Menulis dan menyusun bahasa petunjuk   copy
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Menulis dan menyusun bahasa petunjuk copy

on

  • 2,675 views

B.Indonesia

B.Indonesia

Statistics

Views

Total Views
2,675
Views on SlideShare
2,675
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
26
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Menulis dan menyusun bahasa petunjuk   copy Menulis dan menyusun bahasa petunjuk copy Presentation Transcript

  • MENULIS DAN MENYUSUN BAHASA PETUNJUK
  • Menulis Petunjuk Melakukan SesuatuPetunjuk adalah sesuatu yang penting untukmenunjukkan sesuatu yang harus dilakukan.Petunjuk dapat diartikan :-Petunjuk melakukan sesuatu-Petunjuk menggunakan sesuatu-Petunjuk membuat sesuatu
  • Petunjuk adalah ketentuan yang memberi arahatau bimbingan bagaimana sesuatu harus dilakukan. Misalnya, petunjuk penggunaan, petunjukpelaksanaan, petunjuk operasional, dan petunjukpemakaian. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapatdengan mudah menemukan petunjuk pada bungkusmakanan instan, obat-obatan, kemasan barang, ataumainan rakitan.
  • Berdasarkan contoh diatas, tampak bahwabahasa yang digunakan dalam petunjuk berupakalimat perintah. Hal itu di tandai dengan kata-kataseperti harus dan kata kerja imperatif (perintah,suruhan, dan larangan). Penulisan petunjuk bertujuan agar konsumentidak mengalami kesulitan atau keliru dalammenggunakan sebuah produk. Oleh karena itu,petunjuk penggunaan atau petunjuk yang lain harusditulis dengan bahasa yang efektif dan jelas.
  • Petunjuk tersebut harus disusunberdasarkan urutan atau tahapan pengerjaannya.lebih baik jika petunjuk tersebut dilengkapidengan gambar yang sesuai dengan isipetunjuknya. petunjuk dapat disusun dengan Sebuahurutan pernyataan sebagai berikut :a. dari hal yang penting ke hal yang tidakpenting.b. dari hal yang umum ke hal yang khusus.c. dari tahap awal ke tahap terakhir.
  • Ciri-ciri Dan Syarat Pembuatan Petunjuk1. jelas, yang meliputi : a. tidak membingungkan dan mudah dipahami. b. pilihan kata atau bahasa yang digunakan dan keruntutan uraian. c. menggunakan nomor urut untuk membedakan langkah yang satu dengan langkah yang lain. d. menggunakan istilah-istilah yang lazim. e. petunjuk dapat dilengkapi unsur gambar.2. logis, yang meliputi : a. urutan penjelasan harus logis, tidak tumpang tindih dalam melakukan atau membuat sesuatu. b. urutan penjelasan harus berhubungan secara praktis dan logis sehingga tidak menimbulkan salah sangka.
  • 3. singkat, yang meliputi : a. hanya mencantumkan hal-hal yang penting. b. kata-kata atau kalimat yang digunakan tidak ada yang berulang, tetapi sudah mencukupi keseluruhan proses yang dibutuhkan. c. penggunaan kata-kata yang fungsinya untuk memperindah petunjuk tidak diperlukan.
  • Petunjuk Untuk Membuat Atau Mengerjakan Sesuatu1.Menggunakan kalimat perintah halus Jenis kalimat yang digunakan pada bahasapetunjuk adalah kalimat perintah namun kalimatperintah halus. Salah satu ciri kalimat perintahhalus adalah tidak menggunakan tanda seru padaakhir kalimat.Misalnya : a. panaskan air sebanyak 3 gelas. b. kupas buah nanas dan potong tipis-tipis.2. Menggunakan kata dengan makna lugas kata-kata yang digunakan dalam bahasa petunjukadalah kata-kata dengan makna lugas, yaitu makna
  • 3. Tidak menimbulkan keraguan Jika petunjuk itu menyangkut ukuran misalnya,jangan sampai menimbulkan keraguan bagi pembaca.Contoh :- jelas : a. tuaan satu sendok tehgaram dapur. b. rebuslah adonan selama 5menit. - tidak jelas : a. tuangkan sedikit garam dapurlembut. b. rebuslah adonan sebentar.4. Menggunakan kalimat yang singkat, padat, namunjelas Jika sebuah kalimat yang pendek mampumengutarakan sebuah informasi, mengapa harusmenggunakan kalimat yang panjang. Namun
  • Contoh petunjuk :Cara memasak Nutrijell :1.campurkan nutrijell dengan ½ gelas gula (100 g) atau sesuai selera.2. tambahkan air sebanyak 2 gelas (400 ml), aduk rata sambil panaskan hingga mendidih.3. matikan api, diamkan 3 menit. Campurkan fruity acid ke dalamnya dan aduk merata.4. nutrijell siap dicetak.