Falsafah ibadah haji

773 views
606 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
773
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
23
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Falsafah ibadah haji

  1. 1. FALSAFAH IBADAH HAJIOLEH :HIDAYATULLAH, S.H.I., M.Pd.I
  2. 2. DASAR PERINTAH HAJI“ Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikanrumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagimanusia dan tempat yang aman. Danjadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempatshalat. Dan telah Kami perintahkan kepadaIbrahim dan Ismail : ‘Bersihkanlah rumah-Kuuntuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf,yang rukuk dan yang sujud’.” (QS Al Baqarah [2]: 125)
  3. 3. FALSAFAH IBADAH HAJI1. IHRAMIhram adalah pakaian bagi jamaah Haji yangmerupakan kain putih yang tidak berjahit. Baikorang Indonesia, Arab, India, Afrika, Cina, Eropa,Amerika, kaya, miskin, pejabat, rakyat jelata,semua diwajibkan mengenakan pakaian Ihram. Inimengandung maksud bahwa di hadapan Allahsemua derajat manusia adalah sama, sedangkanyang membedakan adalah kualitas ketakwaannya.Ini sekaligus menegaskan prinsip egalitarian ataupersamaan derajat sesama manusia dalam Islam.
  4. 4. FALSAFAH IBADAH HAJI2. WUQUFWuquf adalah kegiatan berdiam diri di Padang Arafah.Pertanyaannya : berdiam diri untuk apa? Hanyamenghabiskan waktu untuk bengong tanpa tujuan? Atau‘berdiam’ sambil ngobrol atau makan-makan di tenda-tendahaji tersebut?Tentu tidak demikian. Bahwa berdiam diri di Padang Arafahitu mengandung maksud untuk introspeksi diri.Mempertanyakan kepada diri sendiri, sejauh manakomitmen kita sebagai makhluk yang diciptakan Allah hanyauntuk beribadah kepada-Nya. Merenung dan mencobauntuk mengenali jati diri yang sebenarnya dan memahamimakna kehidupan. Sehingga ia akan selalu mengingat apayang telah dilakukannya di masa-masa lalu. Memohonampun atas segala dosa yang telah diperbuat, seraya berjanjiuntuk melangkah menuju masa depan yang lebih baik.
  5. 5. FALSAFAH IBADAH HAJI• Thawaf• Thawaf adalah mengelilingi ka’bah sebanyak 7putaran. Simbol keselarasan dengan Alam,sebagaimana bumi yang berputar padaporosnya, planet-planet yang berputar padabintang, ataupun elektron yang berputar padainti Atom. Thawaf mengajarkan untuk hidupselaras dengan Alam, sehingga kerusakan didunia dapat dihindari.
  6. 6. FALSAFAH IBADAH HAJISaiSa’i adalah sebuah refleksi ketangguhan dalam pertualangan(struggle). Bisa dibayangkan seorang Hajar (ibu) dengan bayiyang masih merah harus berjuang dengan berat antara Safadan Marwah. Tidak satu kali, namun 7 kali, di tempat yangsama bolak-baik mencari sebuah solusi.Jika direnungkan hal ini, pasti logika akan menyebutkansebagai suatu yang tidak beralasan (unreasonable). Logikaakan menyebutkan bahwa sebenanrnya 2 kalipun sudahcukup, mengapa harus 7 kali, tidak ada satu hal yang berubahdalam proses tersebut. Tapi itulah semangat perjuangan dankemauan untuk berkorban dari Siti Hajar. Jika hikmah inidiambil sebagai pesan moral dalam kehidupan, maka kitaakan menyadari bahwa hidup adalah perjuangan, tidak adahidup tanpa perjuangan (life is struggle, there is no lifewithout struggle).
  7. 7. FALSAFAH IBADAH HAJI• Jumrah• Melempar jumrah pada hakikatnya adalahmelempar batu yang simbolnya adalah setan.Artinya ada satu pertarungan abadi antara kitadengan setan. Kita tidak berteman dengan setan.Setan adalah musuh dalam kehidupan.Pertanyaannya, sudahkah kita juga siap untukmelawan setan setelah kembali ke tanah air?Setan dalam artian bathiniyyah bisa berbentukharta, jabatan dan segala macam yang dapatmemalingkan kita dari kehendak Tuhan.
  8. 8. FALSAFAH IBADAH HAJI

×