Sejarah Internet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Sejarah Internet

on

  • 3,923 views

 

Statistics

Views

Total Views
3,923
Views on SlideShare
3,701
Embed Views
222

Actions

Likes
1
Downloads
151
Comments
1

6 Embeds 222

http://technobloggie9104.blogspot.com 164
http://amaliamahdini.blogspot.com 34
http://localhost 17
http://www.amaliamahdini.blogspot.com 4
http://coderalliance.com 2
http://www.feedspot.com 1

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • minta q donk
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Sejarah Internet Presentation Transcript

  • 1. DISUSUN OLEH :Nama : Amalia MahdiniKelas : 9-1E-mail : amaliamahdini9104@gmail.comSite : https://sites.google.com/site/amal iamahdini9104/Blog : http://technobloggie9104.blogspot.com/ PENDAHULUAN MATERI PENUTUP
  • 2. Internet telah membuat revolusi dunia komputerdan dunia komunikasi yang tidak pernah didugasebelumnya.Penemuan telegram, telepon, radio,dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiahyang menuntun menuju terciptanya Internet yanglebih terintegrasi dan lebih berkemampuan daripada alat-alat tersebut. Internet memilikikemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memilikimekanisme diseminasi informasi, dan sebagaimedia untuk berkolaborasi dan berinteraksiantara individu dengan komputernya tanpadibatasi oleh kondisi geografis.
  • 3. Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S.Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA)memutuskan untuk mengadakan riset tentangbagaimana cara menghubungkan sejumlah komputersehingga membentuk jaringan organik.Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasildihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisasaling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
  • 4. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasilmenyempurnakan program e-mail yang iaciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET.Program e-mail ini begitu mudah sehinggalangsung menjadi populer. Pada tahun yangsama, icon @ juga diperkenalkan sebagailambang penting yang menunjukkan “at” atau“pada”. Tahun 1973, jaringan komputerARPANET mulai dikembangkan ke luarAmerika Serikat.
  • 5. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasilmengirimkan e-mail dari Royal Signals and RadarEstablishment di Malvern. Setahun kemudian,sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung diARPANET membentuk sebuah jaringan ataunetwork. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis danSteve Bellovin, menciptakan newsgroups pertamayang diberi nama USENET. Tahun 1981 FranceTelecom menciptakan gebrakan denganmeluncurkan telpon televisi pertama, dimanaorang bisa saling menelpon sambil berhubungandengan video link.
  • 6. Karena komputer yang membentuk jaringansemakin hari semakin banyak, maka dibutuhkansebuah protokol resmi yang diakui oleh semuajaringan. Pada tahun 1982 dibentuk TransmissionControl Protocol atau TCP dan Internet Protokolatau IP yang kita kenal semua. Sementara itu diEropa muncul jaringan komputer tandingan yangdikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasajaringan komputer di negara-negara Belanda,Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunetmenyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
  • 7. Untuk menyeragamkan alamat di jaringankomputer yang ada, maka pada tahun 1984diperkenalkan sistem nama domain, yang kinikita kenal dengan DNS atau Domain NameSystem. Komputer yang tersambung denganjaringan yang ada sudah melebihi 1000komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputeryang tersambung ke jaringan melonjak 10 kalilipat manjadi 10.000 lebih.
  • 8. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandmenemukan dan sekaligus memperkenalkan IRCatau Internet Relay Chat. Setahun kemudian,jumlah komputer yang saling berhubungankembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Takkurang dari 100.000 komputer kini membentuksebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yangpaling bersejarah, ketika Tim Berners Leemenemukan program editor dan browser yangbisa menjelajah antara satu komputer dengankomputer yang lainnya, yang membentukjaringan itu. Program inilah yang disebut www,atau Worl Wide Web.
  • 9. Tahun 1992, komputer yang salingtersambung membentuk jaringan sudahmelampaui sejuta komputer, dan di tahunyang sama muncul istilah surfing the internet.Tahun 1994, situs internet telah tumbuhmenjadi 3000 alamat halaman, dan untukpertama kalinya virtual-shopping atau e-retailmuncul di internet. Dunia langsung berubah.Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yangjuga sekaligus kelahiran Netscape Navigator1.0.
  • 10. Hingga saat ini internet terus berkembangseiring perkembangan zaman dari waktu kewaktu dengan berbagai aplikasi yang canggih.Internet telah digunakan oleh sebagian besarpenduduk dunia untuk berbagai keperluan. BACK TO FIRST SLIDE