• Save
Masa jepang di Indonesia 1942-1945
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Masa jepang di Indonesia 1942-1945

on

  • 7,039 views

 

Statistics

Views

Total Views
7,039
Views on SlideShare
7,039
Embed Views
0

Actions

Likes
8
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Masa jepang di Indonesia 1942-1945 Masa jepang di Indonesia 1942-1945 Presentation Transcript

  • LAHIRNYA ORGANISASI SOSIAL-POLITIKLEGAL MAUPUN ILEGAL, SEMI MILITER DANMILITERMASA PENJAJAHAN JEPANG
  • Pasca berakhirnya kekuasaan Belanda diIndonesia yang menyerah tanpa syaratkepada pemerintahan Jepang di Kalijati8 Maret 1942, ketika surat pernyataanpenyerahan ditandatangani kedua belahpihakakibat yang cukup membuat bangsaIndonesia memakan “buah simalakama”.Ibaratkan juga “keluar dari sarangmacan, masuk ke sarang singa”. Lepasdari jajahan Belanda, masuk ke dalam
  • PERMASALAHAN Bagaimana awal masuknya dan tujuanJepang ke Indonesia? Bagaimana lahirnya organisasi sosial-politik,militer yang bersifat ilegal, maupun ilegal? Bagaimana lahirnya organisasi yang bersifatmiliter dan semi militer?
  • KRONOLOGI KEDATANGAN JEPANGPendudukan Jepang di Indonesia diawali dikota Tarakan pada 10 Januari 1942.Selanjutnya, Minahasa, Balik papan, Ambon,Pontianak, Makasar, Banjarmasin,Palembang, dan Bali yang berhasil didudukitentara Jepang selama Januari-Februari1942.Kota Jakarta berhasil diduduki pada 5 Maret1942.Pada 8 Maret 1942 Belanda menyerah atasJepang.
  • PEMBAGIAN WILAYA INDONESIA MASAPENJAJAHAN JEPANG Wilayah I, meliputi P. Jawa dan Madura denganpusat komando pertahanan di Batavia dipimpinoleh ke-16 AD Wilayah II, meliputi P. Sumatera dan Kepulauandi sekitarnya dengan pusat komandopertahanan di bukit tinggi dipimpin oleh tentarake-25 AD. Wilayah III, meliputi p.Kalimantan, sulawesi, sulawesi, maluku, balidan nusa tenggara dengan pusat komandopertahanan di makasar dipimpin oleh ArmadaSelatan ke-2 Al di Makassar.
  • MANFAAT INDONESIA BAGI JEPANG Menjadikan Indonesia sebagai daerah penghasildan penyuplai bahan mentah dan bahan bakerbagi kepentingan industri Jepang. Menjadikan Indonesia sebagai tempatpemasaran hasil industri Jepang. Indonesiadijadikan tempat pemasaran hasil industriJepang karena jumlah penduduk Indonesiasangat banyak. Menjadikan Indonesia sebagai tempat untukmendapatkan tenaga buruh yang banyakdengan upah yang relatif murah
  • JEPANG MENARIK SIMPATIK RAKYAT INDONESIA Gerakan Tiga A Pusat Tenaga Rakyat (Putera) Cholo Sangi In (Badang PertimbanganPusat) Jawa Kokokai
  • Lahirnya organisasi sosial-politik, militerlegal maupun ilegalPERGERAKAN MASSA DANPERLAWANAN TERHADAP JEPANG
  • PERGERAKAN MASSA DAN PERLAWANANTERHADAP JEPANGAda dua strategi yang digunakan parapejuang Indonesia dalam menghadapipemerintah penduduk Jepang, yakni :1. Kooperatif (legal): Perjuangan MelaluiOrganisasi Bikinan Jepang (PETA,barisanpelopor), MIAI.2. Non kooperatif penduduk strategi nonkooperatif (ilegal): gerakan kelompok SutanSyahrir, Amir Syarifudin, pemuda mentengdll.
  • WAJIB MILITER BUATAN JEPANG Seinendan (Barisan Pemuda) dibentuk tanggal 9Maret 1943 bertugas sebagai tentara melawansekutu. Keibodan (Barisan pembantu polisi) dibentuk padatanggal 29 April 1943 bertugas menjaga keamanandesa. Fujinkai (Barisan wanita) dibentuk agustus 1943bertugas sebagai anggota palang merah dan sebagaiwanita penghibur. Jawa Hokokai (Pehimpunan kebaktian Raya Jawa)dikebumikan 1 maret 1944. Suishintai (Barisan Pelopor) Heiho (Pembantu Prajurit Jepang) Peta (Pembela Tanah Air)
  • Wassalamualaikum Wr. Wb