Bahaya maksiat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Bahaya maksiat

on

  • 1,459 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,459
Slideshare-icon Views on SlideShare
1,459
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
9
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Bahaya maksiat Bahaya maksiat Presentation Transcript

    • BAHAYA MAKSIATOleh:HIDAYATULLAH, S.H.I,M.Pd.ISTIKES SURYA GLOBALYOGYAKARTA2013
    • PENGERTIAN MAKSIAT• Dalam kamus bahasa Indonesia maksiatadalah : perbuatan yg melanggar perintahAllah; perbuatan dosa (tercela, buruk, dsb)• Maksiat menurut istilah adalah lawanketaatan, baik itu meninggalkan perintahmaupun melakukan suatu larangan. Secarahakiki maksiat adalah perbuatan durhaka(asha) kepada Allah SWT. bisa berupa menolakmelaksanakan perintah Allah SWT ataumelanggar larangan-Nya.
    • LARANGAN MAKSIATDan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dantidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabilaAllah dan rasul-Nya Telah menetapkan suatuketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain)tentang urusan mereka. dan barangsiapamendurhakai Allah dan rasul-Nya Maka sungguhlahdia Telah sesat, sesat yang nyata. (QS. Al Ahzab 36).
    • JENIS-JENIS MAKSIATA.Maksiat / dosa besar yang mengakibatkanpelakunya murtad- Syirik akbar / besar (menyekutukan Allah) yaitumenyamakan Allah kepada makhluk-Nya-Mengolok-olok Hukum Allah dan rasul-rasulnya- Memusuhi kaum muslimin dan berloyalitas kepadakaum kafir.- Meninggalkan kewajiban dan menolak ajaran Islam.
    • JENIS-JENIS MAKSIATB. Maksiat / Dosa Besar yang tidak mengeluarkanpelakunya dari Islam.- Durhaka kepada Orang tua- Membunuh sesama muslim- Berzina (berhubungan badan yang tidak sah)- Dosa-dosa lainnya dosa mulut dan tangancontohnya seperti Riba’, sumpah palsu, menyia-nyiakan anak yatim, Ujub, melaknat sahabat nabidsb.
    • JENIS-JENIS MAKSIATC. Maksiat / Dosa kecil Melihat aurot wanita baik dijalanan maupundilayar tvMenyentuh wanita yang bukan mahramBerbohongMencela orang lain / mengejekMarah-marah, berkata jorok dsb.
    • MAKSIAT PERUT1. Maksiat perut antara lain seperti:i) Makan ribaAllah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan ribaii) Minum perkara yang memabukkanMereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi.Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar danbeberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebihbesar dari manfaatnya".
    • MAKSIAT PERUTiii) Makan harta anak yatimDan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) hartamereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk danjangan kamu makan harta mereka bersama hartamu.Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan)itu, adalah dosa yang besar.iv) Makan makanan dan minuman yang Allah haramkanKatakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukankepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendakmemakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yangmengalir atau daging babi karena sesungguhnya semua itu kotoratau binatang yang disembelih atas nama selain Allah.
    • MAKSIAT PERUTv) Allah Taala dan RasulNya Sallallahu alaihi wasallammelaknat orang yang memakan riba dan setiap apayang menyumbang ke arah ituAllah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkanriba. Orang-orang yang telah sampai kepadanyalarangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (darimengambil riba), maka baginya apa yang telahdiambilnya dahulu (sebelum datang larangan); danurusannya (terserah) kepada Allah. Orang yangkembali (mengambil riba), maka orang itu adalahpenghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
    • MAKSIAT PERUTvi) Juga dilaknat peminum arak dan semua yangmembantu peminumnya minum danmembelinya“Allah mengutuk arak danpeminumnya, penuangnya,penjualnya, pembelinya, produser(pembuatnya)distributor(pengedarnya),(pembawanya,pengirimnya, dan pemakan uang hasilnya”HR.Imam Abu Daud
    • Maksiat LisanMaksiat lisan itu banyak, contohnya:i) Mengumpat: Menyebut perihal saudarasemuslim dengan apa yang tidak disukainyawalaupun perkara itu benarii) Mengadu dombaiii) Menipuiv) Mencelav) Melaknatvi) Dan sebagainya
    • Maksiat MataMaksiat mata contohnya:i) Melihat perempuan ajnabiii) Melihat auratiii) Melihat dengan pandangan menghina kepadamuslimiv) Melihat ke dalam rumah orang lain tanpa izinv) Dan sebagainya
    • Maksiat Lidah• Maksiat Lidah contohnya :1. Ghibah, yaitu; apabila engkau menyebut–nyebut sesama saudara muslim dengan sesuatuyang ia membencinya (untuk dibicarakanterhadap orang) di antara apa yang ada padadiri orang tersebut di belakangnya artinya tidakdi hadapannya.2. Namimah, yaitu; menyebarkan isu ataupropaganda permusuhan (provokasi).
    • Maksiat Telinga• Maksiat Telinga1. Mendengar perkataan orang yang dirahasiakandarinya.2. Juga haram hukumnya mendengarghibah, namimah dan semacamnya.3. Berbeda halnya jika mendengar suara-suaratersebut tanpa disengaja dan iabencinya, namun demikian dia harusmengingkarinya jika mampu.
    • Maksiat Kedua Tangan• Maksiat Kedua Tangan contohnya :1. Mengurangi takaran, timbangan atau ukuran(dengan hasta misalnya).2. Mencuri, dan pencuri barang yang senilaiseperempat dinar dari tempat biasanya barangtersebut disimpan, akan dikenakan hukumanhad dengan dipotong tangan kanannyakemudian jika dia mengulanginya lagi makadipotong kaki kirinya, jika dia mengulanginyakembali maka dipotong tangankirinya, kemudian kaki kirinya.
    • Maksiat farji• Maksiat farji contohnya :1. Zina (yaitu memasukkan kepala penis ke dalamqubul).2. Liwath (yaitu memasukkan kepala penis melaluidubur).3. Hukuman bagi orang yang berbuat zina atau liwathadalah Rajam; dilempar dengan batu sampaimeninggal, bagi laki – laki dan perempuan yangsudah menikah atau dicambuk seratus kali dandiasingkan selama satu tahun bagi yang belummenikah dan bagi seorang budak setengah dariketentuan tersebut.
    • Maksiat kaki• Maksiat kaki contohnya :1. Di antara maksiat kaki : Pergi untuk melakukanperbuatan dosa seperti mencelakakan sesamamuslim dengan menghasut seorang penguasaatau yang lainnya, atau untuk membunuhnya;yaitu berjalan untuk membunuhnya ataumelukainya tanpa hak.2. Kaburnya seorang hamba dari majikannya, istridari suaminya, seseorang pelaku jinayah darihukuman qihsash,
    • Maksiat Badan• Maksiat Badan contohnya :1. Menyakiti (‘Uquq) kedua orang tua.2. Kabur dari peperangan; yaitu lari dari barisantentara Islam yang berperang di jalan Allahsetelah sampai di medan peperangan.3. Memutuskan tali silaturrahmi.4. Menyakiti tetangga meskipun seorang kafir;yang telah mendapat jaminankeamanan.
    • AKIBAT MAKSIAT1. Maksiat Menghalangi IlmuIllmu adalah sinar yang diletakkan Alloh di dalam hati.Sebaliknya sinar itu dapat padam dikarenakan adanyamaksiat.2 Maksiat Menghalangi RezekiIman Malik berkata, “Aku melihat Alloh telahmeletakkan sinar dalam hatimu. Jangan padamkansinar itu dengan kegelapan maksiat.”Dalam Musnad[2]dikatakan, “ Seorang Hamba tidakmendapatkan rezeki kareana dosa yang ia kerjakan.”
    • AKIBAT MAKSIAT3 Maksiat Mendatangkan Bencana dan KesulitanOrang yang bertaqwa mendapat keringanan. Sedangkanorang yang yang tidak bertaqwa mendapatkan kesukarandari Alloh dalam setiap urusannya.4. Maksiat sebab tidak terkabulnya do’aNabi bersabda : “Wahai segenap manusia, menyerulahkepada yang maruf dan cegahlah dari yang mungkarsebelum kamu berdoa kepada Allah dan tidak dikabulkanserta sebelum kamu memohon ampunan dan tidakdiampuni. Amar maruf tidak mendekatkan ajal.Sesungguhnya para robi Yahudi dan rahib Nasrani ketikamereka meninggalkan amar maruf dan nahimungkar, dilaknat oleh Allah melalui ucapan nabi-nabimereka. Mereka juga ditimpa bencana dan malapetaka.” (HR.Ath-Thabrani)
    • SEBAB-SEBAB MELAKUKAN MAKSIATImam Ibnu Qayyim mengatakan, “Penyebab utamatimbulnya semua kemaksiatan baik yang besarmaupun yang kecil ada tiga, yaitu:1. Keterkaitan hati kepada selain Allah.2. Menuruti dorongan amarah.3. Menuruti dorongan syahwat.Kemaksiatan tersebut terwujud dalam perbuatansyirik, kezhaliman dan perbuatan-perbuatan keji.
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT1. Anggaplah besar dosamu Abdullah bin Mas’ud Radhiallahuanhu berkata,”Orang beriman melihat dosa-dosanya seolah-olah ia duduk di bawah gunung, ia takut gunung tersebutmenimpanya. Sementara orang yang fajir (suka berbuatdosa) dosanya seperti lalat yang lewat di atas hidungnya.”2. Janganlah meremehkan dosaRasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,"Janganlahkamu meremehkan dosa, seperti kaum yang singgah di perutlembah. Lalu seseorang datang membawa ranting danseorang lainnya lagi datang membawa ranting sehinggamereka dapat menanak roti mereka. Kapan saja orang yangmelakukan suatu dosa menganggap remeh suatu dosa, makaitu akan membinasakannya.” (Ahmad dengan sanad yangshahih)
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT3. Janganlah mujaharah (menceritakan dosa)Rasulullah bersabda,”Semua umatku dimaafkankecuali mujahirun (orang yang berterus terang).Termasuk Mujaharah ialah seseorang yangmelakukan suatu amal (keburukan) pada malamhari kemuadian pada pagi harinya iamembeberkannya, padahal Allah telahmenutupinya, ia berkata, ‘Wahai fulan, tadi malamaku telah melakukan demikian. Pada malam hariTuhannya telah menutupi kesalahannya tetapipada pagi harinya ia membuka tabir Allah yangmenutupinya.” (Bukhari dan Muslim)
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT4. Taubat Nasuha yang tulusRasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” Allah lebihbergembira dengan taubat hamba-Nya tatkala bertaubatdaripada seorang di antara kamu yang berada di ataskendaraannya di padng pasir yang tandus. Kemudiankendaraan itu hilang darinya, padahal di atas kendaraan ituterdapat makanan dan minumannya. Ia sedih kehilangan halitu, lalu ia menuju pohon dan tidur dibawah naungannyadalam keadaan bersedih terhadap kendaraannya. Saat iadalam keadaan seperti itu, tiba-tiba kendaraannya munculdidekatnya, lalu ia mengambil tali kendalinya. Kemudian iaberkata, karena sangat bergembira,”Ya Allah Engkau adalahhambaku dan aku adalah Tuhanmu”. Ia salah ucap karenasangat bergembira." (Bukhari-Muslim)
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT5. Jika dosa berulang, maka Ulangilah bertaubatAli bin Abi thalib radhiyallahu ‘anhuberkata,”Sebaik-baik kalian adalah setiap orangyang diuji (dengan dosa) lagi bertaubat.”Ditanyakan,”Jika ia mengulangi lagi?” Iamenjawab.”Ia beristighfar kepada Allah danbertaubat.” Ditanyakan,”Jika ia kembali berbuatdosa?” Ia menjawab,”Ia beristighfar kepada Allahdan bertaubat,” Ditanyakan ,”Sampai kapan?” Diamenjawab,”Sampai setan berputus asa.”
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT6. Jauhi faktor-faktor penyebab kemaksiatanOrang yang bertaubat harus menjauhi situasi dan kondisiyang biasa ia temui pada saat melakukan kemaksiatan sertamenjauhi darinya secara keseluruhan dan sibuk denganselainnya.7. Senantiasa beristighfarSaat-saat beristighfar:a. Ketika melakukan dosab. Setelah melakukan ketaatanc. Dalam dzikir-dzikir rutin hariand. Senantiasa beristighfar setiap saat Rasulullah beristighfarkepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali (dalam riwayatlain 100 kali)
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT8. Apakah anda berjanji kepada Allah untukmeninggalkan kemaksiatan?Tidak ada bedanya antara orang yang berjanjikepada Allah (berupa nadzar atas tebusan dosayang dilakukannya) dengan orang yang tidakmelakukannya. Karena yang menyebabkan dirinyaterjerumus ke dalam kemaksiatan tidak lainhanyalah karena panggilan syahwat (hawa nafsu)lebih mendominasi daripada panggilan iman.
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT• 9. Melakukan kebajikan setelah keburukan• Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallambersabda,”Bertakwalah kepada Allah dimanasaja kamu berada, dan iringilah keburukandengan kebaijkan maka kebajikan itu akanmenghapus keburukan tersebut, sertaperlakukanlah manusia dengan akhlak yangbaik." (Ahmad dan Tirmidzi)
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT10. Merealisasikan TauhidRasulullah besabda,”Allah ‘Azza wa jallaberfirman.”Barangsiapa yang melakukan kebajikan maka iamendapatkan pahala sepuluh kebajikan dan Aku tambah danbarangsiapa yang melakukan keburukan, maka balasannyasatu keburukan yang sama, atau diampuni dosanya.Barangsiapa yang mendekat kepada-Ku sejengkal, maka Akumendekat kepadanya sehasta dan barangsiapa yangmendekat kepada-Ku sehasta, maka Aku mendekatkepadanya sedepa, barangsiapa yang datang kepada-Kudengan berjalan, maka Aku datang kepadanya denganberlari. Barangsiapa yang menemui-Ku dengan dosa sepenuhbumi tanpa menyekutukan Aku dengan sesuatuapapun, maka Aku menemuinya dengan maghfirah(ampunan) yang sama.” (Muslim-Ahmad)
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT11. Jangan berpisah dengan orang-orang yang baika. Persahabatan dengan orang-orang baik adalahamal shalih.b. Mencintai orang-orang shalih menyebabkanseseorang bersama mereka, walaupun ia tidakmencapai kedudukan mereka dalam amal.
    • Manusia itu ada 3 golongan:1. Golongan yang membawa dirinya dengankendali takwa dan mencegahnya darikemaksiatan. Inilah golongan terbaik.2. Golongan yang melakukan kemaksiatan dalamkeadaan takut dan menyesal. Ia merasa dirinyaberada dalam bahaya yang besar, dan iaberharap suatu hai dapat berpisah darikemaksiatan tersebut.3. Golongan yang mencarikemaksiatan, bergembira dengannya danmenyesal karena kehilangan hal itu.
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT• 12. Jangan tinggalkan Da’wah• Said bin Jubair berkata,”Sekiranya seseorangtidak boleh menyuruh kebajikan dan mencegahkemungkaran sehingga tidak ada dalam dirinyasesuatu (kesalahan) pun, maka tidak adaseorang pun yang menyeru kepada kebajikandan mencegah dari kemungkaran." Imam Malikberkomentar, " Ia benar. Siapakah yang padadirinya tidak ada sesuatupun (kesalahan)."
    • SOLUSI MENGHINDARI MAKSIAT13. Jangan cela orang lain karena perbuatandosanyaRasulullah menceritakan kepada para sahabatbahwasanya seseorang berkata,"Demi Allah, Allahtidak akan mengampuni si fulan." Allahberfirman,"Siapakah yang bersumpah atas nama-Ku bahwa Aku tidak mengampuni si fulan?Sesungguhnya Aku telah mengampuni dosanyadan Aku telah menghapus amalmu" (HR. Muslim)
    • PENUTUPManusia memang bukan makhluk suciseperti halnya Malaikat yang tidak pernahberbuat dosa. Manusia adalah tempatnyasalah dan dosa. Walaupun begitu kita tidakboleh pasrah dengan keadaan lalumembiarkan diri sendiri tenggelam kedalamkemaksiatan karena segala sesuatu pasti adapertanggung jawaban baik di dunia terlebihlagi diakhirat kelak.
    • TERIMAKASIHWassalamu’alaikum