Presentation12
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Presentation12

on

  • 1,420 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,420
Views on SlideShare
1,420
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
12
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Presentation12 Presentation Transcript

  • 1. BAB I PENDAHULUANA. LATAR BELAKANG MASALAHSalah satu latar belakang penulisan karya tulis ini adalah untukmelengkapi persyaratan mengikuti pemilihan guru Taman Kanak-kanak berprestasi Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara.Taman Kanak-kanak Pembina HKBP Tarutung berdiri pada tahun1985 yang disah kan oleh Direktur Jenderal Bimas Kristen ProtestanDepartemen Agama nomor 33 Tahun 1988. Merupakan wadahpembinaan teknis operasional dalam rangka pembinaan danpengembangan aspek-aspek jasmani, rohani, intelektual, emosional,sosial, dan moral anak Taman Kanak-kanak.TK Pembina HKBP berdiri diatas tanah 846 M3, luas bangunan 524M3 dan jumlah ruangan kelas 5 (lima yang beralamat di Jl. Pieretandean No.01 Tangsi Tarutung.
  • 2. Adapun tujuan pendidikan ini adalah sesuai dengan Visi dan Misinya :Menjadikan pusat pengembangan pendidikan yang menghasilkankader pemimpin dan intelektual Kristen yang berwawasan luas,tanggap terhadap lingkungan dan siap bersaing dalam era globalisasisehingga mampu memperbaiki kualitas hidup bangsa Indonesia. Dansebagai misinya: untuk membantu meletakkan dasar ke arahperkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan daya ciptaberdasarkan kompetensi dasar yang dimiliki oleh anak dalammenyesuaikan diri dengan lingkungan untuk pertumbuhan sertaperkembangan selanjutnya. Maka adapun masalah yang akandipecahklan adalah mengenai cara mencapai tujuan tersebut sehinggamenghasilkan atau dapat mewujudkan sebuah Taman Kanak-kanakyang berkwalitas dan beriman.
  • 3. B. RUMUSAN MASALAH Untuk mencapai tujuan pendidikan di Taman Kanak-kanakPembina HKBP diperlukan Manajemen yang baik dalam mengelolaTaman Kanak-kanak tersebut serta diperlukan juga Saran danPrasarana yang memadai dan Sumber Daya Manusia (SDM) yangberkualitas dalam menanganinya. Anak lahir pada umumnya mempunyai potensi yang sama danTaman Kanak-kanak adalah tempat pengembangan potensi yangdimiliki oleh masing-masing anak. Masa usia dini 1-5 tahun adalahmasa emas perkembangan (Golden Age). Pada masa ini, orang tuaatau guru TK mempunyai peran yang sangat penting untukmeletakkan pondasi yang kokoh dalam mendidik anak.
  • 4. Maka Rumusan permasalahan mencakup :• Bagaimana cara mengelola Taman Kanak-kanak yang baik.• Bagaimana Meningkatkan kualitas Guru sehingga dapat menghasilkan guru yang professional sesuai dengan bidangnya.• Bagaimana upaya untuk melengkapi sarana dan prasana guna menciptakan situasi yang nyaman dan menyenangkan dalam belajar mengajar. Dengan harapan jika ketiga point diatas telahmenemukan solusi yang tepat dan diaplikasikan dalamkegiatan pembelajaran dapat mewujudkan Taman Kanak-kanak Pembina HKBP yang berkwalitas.
  • 5. C. STRATEGI PEMECAHAN MASALAHTerdapat 3 Point permasalahan, maka deskripsi pemecahannya :a. Mengelola Taman kanak-kanak dengan baik Diantaranya dengan meningkatkan kerja sama yang baik antara kepala sekolah TK dan guru, pengurus yayasan, dan orang tua murid serta masyarakat sekitar. Selain itu juga dengan membuat program perencanaan jangka Pendek dan Jangka Panjang yang berisi Program Penting yang akan dilaksanakan dan sangat dibutuhkan dalam menunjang proses belajar mengajar TKa. Meningkatkan kwalitas guru Mengikut sertakan guru dalam penataran- penataran dan seminar, serta penyetaraan Program S1 PAUDb. Melengkapi sarana dan prasarana TK Mencari bantuan kepada Masyarakat, pemerintah, dan instansi terkait.Tahapan Operasional Pelaksanaannya:Menyusun Program perencanaan kegiatan, mengikutsertakan guru-gurudalam peningkatkan kualitas, dan berupaya mencapai sumber dana untukmembantu fasilitas yang dibutuhkan dan menjalin kerja sama dengan instansiterkait serta pemerhati TK.
  • 6. BAB II PEMBAHASANA. MENGAPA SAYA LAYAK GURU BERPRESTASI Menyikapi judul diatas penulis merasa terkejut jika dikatakanguru “berprestasi” karena menurut penulis hal ini tidak mudahdicapai. Tetapi karena penulis telah dipilih menjadi guru berprestasioleh karenanya dalam hal ini akan memaparkan beberapa hal jikadikatakan berpraetasi: Saya mengabdi menjadi Guru Taman Kanak- kanak dari tahun2000 hingga sekarang, penulis merasa menjadi Guru Taman Kanak-kanak suatu keterpanggilan disamping jurusan yang penulis pilihketika SPG dua puluh dua tahun yang lalu. Setelah penulis mengajarmenjadi Guru TK di Taman Kanak-kanak Pembina HKBP dan itupenulis nikmati, dan pada akhirnya penulis memutuskan untuk studylanjut mengambil PGTK di Pematangsiantar yang diselenggarkanUT.
  • 7. Sesudah menjadi Guru TK penulis mengikuti beberapa pelatihan –pelatihan yang diselenggarakan Pemerintah maupun Yayasan tempatmengajar, antara lain:• Mengikuti pengembangan kurikulum di Medan dan Brastagi• Mengikuti konfrensi guru-guru di Seminarium HKBP Sipoholon• Meningkatkan profesi guru di Medan• Dll Bayak suka dan duka yang dialami menjadi seorang Guru padaTaman Kanak-kanak, baik dari anak-anak itu sendiri, orang tua danteman seprofesi. Namun itu menjadi semangat bagi penulis untukdapat melihat ke depan sisi positif yang akan kita petik. Danmerupakan suatu dorongan bagi penulis dalam menjalankan karier. Dalam hal ini penulis sangat bersukacita karena tanpa didugapenulis dapat dipanggil oleh Dinas Pendidikan menjadi guru yangberprestasi. Dalam kesempatan ini penulis menguscapkan terimakasihkepada pihak terkait karena kepercayaan yang diberikan kepada saya.Dan ini akan dipertahankan selama diberi Tuhan kesempatan untukmenjadi Guru Taman-Kanak-kanak.
  • 8. A.1. PROGRAM-PROGRAM YANG DILAKSNAKAN Penulis melihat di Taman Kanak-Kanak Pembina HKBP adatarget yang dicapai supaya Visi dan Misi dapat tercapai. Setelahpenulis amati dan menguti beberapa hal yang sangat penting dalammenjalankan Visi dan Misinya. Dengan Pengelolaan yang baik dalam suatu Taman Kanak-kanakprogram demi program peningkatan kualitas TK akan tersusundengan baik dan sistimatis sehingga dapat dengan mudah mengukurkeberhasilan yang telah dicapai maupun yang masih belumterlaksana. Adapun cara menyusun program peningkatan kualitas TKialah dengan membuat program Jangka Pendek dan Jangka Panjangdan itulah menjadi patron bagi penulis dalam menjalankan tugas.
  • 9. Dengan hal ini penulis memaparkan antara lain:A. Membuat rencana kerja ( RKM, RKH) guna mencapai proses belajar mengajar yang baik dengan tujuan: 1. Mempersiapkan anak sedini mungkin mengembangkan/ pembentukan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai pancasila dan agama, agar dapat hidup sesuai dengan norma-norma agama. 2. Mempersiapkan anak untuk mampu mencapai tahap-tahap perkembangan sesuai dengan usianya. Menghasilkan lulusan yang terampil dan bermutu. 3. Menghasilkan lulusan yang terampil dan bermutu 4. Menghasilkan sumber daya manusia yang berprestasi, kreatif dan mandiri.B. Mampu mengungkapkan fikiran, cara berkomunikasi yang efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasaC. Mampu berfikir dan mencerna sehingga dapat belajar menemukan pemecahan persoalan dan mengembangkan kemampuan logika matematika dan mempersiapkan pengembangan kemampuan untuk berfikir telitiD. Mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasi, mengembangkan kepekaan dan kratif.
  • 10. Sebagai Guru penulis benar-benar menguasai hal ini sebagaimanayang diingikan Yayasan dari kami, agar penulis dapat bekerja dandipakai untuk mengajar di Taman Kanak-kanak Pembina HKBP. Untuk menjalankan tugas sebagai Guru TK penulis sangatdikenal Anak didik yang sudah ribuan Tamat maupun yang masihberada sekarang ini di Taman Kanak-kanak Pembina HKBP sebagaiguru yang mempunyai ciri khas yaitu suara yang kuat dan tegas.Kalau penulis berjalan dan dilihat oleh mantan murid penulis merekalangsung ketawa hanya mengingat suara yang kuat tadi. Sayabersyukur mungkin itu juga salah satu ciri saya sehingga sangatdikenal orang tua. Penulis sudah mengajar anak didik lebih dariseribuan orang, dan sudah banyak yang berhasil dalam pendidikanmaupun ekonomi. Jika Tuhan berkenan kami berencana untukmembuat reuni bagi TK Pembina HKBP agar mereka tidak lupa akanasal sekolahnya dan memotivasi mereka agar memberi yang terbaikbagi negara dan bangsa Indonesia ini.
  • 11. B. HASIL ATAU DAMPAK YANG DICAPAI DARI STRATEGI YANG DIPILIHB.I Hasil dari Pengelolaan Yang Baik Semua rencana yang tertuang dalam program Jangka Pendek telah tercapaidengan baik. Dan telah dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Dan untukProgram Jangka Panjang masih dalam proses pencapaian.B.II Hasil dari Melengkapi Sarana dan Prasarana TK Dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, menciptakanproses belajar-mengajar yang baik, berjalan dengan lancar dan para orang tuamurid/masyarakat memandang TK Pembina HKBP merupakan TK yang nyaman,menyenangkan dan berkualitas dengan kelengkapan alat dan bangunan yang memadai,sehat dan bersih. Dengan kelengkapan media pembelajaran, memberikan kemudahan bagi gurudalam menyusun rancangan program pembelajaran yang akan disajikan pada prosespembelajaran. Sesuai dengan prinsip pembelajaran di TK, bahwa anak berkembangsecara holistic dan menyeluruh, maka dalam penyajian pembelajaran harus berprinsipkepada pengembangan semua aspek yaitu sikap moral dan nilai-nilai agama,pengembangan bahasa, seni, kognitif, dan fisik motorik untuk pengembangan aspektersebut, sangat di butuhkan media-media penunjang.Sehingga hasil yang telah diperoleh murid TK Pembina HKBP Tarutung lebih kreatifdan kelihatan pada tahap-tahap perkembangannya berjalan dengan baik danmenyenangkan.
  • 12. •Meningkatkan Kualiatas guruSesuai dengan perkembangan zaman di era globalisasi, dituntut kualitas SDMyang profesional di bidangnya masing-masing. Sesuai dengan undang-undangguru bahwa untuk guru TK dan SD Pendidikan minimal S1 ( Sarjana Pendidikan).Dengan adanya perubahan-perubahan sistim pendidikan, seorang guru diharuskanmenambah wawasan dan pengetahuannya seiring dengan perkembangan dankemajuan zaman. Tanpa dibarengi dengan peningkatan SDM, tidak akan terciptakegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan psikologianak. Karena suatu Ta,man Knak-Kanak yang berkwalitas, ditandai denganmeningkatnya grafik jumlahnya murid, atau bertahan sesuai dengan kapasitasmaksimum daya tampung yang tersedia.Diantara beberapa cara peningkatkan Profesionalisme guru TK Pembina HKBPpenulis melihat penyingnya:•Pelatihan, Seminar, Semi loka tentang pendidikan TK serta Study banding baikdi dalam dan Luar Negeri.•Aktif dalam kelompok kerja Guru (KKG) TK serta kelompok kerja komite atauYayasan.•Meningkatkan Lomba Kreatifitas Guru dan PORSENI•Mengikuti penyetaraan program S1 PAUD di UT dan penulis mengharapkanbeasiswa dari pemerintah.