Your SlideShare is downloading. ×
Pipi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Pipi

236
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
236
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
14
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PIPI ANDRIANI F1C112014 PERBEDAAN BLOGSPOT DAN WORDPRESS
  • 2.  Perbedaan antara wordpress dan blogspot adalah blogspot memiliki satu kelebihan yang dimana ia mempunyai support untuk pemasangan iklan Adsense namun tidak dengan wordpress yang perlu melakukan beberapa langkah lebih lanjut dalam pemasangan adsensenya, bahkan blogspot menyediakan sebuah widged khusus untuk menggunakan Adsense (note: untuk iklan yang akan tampil dalam blog berbahasa indonesia adalah iklan dari PSA). Namun pertanyaannya apakah hanya itu saja? come on itu hanya sebagian kecil saja dariperbedaan antara wordpress dan blogspot, pelajari lgi yuk,,, because it’s work for u letter^^  Di zaman berteknologi yang serba canggih seperti sekarang ini, untuk mempunyai sebuah website/Blog tidaklah sulit, banyak cara instant untuk memulai membuat suatu website/Blog, baik anda bisa mengunakan software-software gratisan yang bisa Anda download melalui internet ini, sepertiBlogger, WordPress dan Joomla, ataupun menggunakan jasa pembuat blog(note: klo yang ini bayarannya cukup besar).  Dari beberapa software instant di atas, tentunya akan ada perbedaan yang menjadikan kita(user) untuk menimbang dan memilih software/layanan mana yang tepat kita gunakan untuk membuat sebuah web/blog, nah maka dari itu mari kita simak perbedaan-perbedaan antara Blogger dan WordPress secara umum.
  • 3. 10 Keunggulan Blogspot / Blogger  1. User friendly blogspot memiliki fitur yang paling mudah di gunakan terutama untuk pemula. 2. SEO friendly walaupun hampir semua orang mengatakan wordpress lebih seo friendly. Namun blogger juga sudah seo friendly tanpa kita membuat perubahan pun.Jadi masih sangat sesuai buat blogger pemula yang belum mengerti bahasa pemrograman 3. Aman dan jarang eror  Blogspot memiliki fasilitas unimited bandwidth yang artinya berapapunjumlah pengunjung yang mengunjungi blog, kita akan aman-aman saja tidak akan di pusingkan dengan tagihan atau pageload yang menuun kecepatannya. Namun ini akan lain jika kita mengunakan domain dan hosting sendiri, biasanyamenjadi masalah serius (crash) saat kuata bandwidth blog kita habis. kalau dipikir pikir kayaknya memakai blogspot akan aman-aman saja,karena blogspot di miliki oleh google. Sebagai portal terbesar dunia kayaknya google bakal selalu memberi kualitas yang terbaik kepada pengguna, jadi tak perlu kawatir. 4. Kemudahan posting  blogger menyediakan fasilitas posting yang mudah baik secara langsung,lewat e mail ataupun yang terbaru lewat sms  5. Bisa megunakan javascrib  Yang ini nih penting bagi kita-kita yang pengin nyari uang tambahan didunia maya alias internet.
  • 4.  6. Kode HTML/source code-nya Terbuka  Dengan demikian kita lebih leluasa untuk memodifikasi tampilan blog sesuka hati.  7. Pilihan Template bermacam-macam  Koleksi template ada banyak pilihan, dimana kita bisa langsung pakai dan bisa pula memodifikasinya sendiri tanpa harus mempelajari HTML, Blogger/ blogspot juga mengizinkan pengeditan kode HTML blog kapanpun.  8. Warna dan font kustom yang bervariasi  Kita bisa dengan leluasa mengkustomisasi template yang telah kita ambil secara Cuma-Cuma di koleksinya blogger, kita bisa menganti warna dan huruf sesuai dengan keinginan kita.  9. Seret dan jatuhkan elemen laman  Dengan Sistem sederhana seret dan jatuhkan ini mempermudah kita untuk meletakan komponen halaman seperti posting, profil, arsip dan bagian lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan kita.  10. Bisa ditukar ke domain sendiri  Kita bisa menukar dari domainmu.Blogspot.com ke domainmu.Com kapan saja, cukup dengan beberapa settingan ringan. Jika nanti kita memutuskan untuk mengubah alamat domain, Anda tidak perlu kawatir akan kehilangan pelanggan atau pengunjung situs anda sebelumnya, sebab visitor yang mengunjungi url lama secara otomatis akan di redirect ke domain baru kita. Dengan fasilitas ini, kita hanya perlu membayar nama domain saja, sedangkan untuk biaya hosting adalah gratis (ditanggung Blogger). Kalo kang salman sendiri belum kepikiran berganti domain, soalnya masih cinta dengan domain blogspot.com
  • 5. KEKURANGAN BLOGGER 1. Tampilan dashbor sangat sederhana 2. Template bawaan sangat sedikit 3. Tidak ada tombol reply bawaan pada komentar (sehingga harus edit CSS atau HTML) 4. Tidak ada tags (keyword) (Sehingga harus menambahkannya pada HTML atau CSS) 5. Dibuka di Hp terkadang sulit
  • 6. KEUNGGULAN WORDPRESS  1. Bersifat bebas ( free/gratis ) karena dilisensikan di bawah lisensi GPL (GNU Public Licence). 2. Dapat digunakan secara offline ( tanpa konrksi internet ) menggunakan web server yang di instal secara lokal. 3. Dapat di instal pada web hosting yang mendukung penggunaa PHP dan MySQL. Versi PHP yang digunakan minimal adalah versi 4.2 dan versi MySQL minimal adalah 3.23.x. 4. Mudah dikustomisasi. 5. Meneyediakan banyak theme dan plugin. 6. Mendukung proses pembuatan kategori dan subkategori yang tidak terbatas. 7. Dapat melakukan sindikasi otomatis dengan bantuan RSS dan Atom. 8. Menggunakan interface XML ROC (Remote Procedure Call) untuk proses trackback dan remote posting. 9. Dapat diintegrasikan dengan posting melalui email. 10. Support terhadap plugin dan theme (pengaturan skin pada blog).
  • 7. 11. Mempunyai kemampuan untuk mengimpor data dari MovableType, TextPattern, grayMetter, b2evolution dan Blogger yang merupakan kelebihan utama WordPress. Pemakai WordPress juga dapat membuckup semua posting untuk kepentingan keamanan dan menguploadnya kembali secara mudah. 12. Mendukung dokumen dengan berbagai jenis ekstansi dan mempunyai API (Application Program Interface) untuk meningkatkan kemapuan WordPress. 13. Sangat mudah untuk melakukan proses administrasi dan perawatan tanpa harus memiliki pengalaman dalam nge-Blog. 14. Fasilitas searching yang nyaman. 15. Proses publish konten secara instan. 16. Mendukung multi bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. 17. Mempunyai susunan panel administrasi yang terbaik dengan segudang fiturnya. 18. Link manager untuk mempermudah proses pembuatan link dengan blog atau situs lain.
  • 8. KELEMAHAN WORDPRESS Pertama: Tidak bisa mengatur halaman hosting Karena wordpress.com adalah blog gratisan yang sudah menyediakan layanan hosting yang juga gratis, maka anda tidak bisa mengakses panel hostingnya. Bagaimana penagaturan dan sistem databasenya tidak akan bisa anda lihat apalagi pelajari. Jika anda ingin membuat script PHP sendiri untuk membuat form-form tertentu, jelas tidak bisa. Misalnya menjadikan blog anda sebagai blog forum, situs member, dan sejenisnya tidak bisa. Singkatnya, keleluasaan anda untuk mengoptimalkan blog seperti blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri yang berbayar tidak akan bisa. Kedua: Konten atau blog tidak mutlak milik sendiri Karena hostingnya bukan milik anda, maka semua konten dan status kepemilikan blog anda hanya bersifat semu, sama dengan engine blog-blog gratisan lainnya (blogger.com dan multiply misalnya). Anda sebenarnya hanya sebagai pengguna. Bukan pemilik mutlak atas blog anda. Karena jika sewaktu- waktu ada kebijakan dari pihak wordpress.com, misalnya menghapus konten blog anda, atau meniadakan layanan blog gratisan mereka, maka anda tidak bisa berbuat apa-apa, meskipun sejauh ini hal itu belum terjadi. Berbeda dengan jika anda menggunakan blog wordpress dengan hosting sendiri, dimana andalah pemilik dan penguasa mutlak atas blog anda sendiri.
  • 9. Ketiga: Tidak leluasa untuk menata tampilan blog Halaman CSS (cascading style sheet) adalah halaman yang sangat penting untuk mengatur script HTML untuk menata tampilan blog. Dengan CSS itulah kita akan leluasa untuk mengutak-atiknya. Tapi pada wordpress.com fasilitas ini tidak disediakan secara gratis. Anda baru bisa menggunakannya dengan membayar. Sedangkan fitur template untuk mengatur tampilan sangat terbatas. Hanya template-template tertentu dari pihak ketiga yang sudah menyediakan fiturnya. Dan biasanya hanya bisa mengganti header dan sidebar. Setidaknya itulah yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya pribadi. Keempat: Tidak bisa menggunakan plugin Plugin wordpress adalah sejenis aplikasi tampahan yang sangat berguna untuk mengoptimalkan fungsi blog wordpress. Dan jumlahnya sangat banyak, sudah mencapai belasan ribu saat saya menulis postingan ini. Tapi tidak tersedia untuk blog yang menggunakan blog wordpress.com. Kecuali jika anda menggunakan blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri (berbayar) baru bisa menggunakan semua plugin tersebut. Kelima: Tidak menerima script iklan bisnis google adsense Sudah lazim dalam dunia blogging bahwa banyak blogger akhirnya menjadikan blog sebagai mesin bisnis. Baik blog gratisan apalagi yang berbayar. Dan kebanyakan bisnis internet dengan blog biasanya menggunakan bisnis melalui iklan. Nah, salah satu bisnis iklan (PPC = Pay Par Klik) yang paling popular di dunia adalah bisnis Google adsense, dimana untuk menampilkan iklannya harus menggunakan script atau bahasa kode. Tapi hingga tulisan ini saya luncurkan, setahu saya wordpress.com tidak bisa menerimannya. Begitu juga dengan script-script iklan tertentu. Berbeda dengan blogger.com yang memang milik google justru langsung built in untuk bisnis google adsense.

×