Cloud computing

213 views
141 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
213
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Cloud computing

  1. 1. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI “CLOUD COMPUTING” Disusun oleh: DESTIKA ANSTASIA 1102412014 Rombel 01
  2. 2. POKOK BAHASAN CLOUD COMPUTING DEFINISI SEJARAH PERKEMBANGANNYA KARAKTERISTIK MANFAAT CONTOH PENERAPAN APLIKASI IMPLEMENTASI
  3. 3. DEFINISI Menurut wikipedia Cloud Computing ( Komputasi awan) merupakan gabungan antara pemanfaatan teknologi computer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Cloud itu sendiri merupakan metafora dari internet,dimana cloud (awan) yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.  Selain itu Cloud Computing juga suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain. 
  4. 4. SEJARAH PERKEMBANGAN  Era Paradigma Baru Dahulu Model dianggap paling tepat untuk solusi perusahaan yang tidak mempunyai dana lebih dalam implementasi IT dan tidak mempunyai divisi khusus IT /EDP. Namun dalam perkembangan dilapangan provider ini mulai bergeser ke services content atau pemain layanan data & Internet (ISP) mulai melirik pangsa pasar ini. Era akhir tahun 90an dan awal tahun 2000an, terdapat solusi yang ditawarkan pada vendor perangkat lunak, Konsep ini dahulu dikenal dengan ASP (Application Service Provider), menurut Kamus Komputer ASP ini merupakan suatu usaha yang menawarkan akses berupa penggunaan aplikasi perangkat lunak kepada pengguna individu maupun perkantoran melalui sarana Internet. Pada dasarnya ASP adalah suatu Independent Software Vendor (ISV) atau ISP yang memanfaatkan Internet sebagai sarana penyampaian sehingga program aplikasinya bisa berfungsi.
  5. 5. Model ASP
  6. 6.  Era Cloud Computing Saat ini terdapat trend teknologi yang masih terus digali dalam penelitian-penelitian para pakar IT di dunia, yaitu Cloud Computing. Akses data dari mana saja dan menggunakan perangkat fixed atau mobile device menggunakan internet cloud sebagai tempat menyimpan data, applications dan lainnya yang dapat dengan mudah mengambil data, download applikasi dan berpindah ke cloud lainnya, hal ini memungkinkan kita dapat memberikan layanan aplikasi secara mobile di masa depan. Trend ini akan memberikan banyak keuntungan baik dari sisi pemberi layanan (provider) atau dari sisi user. Cloud Computing merupakan model yang memungkinkan dapat mendukung layanan yang disebut ”Everything-as-a-service” (XaaS) [6]. Dengan demikian dapat mengintegrasikan virtualized physical sources, virtualized infrastructure, seperti juga sebaik virtualized middleware platform dan aplikasi bisnis yang dibuat untuk pelanggan didalam cloud tersebut.
  7. 7. Model Cloud Computing
  8. 8. Beberapa keuntungan yang dapat dilihat dari perkembangan Cloud Computing, antara lain: Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya. Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena sistem pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah. Menjadikan koloborasi yang terpecaya dan lebih ramping. Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.
  9. 9. KARAKTERISTIK Berikut ini beberapa karakteristik yang dimiliki cloud computing: On-Demand Self-Services 2.Broad Network Access  3.Resource Pooling  4.Rapid Elasticity 5.Measured Service  1.
  10. 10. KARAKTERISTIK Berikut ini beberapa karakteristik yang dimiliki cloud computing: On-Demand Self-Services 2.Broad Network Access  3.Resource Pooling  4.Rapid Elasticity 5.Measured Service  1.

×