Your SlideShare is downloading. ×
0
Dari Sabang Sampai Marauke
Tahukah kamu bahwa wilayah indonesia mengalami
perkembangan dari masa ke masa ?
PERKEMBANGAN PROVINSI INDONESIA
Provinsi adalah nama sebuah pembagian wilayah administratif di
bawah wilayah nasional.
Dal...
Pada tahun 1945–1949 Indonesia mengalami perkembangan wilayah. Hal ini
disebabkan masuknya kembali Belanda untuk menguasai...
5. Pada tahun 1960 Provinsi Sulawesi dipecah menjadi Provinsi Sulawesi Utara
dan Selatan.
6. Pada tahun 1963 PBB menyerahk...
namun perkembangan terbaru dan terkini kalau di Kalimantan atau pulau
Borneo telah lahir propinsi baru yaitu Kalimantan Ut...
Tugas !
Menentukan letak 33 provinsi di Indonesia.
Perkembangan Provinsi di Indonesia
Perkembangan Provinsi di Indonesia
Perkembangan Provinsi di Indonesia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Perkembangan Provinsi di Indonesia

810

Published on

Slide tentang Materi Perkembangan Provinsi di Indonesia pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VI SD

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
810
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
24
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Perkembangan Provinsi di Indonesia"

  1. 1. Dari Sabang Sampai Marauke
  2. 2. Tahukah kamu bahwa wilayah indonesia mengalami perkembangan dari masa ke masa ?
  3. 3. PERKEMBANGAN PROVINSI INDONESIA Provinsi adalah nama sebuah pembagian wilayah administratif di bawah wilayah nasional. Dalam pembagian administratif, Indonesia terdiri atas provinsi, yang dikepalai oleh seorang gubernur. Masing-masing provinsi dibagi atas kabupaten dan kota. Saat ini di Indonesia terdapat 34 provinsi. Sebelum tahun 2000 Indonesia memiliki 27 provinsi. Namun setelah pada masa Reformasi, banyak provinsi yang dimekarkan menjadi dua bagian yang rata-rata provinsi dengan luas daerah yang cukup besar. Pemekaran yang dilakukan dimaksud agar mendapatkan efisiensi dalam penerapan pemerataan pembangunan.
  4. 4. Pada tahun 1945–1949 Indonesia mengalami perkembangan wilayah. Hal ini disebabkan masuknya kembali Belanda untuk menguasai Indonesia. Berdasarkan hasil Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda tahun 1949, Belanda mengakui Indonesia dalam bentuk serikat. Pada saat itu Indonesia terdiri atas lima belas negara bagian. Republik Indonesia adalah bagian dari Republik Indonesia Serikat. Pada tahun 1950 kita kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada kurun waktu 1950–1966 di Indonesia telah terjadi pemekaran beberapa provinsi sebagai berikut: 1. Pada tahun 1950 Provinsi Sumatra dipecah menjadi Provinsi Sumatra Utara, Sumatra Tengah, dan Sumatra Selatan. Pada tahun ini Yogyakarta mendapatkan status daerah istimewa. 2. Pada tahun 1956 Provinsi Kalimantan dipecah menjadi Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. 3. Pada tahun 1957 Provinsi Sumatra Tengah dipecah menjadi Provinsi Jambi, Riau, dan Sumatra Barat. Pada tahun ini Jakarta mendapatkan status sebagai daerah khusus ibu kota. Selain itu, Aceh menjadi provinsi tersendiri lepas dari Sumatra Utara. 4. Pada tahun 1959 Provinsi Sunda kecil dipecah menjadi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Pada tahun ini juga dibentuk Provinsi Kalimantan Tengah dari Kalimantan Selatan.
  5. 5. 5. Pada tahun 1960 Provinsi Sulawesi dipecah menjadi Provinsi Sulawesi Utara dan Selatan. 6. Pada tahun 1963 PBB menyerahkan Irian Barat ke Indonesia. 7. Pada tahun 1964 dibentuk Provinsi Lampung dari pemekaran Provinsi Sumatra Selatan. Selain itu, dibentuk pula Provinsi Sulawesi Tengah (pemekaran dari Sulawesi Utara) dan Provinsi Sulawesi Tenggara (pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan). Jumlah provinsi di Indonesia bertambah ketika Irian Barat resmi kembali menjadi bagian dari NKRI pada tanggal 19 November 1969 dan menjadi provinsi ke-26. Irian Barat kemudian namanya berubah menjadi Irian Jaya. Selanjutnya, Timor Timur berintegrasi atau bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tanggal 17 Juli 1976. Timor Timur menjadi provinsi ke-27. Pada tanggal 19 Oktober 1999 Timor Timur melepas-kan diri dari NKRI. Timor Timur menjadi negara baru, yaitu Timor Leste.
  6. 6. namun perkembangan terbaru dan terkini kalau di Kalimantan atau pulau Borneo telah lahir propinsi baru yaitu Kalimantan Utara. ini menjadi provinsi ke- 34 di Indonesia.
  7. 7. Tugas ! Menentukan letak 33 provinsi di Indonesia.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×