• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Tik bab 1. ix 3 anisa yunitasari
 

Tik bab 1. ix 3 anisa yunitasari

on

  • 1,011 views

TIK BAB 1 ~ Anisa Yunitasari IX-3

TIK BAB 1 ~ Anisa Yunitasari IX-3

Statistics

Views

Total Views
1,011
Views on SlideShare
948
Embed Views
63

Actions

Likes
0
Downloads
44
Comments
0

1 Embed 63

http://anisayunitasaritik93.blogspot.com 63

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tik bab 1. ix 3 anisa yunitasari Tik bab 1. ix 3 anisa yunitasari Presentation Transcript

    • TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
    • SMP PUSPANEGARANa ma : An i s aYu n i t a s a r iKe l a s : I X -3Pe l a j a r a n : Te k n o l o g iI n f o r ma s i d a nKo mu n i k a s i
    • BAB 1 PENGENALAN DANPENGERTIAN DASAR INTERNET
    • A. Pengertian Internet dan Intranet1. Internet Bisa dikatakan internet adalah pusat dari segalainformasi. Terlepas dari valid atau tidaknya informasi,namun apapun informasi yang kita inginkan , bisamendapatkannya di internet, tentu dengan bantuansearch engine, seperti google, yahoo, dan sebagai nya. Kepanjangan internet adalah ‘interconnected-networking’ ialah rangkain komputer yang terhubung didalam beberapa rangkaian, yang berhubung secara globaldan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaranpaket. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah inidimanakan internetworking.
    • 2. Intranet Intranet adalah jaringan komputer yang salingtersambung digunakan oleh suatu sistem organisasi denganluas tertentu. Misalnya, jaringan komputer PT Telkom seluruhIndonesia. Intranet juga bisa diartikan adalah sebuah jaringanprivat(private netwrok) yang menggunakan protokol-protokolinternet, untuk membagi informsi rahasia perusahaan atauoperasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Intranet berfungsi mengomunikasikan komputer satudengan yang lain seperti internet, tetapi layanan terbatastidak seluas dan seberagam di internet.
    • Adapun keuntungan dan kelemahan dari intranet adalah :Keuntungan:a) Produktivitas kerja: intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat, mengakses database yang diperlukan dan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya.b) Komunikasi: intranet memberikan fasilitasyang memungkinkan komunikasi efektif didalam sebuah organisasi, baik secara vertikal maupun horizontal.c) Meningkatkan kerjasama: dengan informasi yang mudah di akses oleh semua pengguna resmi(internal), kualitas kerja tim(team work) akan meningkat.
    • Kelemahan:a) Informasi yang salah dapat juga beredar melalui intranet sehingga mengurangi efektivitasnya,b) Diperlukan pelatihan (training) untuk mendidik anggota/karyawan untuk menggunakan intranet.c) Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet disebuah organisasi perusahaan.d) Dalam perkembangan interaksi di intranet ada juga kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kuramh sesuai (kasar/kurang sopan).
    • B. Sejarah Perkembangan Internet Pada tahun 1969 Advanced Research Project Agency(ARPA) di Pentagon, USA membuat sebuah jaringan yangdigunKn untuk keperlun penelitian. Jaringan itu dinamakanAdvenced Research Project Agency Network (ARPANet).ARPANet menghubungkan pusat penelitian departemenpertahanan dengan pusat-pusat penelitian di universitas diAmerika Serikat, tujuannya adalah menghadapi kemungkinanterjadinya serangan nuklir karena sifat jaringan internettidak mudah dilumpuhkan hanya dengan merusak satu titikpusat layanan. Pada tahun 1984 ARPANet dibagi menjadi dua, yaituMILNet dan ARPANet. MILNet untuk kebutuhan militer danARPANet untuk menyongkon riset. Pada tahun 1986, Internetdigunakan secara nyata dan meluas untuk kalangan umum, danberkembang secara pesat. Hampir setiap lembaga di duniamembuat jaringan internet untuk kebutuhan transfer datadan sarana komunikasi.
    • Pada tahun 1991, Nation Search and Education Network membuatjaringan baru yang dinamakan NREN. Yang bertujuan untukmengadakan riset jaringan berkecepatan tinggi. Abad ke-20 merupakan abad informasi. Suatu hal yang perludiperhatikan dalam menyikapi teknologi informasi adalah tidaksekedar alih teknologi yang telah dikembangkan, tetapi jugapembentukan budaya baru dalam memanfaatkan teknologi informasitersebut. Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun1983 di Universitas Indonesia berupa UINet oleh Dr. Joseph F.P.Luhukay. Ia mulai mengembangkan University Network (Uninet) dilingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Uninetmerupakan jaringan komputer dengan jangkauan lebih luas danmeliputi Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, InstitutPertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut TeknologiSurabaya, Universitas Hasanudin, dan Ditjen Dikti.
    • C. Manfaat Internet1. Media Komunikasi Pengguna Internet dapat berkomunikasi dengan orang lain secarapraktis, mudah, dan murah dengan fasilitas seperti:a) surat menyurat dengan menggunakan e-mailb) berkomunikasi online/langsung seperti SMS dihandphonec) Chatting dengan langsung dapat melihat gambar orang yang sedang chatjuga (technology video streaming)2. Media Informasi Internet memberikan layanan informasi dari berbagai bidang, antaralain melalui World Wide Web (WWW).3. Media Promosi Internet dapat digunakan untuk sarana produk barang dan jasa.4. Media Penelitian Kita dapat memperoleh sumber referensi dan bahan penelitian darilayanan internet.5. Media Pertukaran Data Kita dapat melakukan pertukaran data dengan orang lain melaluiinternet.6. Media Hiburan Kita dapat mencari berbagai hiburan dari internet, antara lain musik danfilm.
    • D. Dampak Internet1). Dampak Positif :a. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunkan di mana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.b. Media pertukaran data, dengan menggunaakan e-mail, newsgroup, FTP dan www (World Wide Web) para pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.c. Bisa digunakan sebagai bahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dll.d. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
    • 2). Dampak Negatif :a. Ancaman virusb. Ketergantungan jaringanc. Mempengaruhi kultur budayad. Tindak kejahatan● Keunggulan internet sebagai media informasi dan komunikasiadalah sebagai berikut :҉ akses 24 jam҉ konektivitas dan jangkauan global҉ interaktivitas dan jangkauan global҉ kecepatan akses
    • E. Aplikasi-aplikasi Dalam Internet1. World Wide Web (WWW) merupakan suatu bentuk dokumen di internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia.2. Electronic Mail (e-mail) merupakan suatu aplikasi internet sebagai sarana komunikasi suratmenyurat dalam bentuk elektronik.3. Mailing List (Millis) suatu aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi ataubertukar informasi dalam suatu kelompok atau e-mail.4. Newsgroup suatu aplikasi internet yang digunakan satu dengan yang lain yangmempunyai kepentingan dan ketertarikan bersama dalam topik-topiktertentu.5. Internet Relay Chat (IRC) suatu aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsungdengan teks.
    • 6. File Transfer Protocol suatu aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim dan mengambilfile ke atau dari sebuah computer lain.7. Telnet suatu aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer lainyang letaknya lebih jauh.8. Gopher suatu aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yangada di internet dalam bentuk teks.9. PING (Pocket Internet Gopher) suatu aplikasi internet yang digunakan untuk mengecek koneksi padakomputer lain yang terkoneksi dengan internet dengan cara mengirimkansejumlah data.10. Facebook facebook adalah sarana sosial yang menghubungkan orang-orangdengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidupdisekitar mereka.11. Twitter twitter adalah sebuah situs web yang menawarkan jejaring sosialberupa mikroblog sehingga kemungkinkan penggunanya untuk mengirim danmembaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
    • Contoh Sosial Media yang ada di internet
    • Contoh Sosial Media yang ada di internet
    • F. Istilah-istilah Dasar InternetDiantaranya :1. Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil.2. Browser atau web browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet.3. HTML (HyperText Mark-up Language) adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.4. Client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan.5. Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait.6. Homepage adalah halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website.7. Web Page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web.8. Off-line adalah kondisi dimana koneksi komputer ke internet dalam keadaan terputus.9. Online adalah kondisi dimana koneksi komputer ke internet dalam keadaan tersambung.10.Protocol adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu.