Pemrograman iii chapter i

316 views

Published on

Published in: Technology, Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
316
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pemrograman iii chapter i

  1. 1. Chapter I
  2. 2. Sekilas Sejarah JavaBahasa Java dimulai dari sebuah timpengembang sofware dari sunmicrosystem yang dipimpin oleh JamesGosling dan Patrick Naughton. Padatahun 1991
  3. 3. Java Language Spesification,API, JDK, dan IDEJava Languege Spesification adalah defenisi teknis daribahasa pemrograman java yang didalamnya terdapat aturanpenulisan sintaks dan semantik java.API adalah Application Programming Interface yaitu sebuahlayer yang berisi class-class yang sudah didefinisikan danantar muka pemrograman yang akan membantu parapengembang aplikasi dalam perancangan sebuah aplikasi.API memampukan para pengembang untuk dapatmengakses fungsi-fungsi sistem operasi yang diizinkanmelalui bahasa javaJDK adalah sekumpulan program kecil yang akan sangatmembantu para pengembang aplikasi dalam merancang danmelakukantesting program. JDK diakses lewat CommandLine (CMD)
  4. 4. Tiga buah API dari Java J2SE, Java 2 Standard Edition adalah sebuah API yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang bersifat client side standalone atau applet. J2EE, Java 2 Enterprise Edition adalah API yang digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi- aplikasi yang bersifat server side seperti Java Servlet, dan Java Server Pages. J2ME, Java Micro Edition adalah API yang merupakan subset dari J2SE tetapi memiliki kegunaan untuk pengembangan aplikasi pada handheld device seperti smart phone atau PDA tentu saja yang didalamnya telah ditanamkan interpreter java
  5. 5. Tool Java dari pihak ketiga Jbuilder dari Borland (www.Borland .com) NetBeans Open Source dari Sun (www.NetBens.org) Sun ONE, yaitu versi komersial dari NetBeans yang dibuat oleh Sun (java.sun.com) Eclipse Open Source dari IBMv(www.eclipse.org)
  6. 6. IDEIDE (Integrated DevelopmentEnvironment) yaitu sebuah lingkunganpengembangan aplikasi yang lengkap dandapat membantu proses pengembangansebuah aplikasi menjadi lebih cepat. PadaIDE anda dapat melakukan prosesperancangan, kompilasi, debugging,building dan dapat menggunakan fasilitaspertolongan online.
  7. 7. Karakteristik JavaSemboyan utama java yang terkenaladalah Write Once Run Anywheremaksudnya adalah cukup menuliskansource code sekali saja pada sebuahkomputer dan dapat menjalankannya padakomputer lainnya yang memiliki java.
  8. 8. Java is SimpleSebenarnya tidak ada satu bahasapemrograman pun yang dapat dikatakansederhana (simple). Akan tetapi biladibandingkan dengan pendahulunyaseperti bahasa C++ yang merupakanbahasa pemrograman yang mendominasidunia pemrograman Java memang lebihsederhana. Contohnya java tidak ada lagipointer dan multiple inherince.
  9. 9. Java is Object OrientedJava memang sudah sejak awal dirancanguntuk memenuhi kemampuanpemrograman berorientasi object. Tidakseperti bahasa pemrograman lainnya yangmulanya hanya diperuntukan bagipemrograman prosedural.
  10. 10. Java is DistributedDistributed computing adalah metodekomputersasi dengan menggunakanbeberapa komputer yang dihubungkandengan jaringan untuk mengelola tugas-tugas tertentu. Java telah memilikikemampuan networking yang bagus, yangmenjadikan menulis program networkingseperti mengirim dan menerima data darisebuah file.
  11. 11. Java is InterpretedJava adalah bahasa yang menggunakaninterpreter atau “penerjemah” supayadapat menjalankan program.
  12. 12. Java is RobustRobust dapat diartikan dapat diandalkan.Sebenarnya tidak ada satu bahasapemrograman pun yang dapat diandalkan.Akan tetapi bahasa pemrograman javamemang dapat diandalkan untuk segalamacam keperluan karena java telahmelewati berbagai macam proses dalampengembangannya.
  13. 13. Java is Architecture NeutralProgram yang dihasilkan oleh java tidaktergantung kepada arsitektur komputertertentu. Karena program java berjalandalam lingkungan JVM (Java VirtualMachine), Program java dapat dijalankanpada arsitektur komputer yang berbeda-beda.
  14. 14. Java is PortableKarena java netral terhadap arsitekturkomputer dan sistem operasi, dengansendirinya program java dapat dibawakemana-mana dan dapat dijalankandimana-mana.
  15. 15. Java PerformanceKinerja atau performa dari bahasapemrograman java ini sering mendapatkankritikan atau dianggap lambat olehbeberapa developer. Hal ini disebabkanoleh dijalankannya program melalui JVM.Akan tetapi dari tahun ketahun kecepatanprogram java terus ditingkatkan. Denganadanya penemuan-penemuan teknologiprosesor yang memiliki kecepatan prosestinggi, kelemahan ini menjadi tidak terasa.
  16. 16. Java is MultithreadSeperti halnya bahasa C, C++ dan bahasapemrograman lainnya yang mengenalbeberapa tugas secara bersamaan (multithreading) Java juga dibekali kemampuantersebut.
  17. 17. Sekian, sampaijumpa minggudepan

×