Your SlideShare is downloading. ×
1110651070
1110651070
1110651070
1110651070
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

1110651070

36

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
36
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Apakah itu Web 3.0 ? Menurut John Markoff (2006), akan muncul sebuah web masa hadapan yang mempunyai perkembangan teknologi web yang lebih maju dan canggih jika dibandingkan dengan web2.0. Web ini dikenali sebagai web 3.0. Web 3.0 berkonsepkan “smart internet experience atau intelligent internet experience”. Berdasarkan Rajah 1: Era perkembangan web, Web 3.0 berlaku di antara tahun 2010 ke 2030. Komponen yang paling utama dalam Web 3.0 adalah Semantik Web. Web 3.0 adalah sebagai sebuah mesin untuk membaca halaman-halaman Web generasi ketiga dari layanan internet dengan tujuan mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini. Web 3.0 berkaitan dengan konsep Web Semantik yang dilayari website yang tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang boleh di akses oleh berbagai software. Web 3.0 adalah dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Pengguna boleh memohon Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusahsusah mencari satu per satu dalam carian Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta. Web 3.0 menawarkan metod yang efisen dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 juga memungkinkan Web menjadi sebuah bahan untuk penyimpanan data dengan kapasiti yang sangat besar. Web 3.0 sendiri terdiri dari Web semantik, Format mikro, pencarian dalam bahasa pengguna, penyimpanan data dalam jumlah besar, pembelajaran melalui mesin, agen rekomen, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web. Web 3.0 juga memiliki beberapa standard pengoperasian yang boleh menjalankan fungsinya dalam menampung metadata.
  • 2. Beberapa ciri khas web 3.0  Tranformation : Dari tempat penyimpanan yang terpisah menjadi satu  Ubiquitous Connectivity : Memungkinkan informasi/maklumat diakses menjadi media  Network Computing : Perisian adalah sebagai model-model perniagaan, perkhidmatan halaman web yang mempunyai dua sistem atau lebih untuk bekerja sama secara harmoni, pengedaran komputer, pengelasan komputer,menaiktaraf komputer.  Open Technologies : Sebahagian besar keseluruhannya berfungsi dalam platform sumber terbuka atau secara percuma  Open Identity and Open ID : seluruh maklumat adalah bebas  The interligent Web : Sebagai Teknologi Semantic Web termasuk RDF,OWL,SWL,SPARQL, GRDDL, Aplikasi berplatform semantik, dan pernyataan penyimpanan data.  Distributed Database : Database disalurkan dalam WWD (world Wide Database)  Aplikasi bersifat pintar dan bijak Contoh Web 3.0 SIOC Adalah komunitas yang berusaha mewujudkan semantic website yang tengah berjuang membantu kita menciptakan web cerdas yang mana kelak pencarian info di internet menjadi jauh - jauh sangat mudah. Walaupun masih belum sepenuhnya direalisasikan, Web 3.0 telah memiliki beberapa standar operasional untuk bisa menjalankan fungsinya dalam menampung metadata, misalnya Resource Description Framework (RDF) dan the Web Ontology Language (OWL). Konsep Web Semantik metadata juga telah dijalankan pada Yahoo’s Food Site, Spivack’s Radar Networks, dan sebuah development platform, Jena, di Hewlett-Packard.
  • 3. Second Life sering disebut sebagai salah satu implementasi konsep Web 3.0 . Second Life merupakan dunia virtual berbasis Internet. Mungkin di masa depan kita bisa hidup di dunia virtual itu yaitu di internet karena memang kehidupan di dalam Second Life meniru apa saja yang dilakukan oleh Anda dan yang ada di dunia nyata ini, dimana kita bisa berteman, melakukan aktivitas, berbicara dengan teman Anda, bertukar opini, bahkan berbisnis dan lain-lainnya yang ada di dunia ini. Salah satu situs yang sering dikatakan sebagai langkah menuju Web 3.0 adalah Google Co-Op yang beralamatkan di http://www.google.com/coop/. Google Co-Op merupakan salah satu service yang disediakan Google dan mulai beroperasi sejak tahun 2006 dan merupakan fungsi search yang ditambahkan di search engine Google dengan penambahan fitur yang lebih luas dan diharapkan Google Co -Op dapat memberikan sesuatu yang tepat yang sedang dicari orang -orang. Web Servies yakni teknologi web yang memungkinkan sebuah aplikasi mampu berhubungan dengan aplikasi lainnya melalui protokol HTTP dengan format pesan XML Aplikasi Web 3.0 RDF digunakan pada aplikasi berikut ini: 1. RSS (RDF Site Summary) RSS memberikan informasi yang terupdate tanpa kita mengunjungi web tersebut 2. FOAF (Friend of a Friend) Didesain tuk mendeskripsikan orang-orang, ketertarikan dan hubungan mereka 3. SIOC (Semantically-Interlinked Online Commnities) Menerangkan komunitas Online dan membuat koneksi antara diskusi berbasis Internet seperti message board, mailing list, blog. Untuk aplikasi yang memproses informasi digunakanlah OWL (Web Ontology Language), OWL berbasis XML dan dengan mudahnya dapat melakukan pertukaran antara mesin dan OS yang berbeda dan bahasa aplikasi yang berbeda.
  • 4. Beberapa sub-language (spesies) yang dimiliki OWL: 1. OWL Lite Digunakan untuk mendukung pengguna yang memerlukan klasifikasi hirarki dan dalam batasan yang sederhana. 2. OWL DL Mendukung konstruksi seluruh OWL, tetapi hanya digunakan pada batasan tertentu 3. OWL Full Yang menginginkan maksimum penggunaan dan sintaksis gunakanlah OWL Full Keunggulan Web 3.0 1. Kecepatan berinteraksi antar apps, karena menggunakan sarana HTTP 2. Ketepatan / Keakuratan data, karena data yang dikirim (request) dan diterima (response) semuanya berbasiskan XML 3. Kemudahan, mengola request dan response, karena standar pesan XML 4. Fleksibel, contoh aplikasi PHP mampu berhubungan dengan java, begitu sebaliknya, karena semuanya menggunakan protokol HTTP. Bukti joomla (PHP) kini mampu berhubungan dengan alfresco yang dibangun dengan java Metode 1. XML-RPC 2. SOAP 3. REST, Amazon Web Services Product : 1. Infrasructure Services 2. Payment & Billing 3. On Demand Work Force 4. Web Search Information 5. Amazon Fulfillment & Asscociates

×