Pemerintah Komunis Cina

7,384
-1

Published on

Published in: Education
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
7,384
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
191
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pemerintah Komunis Cina

  1. 1. PEMERINTAHAN KOMUNIS CINA Oleh : Anazatul Naim XII.IIS.5 02
  2. 2. LATAR BELAKANG Republik Cina didirikan pada 12 Maret 1912 dengan Sun Yat Sen sebagai presiden pertamanya. Pada saat itu Republik Cina berada dibawah 2 partai besar Cina yaitu Partai Kuomintang dan Partai Komunis Cina. • Partai Kuomintang (Partai Nasionalis) Didirikan oleh Dr.Sun Yat Sen dan merupakan partai tertua dalam sejarah modern China yang bertujuan untuk melawan Kekaisaran Qing dan mendirikan Republik China demi pembaharuan China. Salah satu pemimpin partai ini yang terkenal adalah Chiang Kai Shek.
  3. 3.  Partai Komunis China (PKC) Partai ini didirikan pada tahun 1921 oleh Mao Zedong (Mao Tse Tung) dan aktivisaktivis revolusi lainnya semasa kekacauan yang melanda China karena perang saudara antar jenderal-jenderal perang sesaat setelah Dinasti Qing runtuh. Kemunculan kedua partai tersebut menimbulkan terjadinya perang saudara di Cina.
  4. 4. Faktor Penyebab Terjadinya Perang Saudara : 1. Adanya saling curiga mencurigai yang selalu berebut pengaruh dan kekuasaan di wilayah Cina. 2. Adanya perintah Chiang Kai Shek untuk tidak mengakui keberadaan Partai Komunis Cina. Perintah Chiang Kai Shek ini merupakan penghinaan terhadap komunis, dan hal ini yang menjadi sebab khusus terjadinya perang saudara antara Nasionalis dan Komunis.
  5. 5. Dalam perang saudara ini tentara Nasionalis mengalami kekalahan terusmenerus, meskipun mandapat bantuan dari Amerika Serikat baik ekonomi maupun militer. Kekalahan tentara Nasionalis ini disebabkan oleh : 1. Korupsi besar-besaran yang dilakukan oleh para pemimpin Nasionalis terhadap bantuan AS.
  6. 6. 2. Rasa tidak puas dikalangan tentara Nasionalis, sehingga mereka mudah dipengaruhi oleh propaganda komunis. 3. Chiang Kai Shek tidak memupuk kekuatan sendiri, tetapi hanya menyadarkan diri kepada Amerika Serikat. 4. Penghentian bantuan AS, karena dipandang tidah bermanfaat lagi.
  7. 7. Sedangkan kemenangan yang diperoleh tentara Komunis disebabkan oleh : 1. Bantuan Rusia sejak awal berdirinya Partai Komunis Cina. 2. Dalam kalangan Komunis korupsi diberantas dengan kejam, sehingga pemerintahan menjadi kuat. 3. Komunis membagi-bagikan tanah kepada para petani, dan hal ini menimbulkan semangat berperang bagi para petani.
  8. 8. Akhirnya seluruh Cina dapat dikuasai oleh Komunis dan pada tanggal 1 Oktober 1949, Mao Tze Tung memproklamsikan berdirinya Republik Rakyat Cina dengan ibu kotanya Peking. Sementara Chiang Kai Shek dengan pendukungnya pindah ke Taiwan. RRC yang baru merdeka pembangunannya diarahkan mengikuti doktrin komunis dari Mao Tse Tung.
  9. 9. Doktrin Mao yang dijadikan pedoman dalam pembangunan RRC :  Peranan desa lebih utama daripada kota. Ia menemukan kemampuan revolusioner ada di wilayah pedesaan. Apabila Marx memandang kekuatan utama dari revolusioner adalah kaum buruh industri,Mao mengakui hal itu.  Tentara merah lebih penting daripada aksi massa. Efektivitas tentara merah sebagai suatu organisasi militer merupakan modal dasar penting bagi perjuangan pengikut Mao untuk mencapai kegemilangan.
  10. 10.  Semangat revolusi lebih penting daripada keahlian teknik.  Kekuatan subyektif lebih penting daripada kenyataan obyektif. Jika ingi revolusi harus ada partai yang revolusioner tanpa partai yang dibentuk atas dasar teori dan gaya revolusioner dari Marx, Lenin dan Stalin, tidak mungkin kelas buruh serta massa rakyat dapat diarahkan untuk mengalahkan imperalisme.
  11. 11. Tokoh Pemerintahan Komunis Cina Mao Tse Tung
  12. 12. Sejak tahun 1954 Republik Rakyat Cina menerapkan langkah-langkah baru untuk meningkatkan penghasilan nasional dan pelaksanaan industrialisasi dalam waktu singkat. Usaha swasta dinasionalisasi dan petani di dorong untuk menggabungkan tanah milik mereka ke dalam sistem pertanian kolektif. Usaha ini tidak mengalami kesulitan karena para pengusaha mendapat ganti rugi atas hak milik yang dinasionalisasikan.
  13. 13. Perpecahan Cina-Uni Soviet Periode setelah 1956 ditandai dengan kemunduran serius bagi Uni Soviet, terutama pecahnya aliansi Cina -Uni Soviet, yang dimulai dengan : 1. Mao Tse Tung pada tahun 1956menganggap pemimpin Uni Soviet yang baru sebagai "pemula yang dangkal“. 2. Mao Tse Tung juga menuduhnya telah kehilangan sisi revolusioner. Sementara itu, Khrushchev, yang merasa terganggu atas sikap Mao yang anti-perang nuklir, menyebut pemimpin Cina sebagai "orang yang gila takhta"
  14. 14. Setelah hal itu terjadi, Khrushchev melakukan berbagai upaya untuk membangun kembali aliansi dengan Cina, namun Mao Tse Tung menolak setiap usulannya. Permusuhan Cina- Uni Soviet ini akhirnya tumpah dalam perang propaganda intra-komunis. Selanjutnya, Uni Soviet mulai berfokus pada persaingan sengit dengan Cina untuk memperebutkan posisi sebagai pemimpin gerakan komunis dunia.
  15. 15. Dampak Permusuhan Cina-Uni Soviet : 1. Sejak tahun 1960 Uni Soviet menghentikan pengiriman para ahlinya ke Cina. 2. Uni Soviet menolak membantu Cina ketika terjadi perang di perbatasan dengan India tahun 1963. 3. Uni Soviet menandatangani perjanjian uji coba kesenjataan nuklir dan membuat Cina semakin memusuhinya.
  16. 16. Perbaikan hubungan Cina-Amerika Sebagai akibat dari perpecahan Cina-Uni Soviet, ketegangan yang berlangsung di sepanjang perbatasan Cina-Soviet mencapai puncaknya pada tahun 1969, dan Presiden Amerika Serikat Richard Nixon memutuskan untuk memanfaatkan konflik tersebut sebagai alat untuk menggeser keseimbangan kekuasaan ke arah Barat dalam Perang Dingin. Cina juga berusaha meningkatkan hubungan dengan Amerika Serikat dalam upayanya untuk mengambil keuntungan dari Soviet.
  17. 17. Pada bulan Februari 1972, Nixon mengumumkan pemulihan hubungan dengan Cina. Ia melakukan kunjungan ke Beijing dan bertemu dengan Mao Tse Tung dan Zhou Enlai. Pada saat itu, sumber daya nuklir Uni Soviet telah setara dengan Amerika Serikat, Perang Vietnam juga telah melemahkan pengaruh Amerika di Dunia Ketiga dan mendinginkan hubungannya dengan Eropa Barat.
  18. 18. Perbaikan hubungan Cina-Amerika Richard Nixon bertemu dengan Mao Tse Tung pada tahun 1972.
  19. 19. Mulai tahun 1972 akhirnya Cina menjadi anggota Dewan Keamanan PBB, menggantikan Taiwan atas persetujuan Uni Soviet. Normalisasi hubungan diplomatik juga terwujud pada tahun 1992. pada saat ini Cina tampil sebagai negara raksasa dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat.

×