Your SlideShare is downloading. ×
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Siroh
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
910
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
56
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. SIROH KELAS XI SMAIT NURUL FIKRI
  • 2. Sikap dan Langkah Baru yang dilakukan Rasulullah 1. Dampak perjanjian Hudaibiyah masih bergelora/terasa didalam hati sanubari kaum musliminBAB VIII 2. Munculnya ide untuk menguatkan ketabahan dan keteguhan hati para sahabatnya untuk menyebarkan dakwah kepada segenap umat dari segala bangsa 3. Rasulullah mengumpulkan sahabatnya agar mendapat dukungan menjalankan idenya.
  • 3. Surat dakwah kepada beberapa Raja dan Amir No Utusan Tujuan Kepala Negara 1 Amir bin Umaiyyah Abyssinia Najasy 2 Al Ala bin Al Hadrami Bahrain Al Mundhir bin SawaBAB VIII 3 Abdullah bin Hudhafah Al Madain Kisra Arbawaiz dari Persia 4 Dihyah Al Kalbi Jerusalem Hiraklius, Kaisar dari Roma 5 Hatib bin Abi Balta’ah Alexandria Al Muqauqis, Penguasa Mesir 6 Amr bin Al Ash Oman Jayfar dan Abd, putra dari Al Julandi 7 Sulait bin Amr Yamamah Hawdhah bin Ali 8 Shuja’ bin Wahb Damascus Al Harith bin Abi Shamr Al Gassani
  • 4. Contoh Surat Dakwah Rasulullah kepada beberapa rajaDengan nama Allah Yang Maha Dengan nama Allah Yang MahaPengasih lagi Maha Penyayang. Pengasih lagi Maha Penyayang.Dari Muhammad Hamba Allah dan Dari Muhammad utusan Allah kepadaPesuruhnya. Kisra, Pembesar Negara Persia.Kepada Heraklius pembesar Negara Kesejahteraan semoga atas orangRum yang mengikuti petunjuk yang benar,Kesejahteraan semoga atas orang yang beriman kepada Allah dan Rasulyang mengikuti petunjuk yang benar. Nya, yang telah menyaksikan bahwaSesungguhnya, aku mengajak tidak ada Tuhan melainkan Allahengkau kepada islam. Maka, sendiri-Nya, tidak ada sekutu bagimasuklah engkau kedalam Islam Nya, dan Muhammad itu hamba Allahagar engkau selamat. Islamlah dan pesuruh-Nya. Aku berseru kepadaengkau, Allah akan memberi pahala engkau dengan seruan Allahkepada engklau dua kali lipat. Jika YangMahagagah dan Mahatinggi.engkau berpaling, tidak mau Islamlah engkau agar selamat. Jika engkaumengikuti Islam, sesungguhnya atas menolak sesungguhnya atas (pundak)engkaulah dosa-dosa segenap rakyat engkaulah dosa orang Majusi Heraklius Kisra Abrawaiz Kaisar Romawi Persia
  • 5. Sikap Para penguasa terhadap surat-surat Dakwah Rasulullah No Tujuan Kepala Negara Keterangan 1 Abyssinia Najasy Memeluk Islam 2 Bahrain Al Mundhir bin Sawa Membalas surat Rasulullah dengan baikBAB VIII 3 Al Madain Kisra dari Persia Merobek-robek 4 Jerusalem Hiraklius, Kaisar dari Melakukan penyidikan dengan Roma mewawancarai Abu Sufyan, (respek terhadap Islam) 5 Alexandria Al Muqauqis, Penguasa Menyambut dengan baik dan mengirim Mesir dua budak untuk Rasulullah (Mariah Qibtiyah) 6 Oman Jayfar dan Abd, putra Membalas surat dengan kasar dari Al Julandi 7 Yamamah Hawdhah bin Ali Bersedia masuk Islam asal diangkat menjadi gubenur 8 Damascus Al Harith bin Abi Shamr Menolak Al Gassani
  • 6. Turunnya ayat tentang Khamar Umar bin Khattab bertanya kepada Rasulullah, tentang hukum minum khamar, maka Allah menurunkan surat Al Baqarah ayat 219. Allah belum menegaskan tentang dilarangnya meminum khamar bagiBAB VIII orang Islam. Mereka bertanya kepadamu tentang khamar[136] dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya".
  • 7. Turunnya ayat tentang Khamar Abdurahman bin Auf mengadakan perjamuan dengan memanggil sahabat yang lain, dalam perjamuan itu disediakan minuman keras. Kaum muslimin yang ikut minum menjadi mabuk sampai menjelang waktu maghrib, kemudian mereka shalat dalam keadaan mabuk.BAB VIII Kemudian turun wahyu kepada Rasulullah, surat An Nisaa ayat 43 Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam Keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan,
  • 8. Turunnya ayat yang melarang KhamarTerjadinya perkelahian yang dimulai dari saling mengejek antara satu denganlainnya dan mereka dalam kondisi mabuk setelah menghadiri jamuan walimahsahabat Atban bin Malik. Sahabat yang bernama Sa’ad bin Abi Waqqash terlukaparah karena mendapat tamparan dari tulang kaki unta. Umar yang mengetahuibahwa penyebab peristiwa tersebut karena mereka mabuk, ia berdoa. “Ya Allah,berilah keterangan kepada kami tentang arak dengan keterangan yangmemuaskan. Ketika itu Allah menurunkan wahyu surat Al Maidah ayat 90-91Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala,mengundi nasib dengan panah[434], adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendakmenimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu,dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; Maka berhentilah kamu (darimengerjakan pekerjaan itu).
  • 9. Awalnya terjadi peristiwa ZiharZihar adalah Suatu perbuatan yang dilakukanseorang lelaki terhadap istrinya, yakni seoranglelaki berkata kepada isterinya sendiri,”Kamubagiku seperti punggung ibuku.” (bahwa isterinyaitu haram baginya seperti haramnya ibu baginyauntuk dinikahi).Terjadi pada seorang sahabat dari golonganAnshar yang bernama Aus bin Shamit yangmelakukan zihar kepada isterinya (Khaulah bintiTsa’labah)Maka Khaulah mengadukan hal tersebut kepadaRasulullah, maka turun surat Al Mujadilah ayat 1-4.
  • 10. 1. Sesungguhnya Allah telah mendengar Perkataan wanita yangmengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan(halnya) kepada Allah. dan Allah mendengar soal jawab antara kamuberdua. Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha melihat [1461].2. Orang-orang yang menzhihar isterinya di antara kamu, (menganggapisterinya sebagai ibunya, padahal) Tiadalah isteri mereka itu ibu mereka.ibu-ibu mereka tidak lain hanyalah wanita yang melahirkan mereka. danSesungguhnya mereka sungguh-sungguh mengucapkan suatu Perkataanmungkar dan dusta. dan Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi MahaPengampun.3. Orang-orang yang menzhihar isteri mereka, kemudian mereka hendakmenarik kembali apa yang mereka ucapkan, Maka (wajib atasnya)memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami isteri itu bercampur.Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, dan Allah Maha mengetahuiapa yang kamu kerjakan.4. Barangsiapa yang tidak mendapatkan (budak), Maka (wajib atasnya)berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Makasiapa yang tidak Kuasa (wajiblah atasnya) memberi Makan enam puluhorang miskin. Demikianlah supaya kamu beriman kepada Allah danRasul-Nya. dan Itulah hukum-hukum Allah, dan bagi orang kafir adasiksaan yang sangat pedih.
  • 11. Hikmah bagi kaum muslimin1. Periode dakwah dari hijrah sampai perjanjianhudaibiyah adalah periode defensif.2. Memulai dengan periode baru, yaitu;memerangi orang-orang yang telahmendapatkan dakwah tetapi tidak maumengimani dan tunduk kepadanya.3. Dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah untukumat manusia, bukan untuk Jazirah Arab saja.4. Model dakwah yang dilakukan Rasulullahmenunjukan ada skala perioritas dalammenentukan tahapan dakwah.5. Perlunya mengusai bahasa untuk dapatmemperkenalkan Islam.

×