita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK dalam hal pembelajarantidak semudah yang dibayangkan. Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhidemi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya : 6 Information Communication and Technology (ICT)
    •  Adanya akses teknologi internet untuk Tenaga Pendidik maupun Peserta Didik, baik di dalam kelas, sekolah maupun lembaga pendidikan guru  Adanya materi yang bermutu bagi Tenaga Pendidikan dan Pelajar  Tenaga Pendidik harus produktif terhadap pengembangan TIK.2.5 Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu 1. Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya. 2. Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya. 3. Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer 7 Information Communication and Technology (ICT)
    • telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.8 Information Communication and Technology (ICT)