Your SlideShare is downloading. ×
Perangkat keras dan koneksi internet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Perangkat keras dan koneksi internet

1,269
views

Published on

Perangkat keras dan Koneksi Internet

Perangkat keras dan Koneksi Internet

Published in: Education, Business, Technology

1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
1,269
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
42
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 1. Perangkat Keras dan Fungsinya untuk AksesInternetPerangkat JaringanDalam sebuah jaringan, dimana satu komputerterhubung dengan komputer lain tentunya memilikiperangkat-perangkat pendukung untukmenghubungkan semua komputer sehingga dapatberkomunikasi.
  • 2. a.Sistem OperasiHampir semua sistem operasi yang sekarang ini sudahmampu untuk membangun jaringan komputer. Sistemoperasi yang umum digunakan antara lain: Windows dari Microsoft Linux. Novell
  • 3. b.DriverAdalah sebuah program komputer kecil yang biasanyamenjadi satu paket dengan perangkat yang akandipasang pada komputer.Misalnya, pada saat kita akan memasang perangkattambahan NIC (Network Interface Card), jika komputerkita tidak mengenal NIC yang akan dipasang makadriver tambahan diperlukan untuk menginstalasinya.
  • 4. 1.ServerKomputer server biasanya mempunyai sistem operasi,aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepadakomputer-komputer lain (client) dalam jaringan.Jika sebuah jaringan komputer tersebut terkoneksi denganinternet, maka komputer server ini juga berfungsi sebagaigateway atau client.2.ClientKomputer client adalah komputer yang digunakan untukmengolah data yang diambil dari server, dengan kata lainkomputer yang menerima pelayanan dari komputer server.
  • 5. Perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan untukmengakses internet dan fungsinya, antara lain adalah :1. Komputer2. Modem3. Saluran Telepon (Line Telepon), TV Kabel,ISDN, Handphone
  • 6. Komputer merupakan komponen utama untuk dapatmengkases internet. Spesifikasi komputer yangdigunakan dalam koneksi internet sangat menentukancepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakintinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepatkinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam aksesinternet antara lain sebagi berikut:
  • 7. a.ProcessorMerupakan otak dari komputeruntuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer.Processor minimal pentium III500Mhz.Fungsi Processor adalah mengolahsemua informasi yang dimasukkanpengguna komputer atau untukmemproses intruksi-intruksi/perintah-perintahpenggunanya.
  • 8. Kecepatan kinerja memorydipengaruhi oleh besarkecilnya jumlahmemory,RAM(Random Acces Memory)adalah bagian dari memoryyang berfungsi dapatmedia penyimpanansementara membaca danmenulis/menyimpan dataatau program(Read andWrite).Standar memoryuntuk mengakses internetminimal 16 MB,
  • 9. Digunakan untuk mediapenyimpanan datasecarmagnetik. Harddiskminimal 10GBatau untuk menyimpan data-dataseperti pesan,file,gambar,suaradan program aplikasi. StandarHardisk untuk mengaksesinternet minimal 2 GB/ RAMminimal 64MB
  • 10. Merupakan perangkat output.Monitor komputer berfungsiuntuk menampilkan data-data/file,program komputerdan sebagainya dalam bentukvisual sehingga file danprogram dapat dilihat.VGA(Vidio
  • 11. Merupakan perangkatoutput. Monitor komputerberfungsi untukmenampilkan data-data/file,program komputerdan sebagainya dalambentuk visual sehingga filedan program dapatdilihat.VGA (Vidio
  • 12. Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator.Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyalinformasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untukdikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yangmemisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan)dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehinggainformasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modemmerupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modemadalah alat komunikasi dua arah.Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubahsinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya.Komputer yang melakukan koneksi dengan internetdihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.
  • 13. 1. Modem Dial Up ( Internal, Eksternal, CableModem, Modem ADSL)Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analogmenjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabeltelepon sehingga komputer dapat terkoneksi denganinternet.Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer(PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon.Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
  • 14. Modem Internal merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutamapada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatanmodem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.Keuntungan menggunakan modem internal, antara lain adalah :a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomisb) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa adabanyak kabel.Kelemahan modem internal, sebagai berikut:Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantaustatus modemModem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehinggamembutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotakCPU bertambah panas.
  • 15. Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPUkomputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port comatau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkanmodem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor laludisambungkan kembali ke listrik.Keuntungan modem eksternal:Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untukdigunakan pada komputer lain Dilengkapi lampu indikator sehinggamudah untuk memantau status darimodem.Kelemahan dari modem eksternal:a. Harga lebih mahal dari pada modem internalb. Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruhmodem tersebut.
  • 16. Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat kerasyang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel.Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi keinternet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkandengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatanmodem kabel maksimum 27Mbps downstream(kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbpsupstream (kecepatan upload dari pengguna).Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, makapengguna diharuskan untuk melakukan pendaftarankepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet ServiceProvider).
  • 17. ADSL atau ( Asymmetric Digital Subscriber Line ) adalahsalah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSLadalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa dataditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satusisi ke sisi yang lain.Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecahsinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dandata. Hal ini memungkinkan pengguna untukmelakuakn atau meneima panggilan telpon danmelakukan koneksi internet secara simultan tanpasaling menggangu.
  • 18. a. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyalanalog menjadi sinyal digitalb. Modem ADSLc. Modem kabel yaitu modem yang menerima datalangsung dari penyedia layanan lewat TV Kabeld. Modem CDMAe. Modem 3GPf. Modem GSM
  • 19. 1. Saluran Telepon (Line Telepon)Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yangpenting dan diperlukan untuk menghubungkankomputer dengan internet. Penggunaan saluran teleponini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saatini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnyadengan menggunakan paket Telkomnet Instant yangsecara langsung dapat melakukan akses internet.
  • 20. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internetjuga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel.Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringanTV kabel maka modem yang dipakai adalah modemkabel. Agar dapat menggunakan modem kabel,computer harus dilengkapi dengan ethernet (ethernetcard). Layanan akses modem kabel dapat melaluijaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn,indosat, linknet, centrin, dan mynet.
  • 21. ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistemtelekomunikasi di mana layanan antara data suara, dan gambardiintegrasikan ke dalam suatu jaringan komuter serta merupakantransmisi system telepon analog ke system digital.Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas danpenghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasiini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yangterpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut denganNSP (Network Service Provider).Di dalam ISDN terdapat dua jenis pelayanan, yaitu:1) Basic Rate Inteface (BRI)2) Primary Rate Interface (PRI)
  • 22. VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiunpenerima sinyal dari satelit dengan antenapenerimaberbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3meter.Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima danmengirim data ke satelit.
  • 23. Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel)dengan memanfaatkan handphone. Protokol yang digunakandisebut WAP. Wireless Application Protocol disingkat WAP adalahsebuah protokol atau sebuah teknik pengiriman pesan yangmemungkinkan sebuah telepon genggam yang mempunyaifasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalamsebuah format teks khusus. WAP bekerja dengan modus teksdengan kecepatan 9,6 Kbps. Selain WAP, dikembangkan pulateknologi GPRS (General Packet Radio Service), GPRS menjanjikankecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehinggamemungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia kekomputer, notebook dan handheld computer. Saat ini, terdapat 3G(Third Generation) pada telepon seluler berbasis CDMA (CodeDivision Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan transferdata hingga 230 Kbps.
  • 24. Hardware (perangkat keras) yang dibutuhkan untukmembangun sebuah jaringan komputer yaitu : Komputer,Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang berhubungandengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner,Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk processtransformasi data didalam jaringan.Untuk menentukan hardware yang akan dipergunakan sertabentuk system jaringan sebaiknya disesuaikan dengan:a. Bentuk Geografis dari perusahaanb. System database yang digunakanc. Jumlah Pemakai
  • 25. 1. File Servers2. Workstations3. Network Interface Cards4. Concentrators/Hubs5. Repeaters6.Bridges7.Routers
  • 26. a.File ServersSebuah file server atau sering disebut SERVER saja, merupakan jantungnya kebanyakanJaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddiskyang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringantersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untukjaringan.Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node / komponendalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah katadari workstation atau salah satu node, ke node yang lain, atau menerima email pada saat yangbersamaan dengan tugas yang lain.Terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan informasi danmembaginya secara cepat. Sehingga minimal sebuah file server mempunyai beberpa karakterseperti tersebut di bawah ini :1. Processor minimal 166 megahertz atauÄ processor yang lebih cepat lagi yang mendukungOS yang akan digunakan).2. Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10GB3. Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks)4. SebuahÄ tape untuk back up data (contohnya . DAT, JAZ, Zip, atau CDRW / DVDRW)5. Mempunyai banyak port network
  • 27. b.WorkstationsKeseluruhan komputer yang terhubung ke file serverdalam jaringan disebut sebagai workstation. Sebuahworkstation minimal mempunyai ; Kartu jaringan,Aplikasi jaringan (sofware jaringan), kabel untukmenghubungkan ke jaringan, biasanya sebuahworkstation tidak begitu membutuhkan Floppy karenadata yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan difile server. Hampir semua jenis komputer dapatdigunakan sebagai komputer workstation.
  • 28. Adalah sebuah perangkat keraskomputer yang dirancang agarmemungkinkan komputermelakukan komunikasi dalamjaringan.1. Media pengirim data ke komputerlain di dalam jaringan.2. Mengontrol arus data antarakomputer dan sistem kabel3. Menerima data yang dikirim darikomputer lain lewat kabel danmenterjemahkannya ke dalam bityang dimengerti oleh komputer
  • 29. Ada beberapa jenisBUS yangdigunakan NIC,diantaranya:• ISA (IndustryStandardArchitecture)
  • 30. PCI (Peripheral Component Interface) Kartu Jaringan (NIC)merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antarakomputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yangdi pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Beberapa komputer sepertikomputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serialatau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringanyang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah :kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saatini populer digunakan adalah Ethernet, WIFI, lalu diikuti oleh Token Ring, danLocalTalk.Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe network interface card (nic) atau networkcard, yaitu ISA dan PCI.
  • 31. d.Ethernet Card / Kartu Jaringan EthernetKartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintoshyang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telahmenyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabelkoaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punyakonektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu dikoneksikan dengan koaksial, twisted pair,ataupun dengan kabel fiber optik.
  • 32. Dalam sebuah jaringan kabel berfungsi sebagai penghubung. Ada beberapajenis kabel yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer.- BNC Connector Berbentuk silinder, dengan 2 prongs untuk menghubungkan(konektor) Terbuat dari tembaga Menggunakan T-connector jika dihubungkan dengan network adaptor
  • 33. Twisted Pair EthernetKabel ini ada dua macam:- UTP (Unshielded TwistedPair), tanpa selubungpembungkus
  • 34. - STP (Shielded TwistedPair), dengan selubungpembungkus
  • 35. Konetor RJ-11 atau RJ-45.Twisted atau terpelintirdimaksudkan untukmengurangi interferensilistrik.Dapat melewatkan sinyalsampai 10 Mbps.STP tahan gangguan daripadaUTP sehingga kecepatannyasampai 100 Mbps.Dibutuhkan hub untukmembangun sebuah LAN.
  • 36.  Fiber Optic (FO)Kecepatan pengiriman datadengan media FO lebih dari100 Mbps dan bebas pengaruhlingkungan. Harga relatifmahal dan pemasangan atauinstalasi lebih sulit
  • 37. a. LocalTalk Connectors/Konektor LocalTalkLocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, inimenggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang kePort untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernetadalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet bi Jaringan komputerbukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaanterdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalamperudahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatujaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputeryang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadikarena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat,sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputeryang tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230Kbps atau setara dengan 0.23 Mps
  • 38. b. Token Ring CardsKartu jaringan Token Ring terlihat hampir samadengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannyaadalah tipe konektor di belakang KArtujaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipekonektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringanke Kabel Network.
  • 39. c. Hub/KonsentratorSebuah Konsentrator/Hub adalahsebuah perangkat yang menyatukankabel-kabel network dari tiap-tiapworkstation, server atau perangkat lain/Atau perangkat keras jaringan berfungsiuntuk membagi dan menguatkan sinyaldata kartu jaringan. Dengan Hubini, sebuah kabel dari komputer serverdibagi menjadi beberapa komputerclient.Dalam topologi Bintang, kabel twistedpair datang dari sebuah workstationmasuk kedalam hub. Hub mempunyaibanyak slot concentrator yang manadapat dipasang menurut nomor port daricard yang dituju.Gambar HUB / Consentrator
  • 40. Hub mempunyai beberapaport sebagai konektor kabeldari komputer, atauperangkat lain yangterhubung dalam jaringan.Jumlah port pada Hubbervariasi diantarnyaterdapat pada gambar disamping :
  • 41. Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :• Biasanya di sebut HUB, terdiri dari 8, 12, atau 24 portRJ-45• Digunakan pada topologi Bintang/Star• Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasiyang mengatur manjemen• port tersebut.• Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnyaada Bridges, router
  • 42. 5. RepeaterContoh yang paling mudahadalah pada sebuah LANmenggunakan topologiBintang dengan menggunakankabel unshielded twisted pair.Dimana diketahui panjangmaksimal untuk sebuah kabelunshileded twisted pair adalah100 meter, maka untukmenguatkan sinyal dari kabeltersebut dipasanglah sebuahrepeater
  • 43. 6.Bridges / JembatanAdalah sebuah perangkat yang membagi satu buahjaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakanuntuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimanakadang pertumbuhan network sangat cepat makanyadi perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridgesdapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya danjuga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula.Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalulintas yang mengatur di persimpangan jalan padasaat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi diantara kedua sisi network tetap jalan dengan baikdan teratur. Bridges juga dapat di gunakan untukmengkoneksi diantara network yang menggunakantipe kabel yang berbeda ataupun topologi yangberbeda pula.
  • 44. 7. RoutersPerangkat dalamjaringan yangmengatur alirandata dari suatujaringan (LAN) kejaringan lainsehingga arus datadari satu jaringantidak bercampurdengan arus datadari jaringan lain.
  • 45. Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampirsama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari jalur yang terbaikuntuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masingsisi jaringan, router mengetahui alamat komputer, bridges dan router lainnya. router dapatmengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarikdata dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih.Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet, merekaharus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantaraLAN anda dan Internet. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur yang terbaik untukmengirimkan data melewati internet.Ini berarti Router itu :1. Mengatur jalur sinyal secara effisien2. Mengatur Pesan diantara dua buah protocol3. Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star)4. Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksial atau kabel twistedpair