Your SlideShare is downloading. ×

(2). konsep keperawatan komunitas

8,825

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
8,825
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
207
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. KONSEP KEPERAWATAN KOMUNITAS Presented By : Prodalima, S.Kep, Ners
  • 2. PENDAHULUAN Keperawatan komunitas merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang dilaksanakan pada tingkat primer. Keperawatn adalah sub system dari system pelayanan yang merupakan hasil pendidikan pelatihan serta penelitian. Demikain pula hal nya dengan keperawatan kesehatan merupakan sub system dari pelayanan kesehatan masyarakat (Ekasari,2007).
  • 3. NEXT... Menurut WHO (1959), keperawatan komunitas adalah bidang perawatan khusus yang merupakan gabungan keterampilan ilmu keperawatan, ilmu kesehatan masyarakat dan bantuan sosial, sebagai bagian dari program kesehatan masyarakat secara keseluruhan guna meningkatkan kesehatan, penyempurnaan kondisi sosial, perbaikan lingkungan fisik, rehabilitasi, pencegahan penyakit dan bahaya yang lebih besar ditujukan kepada individu, keluarga yang mempunyai masalah dimana hal itu mempengaruhi masyarakat secara keseluruhan (Efendi, 2006).
  • 4. SASARAN DALAM PRAKTIK KEPERAWATAN KOMUNITAS Individu Peran perawat pada individu sebagai klien, pada dasarnya memenuhi kebutuhan dasarnya yang mencakup kebutuhan biologi, sosial, psikologi dan spritual karena adanya kelemahan fisik dan mental, keterbatasan pengetahuan, kurangnya kemauan menuju kemandirian pasien/klien. Keluarga merupakan sekelompok individu yang berhubungan erat secara terus menerus dan terjadi interaksi satu sama lain baik secara perorangan maupun secara bersama-sama didalam lingkungan sendiri atau masyarakat secara keseluruhan. Masyarakat Kesehatan dalam keperawatan komunitas didefenisikan sebagai kemampuan melaksanakan peran dan fungsi dengan efektif
  • 5. TUJUAN KEPERAWATAN KOMUNITAS Tujuan Umum Meningkatkan derajat kesehatan dan kemampuan masyarakat secara menyeluruh dalam memelihara kesehatannya untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal secara mandiri. Tujuan Khusus a. Dipahaminya pengertian sehat dan sakit oleh masyarakat. b. Meningkatkannya kemampuan individu, keluarga, dan masyarakat untuk melaksanakan upaya perawatan dasar dalam rangka mengatasi masalah keperawatan. c. Tertanganinya kelompok keluarga rawan yang memerlukan pembinaan dan asuhan keperawatan.
  • 6. NEXT...d.Tertanganinya kelompok masyarakat khusus/rawan yang memerlukan pembinaan dan asuhan di rumah, panti dan di masyaraka.e.Tertanganinya kasus-kasus yang memelukan penanganan tindak lanjut dan asuhan keperawatan di rumah.f. Terlayaninya kasus-kasus tertentu yang termasuk kelompok resiko tinggi yang memerlukan penanganan dan asuhan keperawatan di rumah dan di puskesmas.g.Teratasi dan terkendalinya keadaan lingkungan fisik dan sosial untuk menuju keadaan sehat optimal.
  • 7. RUANG LINGKUP KEPERAWATAN KOMUNITASKeperawatan komunitas mencakup berbagai bentuk upayapelayanan kesehatan baik berupa upaya : 1. Promotif 2. Preventif 3. Kuratif 4. Rehabilitatif
  • 8. PROMOTIF Dilakukan untuk meningkatkan kesehatanindividu, keluarga, kelompok dan masyarakatdengan melakukkan kegiatan penyuluhankesehatan, peningkatan gizi, pemeliharahaankesehatan perorangan, pemeliharaan kesehatanlingkungan, olahraga teratur, rekreasi danpendidikan seks (Mubarak,2006).
  • 9. PREVENTIF Upaya preventif untuk mencegah terjadinyapenyakit dan gangguan kesehatan individu,keluarga, kelompok dan masyarakat melaluikegiatan imunisasi, pemeriksan kesehatan berkalamelalui posyandu, puskesmas dan kunjungan kerumah, pemberian vitamin A, iodium, ataupupemeriksaan dan pemeliharaan kehamilan, nifasdan menyusui
  • 10. KURATIF Bertujuan untuk mengobati anggota keluargayang sakit atau masalah kesehatan melalui kegiatanperawatan orang sakit di rumah, perawatan orangsakit sebagai tindak lanjut dari puskusmas ataurumah sakit, perawatan ibu hamil dengan kondisipatologis, perawatan payudara, ataupun perawatantali pusat BBL (Fatma, 2006).
  • 11. REHABILITATIF Pemulihan terhadap pasien yang di rawat dirumah atau kelompok-kelompok yang menderitapenyakit tertentu seperti tbc, kusta dan cacat fisiklainnya melalui kegiatan latihan fisik pada penderitakusta, patah tulang dan lain sebagainya, kegiatanfisioterapi pada penderita stroke, batuk efektif padapenderita tbc, dll.
  • 12. PERAN DAN FUNGSI PERAWAT KOMUNITASPeran Perawat Komunitas Pendidik (Educator) Perawat memiliki peran untuk dapat memberikan informasi yang memungkinkan klien membuat pilihan dan mempertahankan autonominya. Advokat Perawat memberi pembelaan kepada klien yang tidak dapat bicara untuk dirinya. Manajemen Kasus. Perawat memberikan pelayanan kesehatan yang bertujuan menyediakan palayanan kesehatan yang berkualitas, mengurangi fragmentasi, serta meningkatkan kualitas hidup klien. Kolaborator Perawat komunitas juga harus bekerja sama dengan pelayanan rumah sakit atau anggota tim kesehatan lain untuk mencapai tahap kesehatan yang optimal.
  • 13. NEXT... Panutan (Role Model) Perawat kesehatan komunitas seharusnya dapat menjadi panutan bagi setiap individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat sesuai dengan peran yang diharapkan. Peneliti Penelitian dalam asuhan keperawatan dapat membantu mengidentifikasi serta mengembangkan teori-teori keperawatan yang merupakan dasar dari praktik keperawatan. Pembaharu (Change Agent) Perawat kesehatan masyarakat dapat berperan sebagai agen pembaharu terhadap individu, keluarga, kelompok dan masyarakat terutama dalam merubah perilaku dan pola hidup yang erat kaitannya dengan peningkatan dan pemeliharaan kesehatan.
  • 14. NEXT...Fungsi Perawat Komunitas Fungsi Independen Merupakan fungsi mandiri dan tidak tergantung pada orang lain, melaksanakan tugasnya sendiri dengan keputusannya sendiri, dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia. Fungsi Dependen Merupakan fungsi perawat dalam melaksanakan kegiatannya atas pesan atau instrukur dari perawat lain. Fungsi Interdependen ini dilakukan dalam kelompok tim yang bersifat saling ketergantungan di antara tim satu dengan tim yang lainnya. Keadaan ini tidak dapat diatasi dengan tim perawat saja melaikan juga dari dokter ataupun tim lainnya.
  • 15. WISDOM OF THE DAY Kebahagiaan Tergantung Dari Apa Yang DapatAnda Berikan Bukan Pada Apa Yang Dapat Anda Peroleh...Urusan Kita Dalam Kehidupan Ini BukanlahUntuk Mendahului Orang lain, Tetapi Untuk Melampaui Diri Kita Sendiri, Memecahkan Rekor Kita Sendiri, Dan Untuk Melampaui

×