Your SlideShare is downloading. ×
Makalah Implementasi ERP Indofood
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Makalah Implementasi ERP Indofood

20,961
views

Published on


4 Comments
8 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
20,961
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
1,086
Comments
4
Likes
8
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Daftar IsiKata pengantar 2Profil Perusahaan 3 I. Permasalahan sebelum implementasi ERP System di Indofood Tbk 5 II. Penerapan ERP System di Indofood Tbk 5III. Manfaat dari penerapan ERP System di Indofood Tbk. 8IV. Tantangan yang dihadapi dalam implementasi ERP System di Indofood 10 V. Kegagalan dalam ERP System 11VI. Kesimpulan 12Daftar Referensi 131|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 2. Kata Pengantar Rasa syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang maha Esa, yang dengan rahmat danridho-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini sebagai tugas akhir semester matakuliah Sistem Informasi Manajemen dengan judul “Implementasi ERP System di IndofoodTbk. Atas kerjasama teman-teman, maka tersusunlah makalah ini yang diharapkan dapatberguna bagi kami memenuhi tugas akhir semester di tahun ajaran 2012/2013 ini. Dalam penulisan makalah ini, kami telah berusaha semampu kami. Jika ditemukanada kekurangan dan kesalahan, kami mengharapkan saran dan kritik membangun gunaperbaikan kedepan. Kelompok Penyusun2|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 3. Profil PerusahaanPT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (dahulu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PTGizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur,dan PT Ciptakemas Abadi) (IDX: ICBP) merupakan produsen berbagai jenis makanan danminuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990oleh Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun 1994 menjadiIndofood. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia, danEropa.Dalam beberapa dekade ini PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) telahbertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatanoperasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dariproduksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rakpara pedagang eceran.Anak perusahaan PT Indofood Fritolay Makmur (berpatungan dengan PepsiCo) PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia (berpatungan dengan Nestlé) PT Indolakto PT PepsiCola Indobeverages (berpatungan dengan PepsiCo) PT Sari Incofood Corporation (berpatungan dengan Incofood Corporation) PT Quaker Indonesia (berpatungan dengan Quaker Oats Company) PT Surya Rengo Container PT Indomarco Adi Prima (Distribution)3|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 4. Visi : o Perusahaan Total Food Solutions Misi : o Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan o Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami o Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan o Meningkatkan stakeholders values secara berkesinambungan4|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 5. I. Permasalahan Sebelum Implementasi Sistem ERP di Indofood PT Indofood sebagai perusahaan “Total Food Solutions” memproduksi berbagai jenis olahan pangan, mulai dari mie instant sampai biskuit. PT Indofood yang memiliki 14 pabrik yang tersebar di seluruh dunia, diklaim sebagai perusahaan terbesar produsen mie instant di dunia. Perusahaan mampu menjual 8 miliar paket mie instant setiap tahunnya. Enteprise Resource Planning (ERP) merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan perusahaan ini, mengingat cakupan bisnis yang luas kedepannya. Sebagai contoh kecil, tiap divisi harus menyesuaikan production plans mereka sehingga ketersediaan segala jenis bumbu untuk kebutuhan segala varian mie instan dapat terpenuhi. Sedangkan pada waktu yang sama, kondisi inventory di gudang harus tetap dijaga seminimal mungkinII. Penerapan ERP di Indofood Tbk. Hardware Platform for SAP R/3 Indofood membuat tiga buah kriteria pemilihan platform yang meliputi aspek reliability, scalability, dan kemudahan management. Dari kriteria tersebut terpilihlah IBM i Series sebagai platform hardware yang digunakan dengan operating system IBM oS/400 dan database dB2 karena memenuhi ketiga kriteria persyaratan sehingga diyakini dapat membantu PT Indofood mengoptimalkan solusi ERPnya. Dengan mengadopsi SAP R/3 versi 4.6C, berikut adalah cakupan implementasi ERP yang dilakukan pada PT Indofood 1. Financial5|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 6. o Financial Accounting (FI) menyediakan pengukuran secara kontinu terhadap profitabilitas dan kinerja keuangan perusahaan berdasarkan transaksi internal maupun eksternal. o Controlling (CO) mendukung empat kegiatan operasional, yang meliputi pengendalian capital investment, pengendalian aktivitas keuangan perusahaan serta memonitor dan merencanakan pemabayaran, pengendalian pendanaan, dan juga pengendalian biaya dan profit berdasarkan semua aktivitas perusahaan. o Investment Management (IM) menyediakan analisis kebijakan investasi jangka panjang dan fixed assetsdari perusahaan untuk membantu proses pengambilan keputusan. o Treasury (TR) mengintegrasikan atara cash management dan cash forecasting dari aktivitas, logistik, dan transaksi keuangan. o Enterprise Controlling (EC) memberikan akses bagi Enterprise Controller kepada Information Warehouse mengenai hal-hal eperti kondisi keuangan perusahaan, hasil dari perencanaan dan pengendalian perusahaan, investasi, maintenance dari aset perusahaan, akuisisi dan pengembangan SDM perusahaan, kondisi pasar yang berkaitan dengan pengambilan keputusan (market size, market share, dan competitor performance), serta faktor-faktor struktural dari proses bisnis (struktur biaya, financial accounting, danprofitability analysis) 2. Logistics o Logistics Execution (LE) pengaturan logistik dari purchasing hingga distribusi. Dari purchase requisition, good receipt, hingga delivery dengan informasi yang terintegrasi dengan modul-modul lainnya. o Sales and Distribution (SD)6|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 7. membuat struktur data yang mampu merekam, menganalisis, dan mengontrol aktivitas untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dan menghasilkan profit yang baik dalam periode akuntansi berikutnya. o Materials Management (MM) membntu manajemen dalam aktivitas sehari-hari dalam aspek konsumsi material, energi, dan servis terkait. o Plant Maintenance (PM) mendukung dan mengontrol pemeliharaan peralatan dan bangunan secara efekti, mengatur data perawatan, dan mengintergrasikan data komponen peralatan dengan aktivitas operasional yang sedang berjalan. o Production Planning and Inverntory Comtrol (PP) merencanakan dan mengendalikan jalannya material sampai dengan proses delivery produk. o Quality Management (QM) berfungsi menyediakan master data berdasarkan rekomendasi dari ISO-9000 series. o Project System (PS) mendukung perencanaan pendahuluan terhadap waktu dan value, perencanaan detail menggunakan cost element/unit costing, menetapkan waktu kritis, pendeskripsian aktivitas dan penjadwalan, koordinasi dari resourced melalui otomatisasi permintaan material, manajemen inventory, network planning (SDM, kapasitas, material, operating resources, dam servis), monitoring material, kapasitas dan dana selama proyek berjalan, evaluasi akhir proyek dengan analisis hasil dan perbaikan. 3. Human Resources Secara umum membantu dalam memudahkan melaksanakan manajemen yang efektif terhadap salary, benefit, dan biaya yang berkaitan dengan SDM perusahaan, melindungi data personalia dar pihak luar, serta membangun sistem rekruitmen dan pembanguna SDM yang efisien melalui manajemen karir. Meliputi: o Personnel Management (PA)7|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 8. o Personnel Time Management (PT) o Payroll (PY) o Training and Event Management (PE) o Organizational Management (OM) o Travel Management (TM)III. Manfaat dari Penerapan ERP System di Indofood Beberapa perubahan berupa manfaat yang signifikan di luar features dan fungsi yang dijabarkan adalah: Meningkat drastisnya ketepatan antara supply dengan demand konsumen pada tiap area distribusi Distribusi informasi yang terintegrasi sehingga mempercepat alur informasi sekaligus memberikan data akurat yang dibutuhkan untuk tiap jenjang pengambilan keputusan di tiap lini divisi. Meningkatkan efisiensi biaya Mengurangi biaya administrasi melalui efektifitas metode manajemen pengarsipan dan distribusi data terpadu Pihak Indofood mengatakan, “iSeries telah berjalan dengan sangat baik, dan kami memilikikemampuan dasar dari OS/400. Oleh karena itu, merupakan pilihan logis jika kami tetap mempertahankan teknologi dari IBM ini. iSeries memberikan virtually trouble-free operation, dan memberikan apapun yang kami butuhkan sesuai dengan kriteria kami yaitu scalability, reliability, dan maintainability.” Manfaat lain dari penerapan ERP System di Indofood Tbk. antara lain : Menyesuaikan minat konsumen Agar mendapatkan efisiensi produksi yang luar biasa dan memaksimalkan pendapatan, Indofood harus dapat jeli melihat keinginan konsumen sebaik mungkin di masa yang akan datang. Indofood dapat menganalisis8|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 9. transaksi data secara mendetail, untuk melihat perubahan pola yangterjadi dalam minat konsumen dan kemudian merespon secara efektif. Informasi penjualan memberikan inputan ke dalam SAP APO d i m a n a i a a k a n memberikan informasi berkala pada produk apa saja yang harus di produksi, berapa jumlahnya dan di pabrik mana akan diproduksi. Integrasi Sistem Hilir Dengan sistem ERP kelas dunia, indofood telah memulai untuk perencanaan kedepan, bertujuan untuk memperluas operasinya sekaligus meningkatkan efisiensi biaya. Salah satu tujuan bisnisnya saat ini adalah untuk mengelompokkan pelanggan-pelanggan dengan lebih akurat, kemudian melayani kelompok sesuai dengan minatnya masing-masing dan akan bekerja lebih erat dengan para distributor hingga pengecer. Ini akan memungkinkan untuk meningkatkan perencanaan kapasitas dan membantu meningkatkan efisiensi serta mengurangi biaya. Sudah jelas bahwa platform komputasi terbuka adalah mutlak diperlukan untuk mendukung integrasi sistem hilir, yang akan memungkinkan interoperabilitas aplikasitermasuk warisan sistem dan aliran data realtime melalui berbagai sistem ERP. Pengarsipan Dokumen Akhirnya Indofood juga melakukan penyederhanaan sistem pengarsipan, dengan menggunakan IBM Content Manager Common Store untuk SAP. Software ini bertindak sebagai pengarsipan manajemen data terpadu dan solusi distribusi, mengintegrasikan dokumen SAP dan non SAP ke arsip tunggal untuk memaksimalkan efisiensi sistem dan mwngurangi biaya administrasi. Dengan menggunakan IBM Content Manager Common Store untuk SAP, perusahaan mampu mengurangi kekbutuhan penyimpanan dokumen, serta tetap mempertahankan kemampuan untuk mengambil dokumen lama seperti laporan pajak tanpa kesulitan.9|Implementasi ERP System di Indofood Tbk.
  • 10. IV. Tantangan yang Dihadapi dalam Implementasi ERP System Investasi ERP sangat mahal Pembangunan sebuah sistem ERP dapat dipastikan memerlukan investasi yang cukup mahal. Penyediaan hardware dan software, terlebih lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk maintenance sistem tersebut. Ini merupakan salah satu tantangan yang harus diperhitungkan oleh perusahaan, mengingat Indofood Tbk. merupakan perusahaan dengan cakupan yang luas di sekitar 14 negara di dunia. ERP yang berhasil digunakan oleh sebuah perusahaan tidak menjadi jaminan berhasil di perusahaan yang lain Keberhasilan implementasi ERP bergantung pada tindakan yang dilakukan oleh perusahaan dalam pelaksanaan sistem ini, bukan dari sistem ERP sendiri. Maka ketika suatu sistem ERP berhasil diimplementasi di suatu perusahaan, belum tentu perusahaan lain akan berhasil juga melaksanakannya. Perencanaan harus dilakukan untuk menyeleksi ERP yg tepat Bahkan dalam beberapa kasus yang ekstrem, evaluasi pilihan ERP menghasilkan rekomendasi untuk tidak membeli ERP, tetapi memperbaiki Business Process yang ada Tidak ada ‘keajaiban’ dalam ERP software. Keuntungan yang didapat dari ERP adalah hasil dari persiapan dan implementasi yang efektif Tidak ada software atau sistem informasi yang bisa menutupi business strategy yang cacat dan business process yang ‘parah’ Pengetahuan tanpa pengalaman menyebabkan orang membuat perencanaan yang terlihat sempurna tetapi kemudian terbukti tidak bisa diimplementasikan Ada struktur proses seleksi yang sebaiknya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam memilih ERP10 | I m p l e m e n t a s i E R P S y s t e m d i I n d o f o o d T b k .
  • 11. Proses seleksi tidak harus selalu rumit agar efektif. Yang penting organized, focused dan simple Proses seleksi ini biasanya berkisar antara 5-6 bulan sejak dimulai hingga penandatanganan order pembelian ERP Waktu dan biaya implementasi yang melebihi anggaran Pre-implementation tidak dilakukan dengan baik Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya Orang-orang tidak disiapkan untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baruV. Kegagalan dalam ERP System a. Kurangnya komitmen top management b. Kurangnya pendefinisian kebutuhan perusahaan (analisis strategi bisnis) c. Cacatnya proses seleksi software (tidak lengkap atau terburu-buru memutuskan) d. Kurangnya sumber daya (manusia, infrastruktur dan modal) e. Kurangnya ‘buy in’ sehingga muncul resistensi untuk berubah dari para karyawan f. Kesalahan penghitungan waktu implementasi g. Tidak cocoknya software dgn business process h. Kurangnya training dan pembelajaran i. Cacatnya project design & management j. Kurangnya komunikasi11 | I m p l e m e n t a s i E R P S y s t e m d i I n d o f o o d T b k .
  • 12. VI. Kesimpulan a. Kegiatan proses yang menggunakan ERP pada PT Indofood dimulai dari Perencanaan dan Kontrol Produksi, melalui kebutuhan peramalan dan inteligensi bisnis, Indofood mempercayakan SAP R/3 sebagai solusi ERP, SAP Advance Plannerand Optimizer (SAP APO) sebagai solusi Supply Chain Management (SCM) danmySAP Business Intelligence dengan SAP Business Information Warehouse (SAPBW). b. PT Indofood memiliki tiga criteria dalam memilih platform ERP, tiga kriteria antara lain reliability, scalability dan kemudahan manajemen c. ERP adalah bagian dari infrastruktur perusahaan, dan sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Semua orang dan bagian yang akan terpengaruh oleh adanya ERP harus terlibat dan memberikan dukungan d. ERP ada untuk mendukung fungsi bisnis dan meningkatkan produktivitas, bukan sebaliknya. Tujuan implementasi ERP adalah untuk meningkatkan daya saing perusahaan e. Pelajari kesuksesan dan kegagalan implementasi ERP, jangan berusaha membuat sendiri praktek implementasi ERP. Ada metodologi tertentu untuk implementasi ERP yang lebih terjamin keberhasilannya12 | I m p l e m e n t a s i E R P S y s t e m d i I n d o f o o d T b k .
  • 13. Daftar Referensi audi48.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2012/09/all.docx http://stillier.blogspot.com/ http://id.wikipedia.org/wiki/Indofood_Sukses_Makmur13 | I m p l e m e n t a s i E R P S y s t e m d i I n d o f o o d T b k .