Your SlideShare is downloading. ×
0
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Alat – alat optik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Alat – alat optik

6,972

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
6,972
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
123
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Created by :Aulia Rachma Harditha Eri Bangkit Prasetyo Jarisa Alfi Yuliyanti Mutia Ayu Dianita Robin Hernandez
  • 2. Kornea berfungsi untuk menerima cahayadan meneruskan cahaya serta melindungilensa mata dari bulu – bulu.
  • 3. Iris adalah selaput di depan lensa mata yangmembentuk celah lingkaran. Iris berfungsimemberi warna pada mata dan mengaturintensitas cahaya yang masuk ke mata.
  • 4. Pupil adalah celah lingkaran yang dibentukoleh iris. Lebar pupil diatur oleh iris sesuaidengan intensitas cahaya yang masuk.Pada saat gelap atau cahaya remang-remang(intensitas cahaya kecil), iris mengendursehingga pupil membesar. Akibatnya lebihbanyak cahaya yang masuk ke mata.Pada saat cahaya terang (intensitas cahayabesar) iris mengencang sehingga pupilmengecil. Akibatnya, cahaya yang masuk kemata berkurang.
  • 5. Lensa mata tebuat dari bahan bening,berserat dan elastis, serta berbentukcembung.Lensa mata berfungsi untuk membentukbayangan benda.Bayangan yang dibentuk oleh lensa matasama dengan bayangan yang dibentuk olehlenca cembung, yaitu bersifat nyata,terbalik, dan lebih kecil.
  • 6. Retina adalah permukaan belakang mata yangberfungsi sebagai layar untuk menangkapbayangan yang dibentuk oleh lensa mata.Retina terdiri atas butir-butir kuning yangsangat peka terhadap cahaya
  • 7. Saraf mata berfungsi melanjutkan sinyal-sinyalyang diterima retina menuju otak.Otak menerjemahkan sinyal-sinyal itusehingga kita dapat melihat benda tegak (tidakterbalik seperti yang ditangkap retina).
  • 8. Daya akomodasi mata adalah kemampuan lensamata untuk menebal atau menipis supaya dapatmenghasilkan bayangan tepat pada retina disebutdengan daya akomodasi mata.Daya akomodasi mata mengakibatkan mata dapatmemiliki titik dekat (punctum proximum) dan titikjauh (punctum remotum).Titik dekat adalah titik terdekat sebuah benda kemata dengan jelas pada saat mata berakomodasimaximum.Titik Jauh adalah titik terjauh sebuah benda kemata dengan jelas pada saat mata tidakberakomodasi.
  • 9. Mata yang normal (emetropi) memilikititik dekat 25 cm dan titik jauh pada jaraktak terhingga. Jika daya akomodasi mataberkurang, maka mata telah mengalamicacat mata oberasi. Rabun jauh (Miopi) Rabun dekat (Hipermetropi) Cacat mata tua (Presbiopi)
  • 10. Orang yang menderita rabun jauh tidak dapatmelihat dengan jelas benda yang jarak/letaknyajauh dari mata. Hal ini sisebabkan bayangan bendajatuh didepan retina.Rabun jauh dapat ditolong dengan menggunakankacamata berlensa sekung (lensa negatif)
  • 11. Orang yang menderita rabun dekat atau hipermetropi tidakdapat melihat benda yang letaknya dekat dengan mata. Halini disebabkan karena bayangan jatuh dibelakang retina.Rabun dekat dapat ditolong dengan menggunakan kacamatalensa positif (lensa Cembung).
  • 12. Mata tua (presbiopi) adalah cacat mata yangdesebabkan karena usia yang semakin tua sehinggadaya akomodasi mata semakin melemah.Orang yang mengalami mata tua tidak dapatmelihat benda yang jauh dan dekat dengan jelas,dikarenakan titik dekat dan titik jauh mata telahberubah.Untuk dapat melihat dengan jelas, harus dibantudengan kacamata biofokal (kacamata yangberfungsi rangkap-jarak dekat dan jauh)
  • 13. Kekuatan lensa merupakan kemampuan lensa untukmemfokuskan sinar-sinar, makin kuat lensamemfokuskan sinar akan makin besar kekuatanlensanyaRumus kekuatan lensa: P = 1/f P = kekuatan lensa (dioptri) f = jarak fokus (meter)
  • 14. Kamera terdiri dari 3 bagian utama yaitu lensa,diafragma, dan film. Cara kerja kamera adalah: bendayang akan diambil gambarnya diletakkan di depankamera. Cahaya yang berasal dari objek tersebut akanditerima oleh lensa cembung dan akan di biaskansehingga membentuk bayangan nyata di film.Kedudukan lensa terhadap film dapat diubah-ubah.Hal ini dimaksudkan agar bayangan yang terbentukjatuh tepat di atas film. Pada film, terdapat zat kimiayang peka terhadap cahaya. Cahaya gelap dan cahayaterang masing masing akan meninggalkan jejak yangberbeda pada kamera. Dari film, gambar tersebutdapat dicuci dan dicetak
  • 15. Benda F 2F 2F F Bayangan yang ditangkap oleh filmBayangan yang dibentuk pada film kamera bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil
  • 16. Lup adalah alat optik yang menggunakanlensa cembung untuk melihat banda-bendakecil. Agar benda terlihat, maka bendadiletakkan di antara titik pusat (O) dan titikfokus (F) sehingga terbentuk bayanganyang bersifat maya, tegak, dan diperbesar.
  • 17. Saat bayangan terbentuk di titik dekat mata,maka mata berakomodasi maksimum. Jika inginmengamati benda dengan lup tanpaberakomodasi, maka benda diletakkan tepat dititik fokus lensa sehingga yang masuk ke mataberupa sinar sejajar.
  • 18. Mikroskop terdiri dari 2 buah lensa cembung yangberfungsi untuk memperbesar bayangan benda.Lensa ini dinamakan lensa objektif dan lensaokuler. Lensa objektif adalah lensa yangdiletakkan dekat dengan objek yang akan diamati,sedangkan lensa okuler adalah lensa yangdiletakkan dekat mata. Jarak fokus lensa objektiflebih kecil dari jarak fokus lensa okuler Mikroskop
  • 19. Teropong merupakan alat optik yang digunakansebagai alat untuk melihat benda yang letaknyajauh. Teropong dibedakan menjadi 2 yaituteropong bias (tesusun atas beberapa lensa) danteropong pantul (tersusun atas beberapa cermindan lensa). Teropong bias antara lain teropongbintang (astronomi), teropong bumi, danteropong panggung (teropong galileo)
  • 20. Periskop adalah alat optik yang digunakanpada kapal selam untuk melihat permukaanlaut. Kapal selam perlu melihat keadaanpermukaan laut sebelum kapal selamtersebut muncul mengapung di permukaan
  • 21. THANK YOU

×