Rangkuman bab 1&2 teknologi informasi dan komunikasi

1,476 views

Published on

Published in: Business
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,476
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
28
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rangkuman bab 1&2 teknologi informasi dan komunikasi

  1. 1. RANGKUMAN BAB 1&2 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Annisa . Desianty IX-3 05start
  2. 2. MateriPEMBAHASAN MATERI
  3. 3. INTERNETINTRANETSISTEM JARINGAN
  4. 4. pengertian internetpengertian intranetperbedaan internet & intranetpengertian jaringan
  5. 5. INTERNET Internet adalah pusat dari segala informasi. Terlepas dari valid atau tidaknya informasi, namun apapun informasi yang kita inginkan, kita bisa mendapatkannya di internet.Jadi kepanjangan dari internet adalah internetconnected-networking ialah rangkaian komputer yang terhubun di dalam beberapa rangkaian, yang berhubung secara global dan menggunakan TPC/IP sebagai protokol perturakan paket.
  6. 6. INTRANET Intranet adalah…. intranet adalah sebuah jaringan privat ( private network) yang menggunakan protokol protokol internet ( TPC/IP) untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.Untuk membangun sebuah intranet maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa jaringan komponen yang membangun internet, yakni protokol internet seperti protokol TPC/IP, alamat IP dan protokol lainnya.
  7. 7.  Perbedaan internet dan intranet . Perbedaannya adalah bahwa intranet adalah jaringan lokal PC to PC dalam 1 tempat, sedangkan internet perluasan dari intranet
  8. 8. JARINGAN Jaringan adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang berdiri sendiri ( stand alone). Adapun manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut 1. Sharing resource 2. Media Komunikasi 3. Integrasi data 4. Pengenbangan dan Pemeliharaan 5. Keamanan Data 6. Sumber daya lebih efesien dan informasi tekini.
  9. 9. JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER. 1. Berdasarkan Metode Distribusi data. a. Jaringan Terpusat. Jaringan Terpusat terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk atau host
  10. 10.  B. jaringan Terdistribusi Jaringan Terdistribusi terdiri atas beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal.
  11. 11. 2. BERDASARKAN HUBUNGAN FUNGSIONALKOMPUTER DALAM PEMROSES DATA A. Jaringan Client-Server Jaringan Client Server terdiri atas sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberapa komputer client.
  12. 12.  B. Jaringan Peer to Peer.  Jaringan Peer to Peer terdiri atas beberapa terminal yang saling terhubung.
  13. 13. 3. BERDASARKAN JANGKAUANWILAYAHNYA A, LAN ( Local Area Network)  LAN merupakan suatu kunpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit omputer ( clien), dan 1 unit komputer untuk bank data ( Server).
  14. 14.  B. MAN (Metropolitan Area Network) MAN merupakan jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN tetapi jangkauannya tidak melebihi kota atau metropolitan terekat
  15. 15.  C. WAN (Wide Area Network) Wan merupakan kumpulan dari LAN dan jaringan komunikasi data yang mencakup wilayah yang luas .
  16. 16. 4. BERDASAKAN METODEKONEKSSINYA A. Jaringan Berkabel. Jaringan berkabel merupakan jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota jaringan.
  17. 17.  B. Jaringan nirkabel. Jaringan Nirkabel merupakan jarngan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan.
  18. 18. 5. BERDASARKAN TOPOLOGINYA A. Topologi Mesh. Topologi Mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap peangkatnya terhubung secara langsung ke perangkat lain
  19. 19.  B. Star Topologi star topologi merupakan sekumpulan kelompok yang di hubungkan dengan komputer yang berada pada pusat konfigurasi yang berbentuk bintang.
  20. 20.  C. Ring Topologi. Ring Topologi merupakan sekelompok komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi cincin.
  21. 21.  D. bus topologi.  Bus Topologi merupakan sekumpulan komputer yang terhubung pada kabel khusus / bus.
  22. 22.  E. Tree Topologi Tree Topologi merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi pohon.
  23. 23. PERANGKAT KERAS JARINGANKOMPUTER Terminal NIC(NETWORK INTERFACE CARD) Hub atau Connector Switch Repeater Bridge Router Kabel Modem
  24. 24. TERMINAL Terdapat lima terminal dan keyboard adalah terminal Keyboard adalah teminal input yang sangat populer diantara pemakaian komputer. User dapat menggunakan keyboard mengentri data, memberikan intruksi tertentu untuk menerbikan laporan dan sebagainya. Terminal Telephone Tombol adalah terminal komputer yang dapat dilengkapi dengan alat respon audio. Terminal Titik Penjualan( Point of sale), terminal ini menyedia cara memasukkan data transaksi ke dalam database pada saat penjualan. Terminal Pengumpulan Data Terminal Khusus yaitu terminal yang di rancang khusus untuk keperluan tertentu seperti cash register.
  25. 25.  NIC (NETWORK INTERFACE CARD) Kartu jaringan atau LAN Card di pasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan komputer.
  26. 26.  HUB ATAU CONCENTRATOR Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star.
  27. 27. • SWITCH Switch merupakan penggembangan dari konsep Brigde.
  28. 28. • REPEATER Repeater merupakan piranti elektronik yang bertugas menerima sinyal kemudian meneruskannya pada level yang lebih tinggi atau dengan daya yang lebih besar.
  29. 29. • BRIDGE Bridge di gunakan untuk menghubungkan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama.
  30. 30. •REUTER Reuter adalah jaringan piranti yang bertugas memfoward paket data sepanjang jaringan menggunakan header dan tabel forwading sehingga bisa menentukan rute terbaik untuk transportasi data.
  31. 31. • KABEL Terdapat beberapa tipe perkabelan yang biasa digunakan untuk menghasilkan jaringan, yaitu: Thin Ethernet Thick Ethernet Twisted Pair Ethernet Fiber optik
  32. 32. • MODEM Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

×