Your SlideShare is downloading. ×
Mesopotamia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Mesopotamia

17,617

Published on

Sejarah Mesopotamia. Silahkan didownload, namun saya harap Anda tidak menyatakan slide ini sebagai hasil kerja Anda. Akan jauh lebih menambah pengetahuan jika Anda membuat PPT Anda sendiri untuk …

Sejarah Mesopotamia. Silahkan didownload, namun saya harap Anda tidak menyatakan slide ini sebagai hasil kerja Anda. Akan jauh lebih menambah pengetahuan jika Anda membuat PPT Anda sendiri untuk ditampilkan pada teman-teman Anda.

Published in: Spiritual, Technology
0 Comments
12 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
17,617
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
809
Comments
0
Likes
12
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Mesopotamia Amira Putri Pertiwi Auliana Salma Mohammad Hafieduddin Rezha Wibisono Shona Kamila Laily
  • 2. Letak GeografisMesopotamia berukuran sekitar 300 mil panjangnya dan150 mil lebarnya. Mesopotamia terletak di antara sungaiTigris dan Efrat yang mengalir ke teluk persia.Kata Mesopotamia berarti "tanah antara sungai-sungai”.Batas-batas geografis Mesopotamia:1. Utara : Turki, Iran2. Barat : Cyprus, Laut Mediterania3. Selatan : Irak, Arab Saudi4. Timur : Iran, Laut Persia
  • 3. Keadaan AlamIklim di kawasan ini berkisar dari musim dingin ke musimpanas dengan temperatur umumnya lebih dari 1100F.Mesopotamia memiliki curah hujan sedang.Sebagian besar Mesopotamia terletak di negara Irak saat ini.Tanah Mesopotamia pernah didominasi oleh banjir, tapi saatini sebagian besar telah berubah menjadi padang pasir. Banjirmusiman merupakan tantangan bagi para petani Mesopotamia. Parapetani belajar cara untuk mengendalikan banjir. Tanah subur disepanjang sungai menghasilkan tanaman seperti gandum, barley(semacam gandum untuk membuat bir), wijen, rami dan berbagaimacam buah-buahan dan sayuran lainnya.
  • 4. Serat Rami Barley
  • 5. Sejarah MesopotamiaSejarah Mesopotamia Kuno dimulai pada masa Ubaid (ca.5300 SM). Sejarah Mesopotamia Kuno diakhiri olehdatangnya dinasti Akamenid pada abad ke-6, atau olehditaklukannya Mesopotamia oleh Kekhalifahan Islam,Dimana, pada saat itu dikenal sebagai Iraq.Daerah ini merupakan satu dari empat peradaban dimanatulisan mulai dikembangkan, bersama dengan Lembah Nildi Mesir, Lembah Indus di India, dan Sungai Kuning diCina.
  • 6. Kerajaan yang Pernah Berkuasa Sumeria Akkadia Babylonia Lama Assyria Babylonia Baru Persia
  • 7. Kerajaan Sumeria (3500-2300 SM)Bangsa Sumeria merupakan bangsa yang pertama kali mendiamikawasan Mesopotamia. Bangsa Sumeria datang dari wilayah Asiakecil sekitar tahun 3.500 SM. Bangsa ini menganut kepercayaanpoliteisme atau mempercayai adanya banyak dewa. Tempat untukmemuja para dewa tersebut adalah ziggurat. Bangsa Sumeria jugasudah mengenal tulisan, yaitu tulisan paku.Pada awalnya, bangsa Sumeria mengolah lahan pertanian yangsubur sebagai mata pencahariannya. Lama kelamaan, bangsaSumeria dapat membangun sistem pengairan untuk menanggulangibanjir dan menyalurkan air ke lahan-lahan pertanian, seperti sistemirigasi dan kanal. Dengan hasil pertanian yang melimpah, bangsaSumeria sekitar tahun 3.000 tahun SM membangun 12 kota-kotabesar, di antaranya kota Ur, Uruk, Lagash dan Nippur.Kebudayaan bangsa Sumeria akhirnya berakhir setelah pada tahun2350 SM diserang oleh bangsa Akkad di bawah pimpinan Sargon.
  • 8. Kerajaan Akkadia (2300 SM) Bangsa Akkadia memuja banyak dewa, dan juga memiliki cerita-cerita dongeng tentang kepahlawanan, seperti cerita tentang Adopa, Etana, dan Gilgamesh.
  • 9. Kerajaan Babylonia Lama (1.720 - 1.350 SM) Imperium Sargon pada tahun 1.720 SM dapat dikalahkan oleh bangsa Amorit yang termasuk rumpun Semit dari Jazirah Arab (sekarang Sargon Syiria). Bangsa Amorit ini kemudian mendirikan ibukota baru di Babylon, sehingga periode ini dikenal dengan nama Babylonia. Raja yang terkenal dan sangat berperan dalam perkembangan peradaban Babylonia adalah Raja Hammurabi (1750 SM). Sumbangan terbesar Raja Hammurabi terhadap peradaban dunia adalah Undang-Undang Hammurabi Hammurabi atau Kode Hukum Hammurabi.
  • 10. Bangsa Assyria yang tinggal di hulu sungaiEufrat dan sunga Tigris dapat mengalahkankekuasaan bangsa Amorit atau Babylonia dibawah pimpinan Ashurballit pada tahun1.350 SM. Muncullah kerajaan baru, yaitukerajaan Assyria dengan ibu kota Nineveh.Bangsa Assyria adalah bangsa militer yangmemerintah dengan menyebarkan rasatakut dengan melakukan kekejaman-kekejaman terhadap lawan-lawannya.Dengan keunggulan persenjataan, bangsaAssyria dapat menguasai seluruhMesopotamia dan Mesir. Pada masa Assyriadi bawah Raja Ashurbaniphal II, dibangunperpustakaan tertua di dunia yang mampumenampung 22.000 tablet yang berisiinformasi-informasi di berbagai bidangkehidupan bangsa Mesopotamia. (1.350 - 627 SM) Kerajaan Assyria
  • 11. Ilustrasi Kota Niveneh
  • 12. Kerajaan Baylonia Baru (627-530 SM)Pada tahun 627 SM, bangsa Babylonia dapatmelepaskan diri dari kekuasaan bangsa Assyriadan membentuk imperium Babylonia barukarena masih beribu kota di Babylon.Peradaban Babylonia baru ini sebetulnyamelanjutkan peradaban-peradabansebelumnya terutama peradaban Babylonialama. Imperium ini mencapai puncakkeemasannya pada masa pemerintahan RajaNebukadnezar II. Imperium ini berakhir padatahun 530 SM, akibat dikalahkan oleh bangsaPersia yang mendapat bantuan dari bangsaMedia.
  • 13. Kerajaan Persia (525 - 331 SM)Setelah imperium Babylonia baru dapat dikalahkan olehbangsa Persia dan bangsa Media dari Indo-German,muncullah imperium baru dibawah kekuasaan bangsaPersia. Raja pertama imperium Persia adalah Cyrus danraja terakhirnya adalah Xerxes. Imperium Persiamemperoleh puncak kejayaannya pada masa kekuasaanRaja Darius. Daerah kekuasaannya membentang dariMesopotamia, Mesir, sampai ke Sungai Indus. Namun sejakterjadinya peperangan dengan Yunani, Persia mengalamikemunduran. Akhirnya Persia dapat ditaklukkan oleh RajaAlexander Agung pada tahun 331 SM.
  • 14. Sistem Pemerintahan Raja sebagai Penguasa Kekuasaan Militer
  • 15. Raja Sebagai PenguasaBangsa Mesopotamia menganggap bahwaraja-raja mereka adalah keturunan dewa, namuntidak seperti bangsa Mesir. Mereka tidakmenganggap raja mereka sebagai dewa.Raja-raja Mesopotamia yang terkenal antara lain :• Eannatum of Lagash — Pendiri kerajaan yang pertama.• Sargon of Akkad —Penguasa Mesopotamia dari Akkadia.• Hammurabi — Pendiri Babylonia.• Tiglath-Pileser III — pendiri kerajaan Neo-Assyria.• Nebukadnezar II — Raja dari kerajaan Neo-Babilonia• Belshedezar — Raja terakhir dari kerajaan Babilonia.
  • 16. KekuasaanKetika Assyria berkembang menjadi suatu kerajaan, ia terbagimenjadi beberapa provinsi. Setiapa provinsi diberi namasesuai nama ibukotanya, seperti Ninawa, Samaria,Damaskus,dan Arpad. Setiap provinsi mempunyai seoranggubernur yang bertugas mengumpulkan pajak. Gubernur jugabertugas merekrut tentara dan pekerja. Mereka juga bertugasuntuk melaksanakan hukum. Dengan cara tersebut, kerajaan yangbesar pun akan mudah dikontrol.Walaupun Babilonia merupakan negara terkecil pada saat itu, iaberkembang pesat pada pemerintahan Hammurabi. Ia dikenal sebagaipembuat hukum, dan kemudian Babilon menjadi ibukotaMesopotamia. Yang kemudian harinya disebut Babilonia atau“Gerbang para dewa.”
  • 17. MiliterKetika negara kota berkembang pesat, terjadi pertikaianuntuk memperebutkan daerah dan kanal-kanal irigasi.Pertikaian ini tercatat dalam tablet-tablet Perangpertama terjadi pada 3200 S.M., namunmulai menyebar pada 2500 S.M. Pada saat itu,peperangan merupakan bagian dari sistem pemerintahan,dimana kota-kota yang memilih untuk tetap netral mejadipenengah diantara kota-kota yang sedang berperang. Hal iniberujung pada pembentukan Uni dan kemudianpemerintahan regional. Ketika kerajaan terbentuk, ekspedisike negara lain pun mulai digencarkan.
  • 18. Keadaan PendudukPenduduk dan Masyarakat IPTEKPertanian dan Pengairan Aksara Pakaian Penanggalan/Kalender
  • 19. Penduduk dan MasyarakatDaerah-daerah di sekitar daerah Mesopotamiadidiami oleh bangsa-bangsa yang termasuk rumpunbangsa Semit. Kehidupannya bersifatseminomaden. Aktivitas perdagangan melaluiSungai Eufrat dan Tigris.Sekitar tahun 3000 SM, daerah Mesopotamia didiamioleh bangsa Sumeria. Orang-orang Mesopotamia lebihbanyak bertempat tinggal pada kota-kota besar dan jugapada ibu kotanya yang bernama Uruk (Ur). Back
  • 20. Pertanian dan PengairanPada musim hujan (dari bulan Oktober-April) di Mesopotamiaterjadi air bah dari kedua sungai itu. Air menggenangi daerahdi sepanjang aliran sungai dan setelah surut meninggalkanIapisan lumpur yang sangat subur. Di daerah-daerah itulahmasyarakat hidup dengan bercocok tanam atau bertani.Bangsa-bangsa di Mesopotamia sudah mampu menanggulangimasalah banjir, dan memanfaatkan airnya untuk keperluanpertanian. Caranya ialah membuat sistem pengairan yang baik.Bendungan dibangun dan telaga buatan digali untukmenyalurkan dan menyimpan air yang berlebihan di masa banjir. Back
  • 21. PakaianPakaian dibuat dari wol atau rami yang dapatmereka tanam dan panen (Rami adalahtanaman dengan bunga biru Batang tanaman inidigunakan untuk membuat pakaian) kasar atautebal pakaian itu menunjukkan musim kapanpakaian tersebut akan dikenakan. Seperti kita,pakaian lebih berat akan dikenakan di musim dingindan pakaian lebih ringan akan dikenakan di musimpanas.
  • 22. Laki-laki tidak mengenakan pakaian atasan dan mengenakanbawahan yang terlihat seperti rok yang diikat di pinggang.Perempuan biasanya memakai gaun yang menutupi mereka daribahu hingga pergelangan kaki. Lengan kanan dan bahu dibiarkanterbuka. Pria entah dicukur bersih atau memiliki rambut panjangdan jenggot. Wanita memiliki rambut panjang, tetapi biasanyadikepang dan dililitkan di sekitar kepala mereka. Ketika menjamutamu, perempuan akan mengenakan hiasan di kepala mereka.Baik pria maupun wanita mengenakan anting-anting dankalung. Selama perayaan, lebih banyak lagi perhiasan yangdipakai. Rakyat Sumeria yang kaya sering memakai gelang emasyang indah dan perak dan anting-anting. Kalung yang dihiasidengan batu-batu mulia juga dikenakan. Beberapa contoh jenisbatunya adalah lapis lazuli dan batu camelia. Back
  • 23. IPTEKPeradaban Mesopotamia telah memperlihatkan keunggulan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sejak didiami olehbangsa Sumeria (tahun 3000 SM). Keunggulan-keunggulantersebut tampak dalam bidang-bidang berikut : – Bidang arsitektur, orang Sumeria membangun kotanya menurut tata aturan kota yang terencana. Bangunan umumnya terbuat dari batu bata dan tanah liat. – Kemampuan mengolah logam, dari pengolahan logam dihasilkan cermin, tongkat-tongkat, kapak, dan perlengkapan senjata lainnya. Mereka juga pandai membuat pakaian lenan, perkakas dari tembikar dan tembaga, serta perhiasan dari emas. – Bidang ilmu pengetahuan, Ashurbanipal, pemimpin Assyria, membangun perpustakaan tertua di dunia. – Mesopotamia pada zaman Babylonia (Baru) terkenal dengan "taman gantung", yang kemudian menjadi salah satu keajaiban dunia.
  • 24. Taman GantungBabilonia Back
  • 25. AksaraOrang-orang Sumeria sudah mengenal abjadyang berupa huruf paku. Huruf-huruf paku ituantara lain ditemukan pada sebuah prasastiyang berisi tentang hukum dan undang-undangyang berlaku untuk mengatur kerajaan. Undang-undang dan peraturan-peraturan hukum itudisebut dengan Undang-Undang Hammurabi(Codex Hammurabi).
  • 26. Tulisan PakuPiagam Hukum Hammurabi Back
  • 27. PenanggalanOrang-orang Sumeria sudah mengenal sistem penanggaianatau sistem kalender, yang dimaksudkan untuk mengenalperputaran waktu dan musim. Pengetahuan tentang perputaran waktudan musim berguna untuk menentukan saat yang tepat dalammelaksanakan aktivitas kehidupannya, baik untuk bercocok tanam,perdagangan, dan sebagainya.Untuk mempermudah memahami pengetahuan tentang perputaranwaktu dan musim, mereka membagi dan mempersingkat waktu kedalam jam, menit, dan detik. pembagian waktu terus dikembangkan kedalam bentuk yang lebih khusus melalui sistem penanggalan atausistem kalender, yaitu 24 jam menjadi 1 hari, 30 hari menjadi 1 bulan,dan 12 bulan menjadi 1 tahun. Back
  • 28. Kepercayaan Ziggurats Dewa dan Dewi
  • 29. ZigguratDi Mesopotamia, setiap kota diyakini dilindungi oleh dewanya sendiri.Sekitar tahun 2000 SM, menara candi mulai dibangun untukmenghubungkan langit dan bumi. Menara Ziggurats disebutkan sangatbesar, struktur piramida dibangun di atas candi yangdibangun. Ziggurats dibangun dari batu bata lumpur dengan 3 sampai7 level bertingkat.Para Mesopotamians percaya bahwa candi ini dihubungkan piramidalangit dan bumi. Ziggurats sering dihiasi dengan pilar dan ornamenlainnya. Pada awalnya, acara keagamaan diadakan di kuil. Kemudian,karena kependetaan yang terus berkembang, kuil menjadi pusatagama dan belajar bagi seluruh masyarakat.
  • 30. Ziggurat Back
  • 31. Dewa dan DewiSetiap kota memiliki pelindung sendiri berupa dewa ataudewi yang memiliki segalanya juga semua orang dikota. Semua orang diharapkan untuk menyanyikan lagupujian, berdoa, berkorban dan membawa persembahankepada kuil lokal (Ziggurat) untuk para dewa. Orang-orangterpercaya seperti imam dan pendeta di kuil-kuil untukmemberitahu mereka apa para dewa atau dewi inginkan, danmereka patuh melakukan keinginan mereka. Mereka percayabahwa dewa bisa kesal pada apa yang Anda lakukan danmenghukum Anda, atau mereka bisa senang danmemberikanmu hadiah. Hal ini membuat pemimpin di kuil-kuil hampir sama kuat dengan raja.
  • 32. Kepercayaan bangsa Sumeria ini terus berkembangdan dianut oleh masyarakat yang tinggal di daerahMesopotamia. Tetapi ketika bangsa Persiamenguasai daerah Mesopotamia, berkembanglahajaran agama Persia. Kitab Suci Awesta inimerupakan firman-dewa dengan perantara nabiditurunkan kepada bangsa Persia.Pada masyarakatbangsa Sumeria terdapat kepercayaan, bahwamanusia setelah mati akan hilang. Hal ini dijelaskandalam cerita Gilgamesh. Cerita itu pada hakikatnyamempunyai kesimpulan bahwa hidup abadi di duniaini tidak ada. Back
  • 33. Pengaruh Kebudayaan Mesopotamia Terhadap IndonesiaPengaruh peradaban Mesopotamia terhadap kebudayaan danseluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia antara lain sebagaiberikut:a. Upacara baptis dan menyalakan lilin masuk ke dalam ajaran Nasrani dan digunakan oleh umatKristen Indonesia.b. Kepercayaan pada singa jadi-jadian dan serigala jadi-jadian berasal dari kepercayaan bangsa Assyria.c. Kepercayaan pada angka 17 dan 13 berasal dari ajaran agama Phunisia sebagai angka keburuntungan dan angka sial.
  • 34. d. Islam yang datang ke Indonesia diperkirakan dipengaruhi oleh budayaPersia. Teori inidisampaikan oleh Oemar Amin Husein dan HusenJoyodiningrat yang menyodorkanbukti: 1) di Persia terdapat suku yangbernama Leran, dan di Gresik terdapat suatu kampung yang bernama Leran, maka diperkirakan suku Leran pernah datang dan menyebarkan Islam di Indonesia; 2) di Persia terdapat suku Jawi, suku Jawi datang ke Indonesia dan mengajarkan huruf Pegon yang banyak terdapat di Jawa; 3) adanya istilah jabar dan jeer dari bahasa Iran; 4) adanya upacara Tabot di Minangkabau untuk memperingati wafatnya Hasan dan Husein. Istilah Tabut digunakan di Iran untuk menyebut bulan Muharam. Di Indonesia pun berkembang paham Islam Syiah yang merupakan pengaruh dari Persia atau Iran dan Irak sekarang.
  • 35. UpacaraTabot

×