Bab v analisa dan perancangan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Bab v analisa dan perancangan

on

  • 2,466 views

 

Statistics

Views

Total Views
2,466
Views on SlideShare
2,466
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
64
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Bab v analisa dan perancangan Bab v analisa dan perancangan Document Transcript

  • BAB V ANALISA DAN PERANCANGAN1.1. ANALISA PERMASALAHAN GDLN Indonesia khususnya GDLN Universitas Riau adalah tempat pusatpembelajaran bagi rakyat indonesia untuk meningkatkan pengetahuan melaluisharing knowledge and experience dengan yang lain. Dalam menjalankankegiatannya, GDLN Universitas Riau didukung dengan fasilitas jaringan internet,sehingga diharapkan dapat mendukung seluruh kegiatan tersebut. Kebutuhan adanya email server jelas sekali terasa di GDLN UniversitasRiau ini, dapat dilihat dari aktifitas para karyawan yang setiap harinya memilikikesibukan dalam proses pengiriman file dokumen seperti laporan tertentu yangsangat dibutuhkan cepat pelaporannya. Dan dalam pelaksanaan peran dantugasnya tersebut ditemukan beberapa masalah sebagai berikut: 1. Proses penyampaian informasi yang masih dilakukan secara face to face atau melalui papan informasi menimbulkan permasalahan seperti keterlambatan dan keakuratan informasi yang diterima oleh masing- masing karyawan 2. Proses pengiriman beberapa file berukuran kecil yang diperlukan cepat menjadi lambat karena jarak masing-masing ruangan serta tingkat kesibukan karyawan yang tinggi. 3. Untuk membangun sebuah email server dibutuhkan harga yang mahal. Pada Microsoft Windows 2003 Server terdapat sebuah metoda agar sebuahemail server dapat berjalan dengan baik yaitu dengan menggabungkan dariaplikasi Active directory dan Microsoft Exchange. Active Directory merupakansebuah sarana untuk menampung semua account user sedangkan MicrosoftExchange adalah engine yang bertugas menjalankan email server dan juga sebagaiinterface email berbasis web (webmail). Oleh karena menimbang dari hargapembelian software tersebut yang mahal, maka diambil solusi yaitu menggunakansebuah engine email server yang tidak kalah saingnya dengan Microsoft V-1
  • V-2Exchange yaitu Zimbra. Software ini berlisensi gratis dan aman untuk dipakaiuntuk pembuatan email server. Berikut ini merupakan tahap-tahap yang dilakukan dalam merancangpembangunan sistem email server ini. Dapat dilihat pada gambar 5.1 blokdiagram. Analisa dan perancangan Pengumpulan Material Instalasi Sistem Konfigurasi Sistem Uji Coba Sistem Dokumentasi Gambar 5.1 Blok Diagram pembangunan sistem email server Prinsip kerja Blok diagram pembangunan sistem mail server di atas dimulai dengan analisa dan perancangan sistem yaitu dalam tahapan ini dibuatdesain yang paling cocok dan mudah sehingga tidak akan mengalamikesulitan yang berarti. Kemudian setelah perancangan, dilakukan pengumpulanmateri yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk membantu terselesaikannyadesain yang telah dibuat. Setelah itu dilakukan instalasi sistem sekaliguskonfigurasi sistem. Kemudian bisa dilakukan pengujian terhadap sistem danmendokumentasikannya.1.2. ANALISA KEBUTUHAN Kebutuhan menjelaskan rincian yang dikerjakan dalam sistem, danmerupakan langkah pertama untuk menghasilkan solusi. Aktifitas kebutuhan juga
  • V-3disebut analisa kebutuhan, definisi kebutuhan, kebutuhan sistem, spesifikasiumum, spesifikasi fungsi dan analisa.5.2.1. Fitur Pada pembangunan sistem mail server ini fitur-fitur yang dibutuhkanadalah: 1. Mailbox dan Search Mailbox adalah fitur standard yang disediakan zimbra yang berisi seperti: Inbox, Draft, dan bisa membuat label sendiri sesuai yang diinginkan. Search adalah fitur pencarian email. 2. Shared Calender Shared Calender adalah fitur kalender untuk penjadwalan kegiatan staf/karyawan yang bisa diakses bersama. 3. Shared Document Shared Document adalah fitur dokumen yang bisa diakses bersama. 4. Instant messaging Instant messaging adalah fitur chating dengan sesama user yang online.5.2.2. User / Pengguna User adalah pengguna yang berhubungan langung dengan sistem, dalamhal ini email server. Pengguna email server yang akan dibangun antara lainsebagai berikut: 1. Administrator. Administrator adalah pengguna yang bertugas mengelola sistem, seperti maintenance, back up/restore data dan mengelola account user. 2. Pimpinan GDLN. Pimpinan GDLN adalah pengguna yang memiliki hak dalam mengelola fitur shared calender, Shared Document. 3. Staf/Karyawan GDLN. Staf/Karyawan GDLN adalah pengguna yang diberi fasilitas email dan hak untuk mengakes fitur shared calender dan shared document.
  • V-41.3. DESAIN SISTEM Desain pembuatan mail server ini ditunjukkan dalam bentuk diagram blokyang merupakan garis besar rangkaian tersebut. Diagram blok rangkaian tersebutditunjukkan pada gambar 5.1. Metode pembangunan sistem mail server inidiantaranya yaitu analisis dan perancangan sistem mail server, pengumpulanmaterial, instalasi sistem, konfigurasi sistem, uji coba dan dokumentasi.Dalam perancangan sistem, ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu:1) Desain sistem mail server Desain mail server yang akan dibangun adalah sebuah sistem mail serverdengan biaya yang sedikit tapi tetap berkualitas dan handal dalam menanganitraffic pengiriman dan penerimaan email dalam suatu jaringan komputer denganmenggunakan software Zimbra.2) Pemilihan Sistem Operasi Pembangunan mail server memanfaatkan sistem operasi Ubuntu 8.04 LTSkarena Ubuntu 8.04 LTS mudah didapatkan dan selain itu sistem operasi inimendukung untuk pemakaian Zimbra mail trnasfer agent.3) Pemilihan MTA Mamakai MTA (Mail Transfer Agent) Zimbra untuk melakukanmenejemen pengiriman dan penerimaan email seperti layaknya sebuah kantor pospada sistem pengiriman surat konvensional. Zimbra terkenal handal dalammelakukan fungsi-fungsi server dibandingkan dengan MTA pesaingnya yangsudah ada sebelumnya seperti Sendmail dan Qmail.4) Pemilihan MUA Semua mail akan disimpan di server, sehingga apabila user inginmengambil dan membaca maupun menejemen email untuknya, ia dapatmelakukannya dimanapun dan kapanpun user mau, selama masih terhubungdengan server. Dalam pembangunan mail server ini ada beberapa kebutuhan minimumyang harus dipersiapkan, yaitu:Kebutuhan alat:a. Satu Unit Komputer dengan spesifikasi minimum:
  • V-5 Processor intel/AMD 32-bit CPU 1.5 GHz RAM 1 GB Harddisk 80 GB VGA on boardKebutuhan Software:a. Sistem Operasi Ubuntu 8.04 LTSb. BIND untuk mengimplementasikan DNS.c. Zimbra sebagai MTA.Koneksi: Berikut ini adalah topologi jaringan yang menghubungkan mail server Gambar 5.2. Topologi Jaringan.