Masalah Budaya Banjarmasin

1,286 views
924 views

Published on

hasil presentasi LKMM BEM Poliban 2014 - 2015

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,286
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • 1
  • Masalah Budaya Banjarmasin

    1. 1. 1 KELOMPOK 4 Oleh : Rahmi . F Annisa .M.S. Gusneidi . G. Andreas Hepi . W.
    2. 2. BUDAYA Definisi Budaya Unsur – Unsur Kebudayaan Sifat Kebudayaan
    3. 3. Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan, perilaku, dan hasil karya manusia dan/atau kelompok manusia baik bersifat fisik maupun non fisik yang diperoleh melalui proses belajar dan adaptasi terhadap lingkungannya.
    4. 4. Bahasa dan komunikasi Ilmu pengetahuan Teknologi Ekonomi Organisasi sosial Agama Kesenian
    5. 5. Sifat Kebudayaan Tidak diwariskan secara genetika melalui proses belajar Diperoleh melalui pendidikan, baik secara formal maupun tidak formal Milik masyarakat, bukan milik individu Bersifat tradisional
    6. 6. PERUBAHAN KEBUDAYAAN SISTEM KEBUDAYAAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAAN KEBUDAYAAN DASAR PERUBAHAN KEBUDAYAAN BANJAR PROSES PERUBAHAN KEBUDAYAAN BANJAR
    7. 7. Kebudayaan = sistem Berintegrasi
    8. 8. Struktural : terintegrasi melalui fungsi 2 nya dari unsur-unsurnya, yaitu adanya peranan dari setiap unsur kebudayaan yang dimainkan nya dalam dalam kaitannya denngan unsur 2 lain dari kebudayaan tersebut, yang berlaku secara menyeluruh Kejiwaan : integrasi kebudayaan terjadi melalui konfigurasi tertentu dari kebudayaan tersebut. Konfigurasi kebudayaan dapat dikatakan sebagai nyawa/jiwa dari kebudyaan tersebut. Memberi arah dan menghasilkan kesatuan yang integratif ( contoh : nilai, pandangan hidup etos atau tujuan, cita-cita dsb)
    9. 9. Maria IH,4/9/2005 9 Faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan kebudayaan  Jumlah dan komposisi penduduk  Perubahan lingkungan : bencana alam dan perubahan kuantitas dan kwalitas sumber daya/energi dalan lingkungan  Penemuan baru dalam teknologi dan ekonomi (inovasi)  Adanya invasi/penyerangan/penjajahan  Kontak hubungan dengan masyarakat lain (defusi)
    10. 10. Dasar perubahan kebudayaan :  Perubahan kebudayaan dapat terjadi melalui subsitusi (penggantian unsur lama oleh unsur yang baru, yang secara fungsional dapat diterima oleh unsur-unsur lainnya).  Dapat juga karena kehilangan sebuah unsur atau seperangkat unsur tanpa ada gantinya.  Atau terjadi melalui inkrepentasi atau penambahan unsur-unsur baru dalam kebuadayaan tanpa mengganti sesuatu unsur yang sudah ada dalam kebudayaan tersebut.
    11. 11. Proses perubahan kebudayaaan  Tahap inovasi : para inovator membuat ciptaan- ciptaan baru dan kemudian mengkomunikasikannya pada para warga masyarakat.  Tahap pengintegrasian inovasi : mengintegrasikan keadaan yang baru melalui sebuah koreksi dengan caramemodifikasi pola 2 tradisional, atau pola 2 yang baru diterima atau ke dua 2 nya.  Tahap terminal : keadaan yang menyenangkan karena keseluruhan perubahan dapat diterima oleh masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. merasa tenang aman sejahtera, yakin pada diri sendiri, mempunyai harga diri dsb.
    12. 12. BUDAYA BANJAR GEOGRAFIS BANJAR BAHASA BANJAR AGAMA KESENIAN BANJAR
    13. 13. GEOGRAFIS BANJAR  BANJAR adalah sebutan yang umum dipakai oleh masyarakat kalimantan selatan untuk ibukotanya yaitu banjarmasin.  Secara geografis banjarmasin terletak disebelah selatan pulau kalimantan dengan batas – batas: sebelah barat provinsi kalimantan tengah, sebelah timur selat makasar selatan laut jawa, dan utara provinsi kalimantan timur.
    14. 14. BAHASA BANJAR  Bahasa banjar adalah bahasa sehari-hari digunakan oleh suku (etnis) banjar umtuk berkomunikasi dalam pergaulan atau kehidupan bermasyarakat.
    15. 15. Bahasa banjar terbagi menjadi 2 1. Bahasa banjar HULU bahasa yang digunakan oleh masyarakat banjar yang berada dikawasan yang kini disebut ‘BANUA ANAM’ 2. Bahasa banjar KUALA bahasa yang digunakan oleh masyarakat banjar yang berada dikawasan kabupaten banjar, banjarbaru, banjarmasin, barito kuala dan lain- lain.
    16. 16. AGAMA YANG DIANUT  AGAMA YANG DIANUT MASYARAKAT BANJARMASIN ADA BEBERAPA NAMUN MAYORITAS ISLAM. Dengan Presentasi agama dibanjarmasin sebgai berikut: ISLAM (96,67%) HINDU (0,44%) KRISTEN ( 1,32% ) BUDHA (0,32%) KATOLIK ( 0,44% ) LAIN-LAIN(0,80%)
    17. 17. KESENIAN BANJAR Seni Musik Madihin Seni Musik Mamanda
    18. 18. PERLINDUNGAN KEBUDAYAAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI : PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI PEMANFAATAN KEBUDAYAAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI : MASALAH BUDAYA
    19. 19. Kongres ke II Budaya Banjar tahun 2010 “Manahapi Budaya Banjar gasan Sasangga Banua” (MASALAH BUDAYA) Jangan sampai kumpai mengalahkan Banua”. Karena kuatnya pengaruh adat budaya suku bangsa pendatang,akan berakibat hilangnya adat budaya Banjar di Banua Banjar, sementara orang Banua lebih bekecendrungan dengan adat budaya luar.
    20. 20. PERLINDUNGAN KEBUDAYAAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI :  Mencatat, menghimpun, mengolah dan menata informasi kebudayaan  Registrasi  Pendaftaran atas hak kekayaan intelektual  Legalitas aspek budaya  Penelitian dan  Penegakkan peraturan perundang – undangan
    21. 21. PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI  Kajian  Penelitian  Diskusi  Seminar  Workshop  Eksperimen  Penciptaan model – model baru
    22. 22. PEMANFAATAN KEBUDAYAAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI :  Penyebarluasan informasi  Pergeseran Budaya  Pengemasan bahan ajar  Pengemasan bahan kajian dan  Pengembangan wisata.
    23. 23. TERIMA KASIH

    ×