Your SlideShare is downloading. ×
Iman Kepada Allah SWT
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Iman Kepada Allah SWT

3,099
views

Published on

Published in: Education

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
3,099
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
137
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Oleh : 1. Adhe Mochtar P 2. Ajeng Dyah P 3. Almira Irfani H 4. Alya Miranti PP 5. Aniq Kumala Dewi 6. Annisa Dhea N 7. Wahyu Kumala C
  • 2. Pengertian iman  Pengertian iman dari bahasa Arab yang artinya percaya.  Sedangkan menurut istilah, pengertian iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan).  Dengan demikian, pengertian iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.
  • 3. Iman kepada Allah SWT Iman kepada Qada dan Qadar Iman kepada hari kiamat Rukun Iman Iman kepada rasul-rasul Allah SWT Iman kepada malaikatmalaikat Allah SWT Iman kepada kitab-kitab Allah SWT
  • 4. Dalil adalah keterangan yg dijadikan bukti atau alasan suatu kebenaran (terutama berdasarkan ayat Alquran).  Macam-macam dalil : 1. Dalil Qoth’i yaitu dalil yang diambil dari Al- Quran atau Hadits dan disebut juga dalil naqli. 2. Dalil Aqli yaitu diambil dari akal pikiran atau pendapat akal. 3. Dalil ‘Adi yaitu dalil yang bersumber dari adat kebiasaan, sesuatu yang terjadi karena kebiasaan berulang. 
  • 5. 1. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang pertama Adalah WUJUD  Wujud artinya “ada” , maka mustahil Allah bersifat “tiada”.  Al-Qur’an ( Qs As-Sajadah : 4 )   Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy. tidak ada bagi kamu selain dari padanya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at. Maka Apakah kamu tidak memperhatikan?”
  • 6. 2. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang kedua Adalah QIDAM  Qidam berarti dahulu atau awal. Sifat Allah ini menandakan bahwa Allah swt sebagai Pencipta lebih dulu ada daripada semesta alam dan isinya yang Ia ciptakan.   “Dialah yang Awal dan yang Akhir, yang Zhahir dan yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu“ (QS. Al-Hadid :3) 3. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ketiga Adalah BAQA’  Sifat Allah Baqa’ yaitu kekal. Manusia, hewan ,tumbuhan, dan makhluk lainnya selain Allah akan mati
  • 7. • “Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Wajah Rabb-mu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan“ (QS. Ar-Rahman :26-27) 4. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang keempat Adalah MUKHOLAFATUHU LIL HAWADITSI • Sifat Allah ini artinya adalah Allah berbeda dengan ciptaanNya. Itulah keistimewaan dan Keagungan Allah swt. • ( ) ... • “...Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat“ (QS. Asy-Syura :11)
  • 8. 5. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang kelima Adalah QIYAMUHU BINAFSIHI   Sifat Allah selanjutnya yaitu Qiyamuhu binafsihi, yang artinya Allah berdiri sendiri. Allah menciptakan alam semesta, membuat takdir, menghadirkan surga dan neraka, dan lain sebagainya, tanpa bantuan makhluk apapun. Berbeda dengan manusia yang sangat lemah, pastinya membutuhkan satu sama lain.  “ALLAH, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya“ (QS. AliImran :2)
  • 9. 6. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang keenam Adalah WAHDANIYYAH • Sifat Allah Wahdaniyyah yaitu esa atau tunggal. Hal ini sesuai dengan kalimat syahadat, Asyhadu alaa ilaa ha illallah, Tiada Tuhan selain Allah. • • “Sekiranya ada di langit dan di bumi ilah-ilah selain ALLAH, tentulah keduanya itu sudah rusak binasa. Maka Maha Suci ALLAH yang mempunyai Arsy daripada apa yang mereka sifatkan“ (QS. Al-Anbiya :22) 7. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ketujuh Adalah QUDRAT • Qudrat adalah berkuasa. Sifat Allah ini berarti Allah berkuasa atas segala yang ada atau yang telah Ia ciptakan. Kekuasaan Allah sangat berbeda dengan kekuasaan manusia di dunia.
  • 10.  “Sesungguhnya ALLAH berkuasa segala sesuatu“ (QS. Al-Baqarah :20) ... atas 8. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang kedelapan Adalah IRADAT  Iradat berarti berkehendak. Sifat Allah ini menandakan bahwa Allah swt memiliki kehendak atas semua ciptaanNya.  ...  “Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.” (QS. Al Hajj :14)
  • 11. 9. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang kesembilan Adalah ILMU  Ilmu artinya mengetahui. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, meskipun pada hal yang tidak terlihat. Tiada yang luput dari penglihatan Allah.  ...  “ ... dan sesungguhnya Allah,ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.” ( QS. At Talaaq : 12) 10. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang kesepuluh Adalah HAYAT  Sifat Allah Hayat atau Hidup. Namun hidupnya Allah tidak seperti manusia, karena Allah yang menghidupkan manusia. Manusia bisa mati, Allah tidak mati, Ia akan hidup terus selama-lamanya.
  • 12. “Dan bertawakkallah kepada Allah Yang Hidup(Kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah denganmemuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahuidosa-dosa hamba-hamba-Nya,” ( QS. Al Furqan : 58 ) 11. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang kesebelas Adalah SAMA’  Sifat Allah Sama’ atau mendengar. Allah selalu mendengar semua hal yang diucapkan manusia, meskipun ia berbicara dengan halusnya atau tidak terdengar sama sekali.
  • 13. 12. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang keduabelas adalah BASAR  Basar artinya melihat. Penglihatan Allah juga tidak terbatas. Ia dapat melihat semua yang kita lakukan meskipun kita melakukan sesuatu secara sembunyisembunyi. Allah mampu melihat, naik yang besar maupun yang kecil, yang nyata maupun kasat mata. Sifat Allah ini menandakan bahwa Allah Maha Sempurna.
  • 14. 13. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ke tiga belas adalah KALAM Kalam artinya berfirman. Sifat Allah ini dapat kita lihat dengan adanya Al Quran sebagai petunjuk yang benar bagi manusia di dunia. Al Quran merupakan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw
  • 15. 14. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ke empat belas adalah QADIRUN  Sifat Allah ini berarti Allah adalah Dzat yang Maha Berkuasa.  Allah tidak lemah, Ia berkuasa penuh atas seluruh makhluk dan ciptaanNya. 15. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ke lima belas adalah MURIDAN  Allah memiliki sifat Muridan, yaitu sebagai Dzat Yang Maha Berkehendak.  Ia berkehendak atas nasib dan takdir manusia.
  • 16. 16. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ke enam belas adalah ‘ALIMUN  Sifat Allah ‘Alimun, yaitu Dzat Yang Maha Mengetahui. Allah mengetahui segala hal yang telah terjadi maupun yang belum terjadi.  Allah pun dapat mengetahui isi hati dan pikiran manusia. 17. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ke tujuh belas adalah HAYYUN  Allah adalah Dzat Yang Hidup.  Allah tidak akan pernah mati, tidak akan pernah tidur ataupun lengah.
  • 17. 18. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ke delapan belas adalah SAMI’UN  Allah adalah Dzat Yang Maha Mendengar.  Allah selalu mendengar pembicaraan manusia, permintaan atau doa hambaNya. 19. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ke sembilan belas adalah BASIRUN  Allah adalah Dzat Yang Maha Melihat. Sifat Allah ini tidak terbatas seperti halnya penglihatan manusia.  Allah selalu melihat gerak-gerik kita. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu berbuat baik.
  • 18. 20. Sifat Wajib bagi Allah SWT yang ke dua puluh adalah MUTAKALLIMAN.  Sifat Allah ini berarti Yang Berbicara. Allah tidak bisu, Ia berbicara atau berfirman melalui ayat-ayat Al Quran.  Bila Al Quran menjadi pedoman hidup kita, maka kita telah patuh dan tunduk terhadap Allah swt.
  • 19. Dari Sifat Wajib yang 20 Terbagi Menjadi 4 Sifat  Sifat Nafsiyah : tentang kehadiran Allah Wujud  Sifat Salbiyah : tentang perbuatan, dimana sifat ini hanya dimiliki Allah Qidam Baqa’ Mukhalafatuhu lilhawaditsi Qiyamuhu binafsihi Wahdaniyah Qudrat
  • 20.  Sifat Ma’ani : tentang perbuatan, sifat yang juga dimiliki makhluk terutama manusia Qudrat Irodat Ilmu Hayat Sama’ Basar Kalam  Sifat Ma’nawiyah : tentang hal adanya tergantung dengan perbuatan, (sifat Allah mutlak, sifat manusia terbatas). Qadiran Muridan ‘aliman Hayyan Sami’an Basiran Mutakaliman
  • 21. Menurut pengertian bahasa asmaul husna artinya nama-nama yang baik yang dimiliki oleh Allah. Menurut ilmu Tauhid sesuai dengan surat Al-Isra ayat 110
  • 22. 1. Al-’Adlu Allah SWT adalah maha adil terhadap makhluk-Nya. Firman Allah SWT: 2. Al-Ghoffaru Artinya pengampun, maghfiroh (ampunan) Allah maha pengampun kepada makhluk-Nya, pintu maghfirroh selalu terbuka bagi hamba-Nya yang memohon. Firman Allah SWT :
  • 23. 3. Al-Hakiim Artinya bijaksana. Kebijaksaan Allah tidak bergantung dan terbatas kepada manusia namun mencakup seluruh mahkluk-Nya didunia. Firman Allah SWT :
  • 24. Fungsi Iman 1.Menyadari kelemahan dirinya dihadapan Allah Yang Maha Besar sehingga ia tidak mau bersikap dan berlaku sombong atau takabur serta menghina orang lain. 2.Menyadari bahwa segala yang dinikmatinya berasal dari Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, ia akan menjadi orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. 3.Merasa bahwa segala tindakannya selalu dilihat oleh Allah yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat. Ia akan berusaha meninggalkan perbuatan yang buruk karena dalam dirinya sudah tertanam rasa malu berbuat salah. Ia menyadari bahwa sekalipun tidak ada orang yang melihatnya namun