Notasi ilmiah

4,756 views
4,952 views

Published on

Kita akan mempelajari teknik notasi ilmiah yang menyangkut masalah tata cara:
1.mengutip,
2.membuat catatan kaki, dan
3.menyusun daftar pustaka

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
4,756
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
19
Actions
Shares
0
Downloads
68
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Notasi ilmiah

  1. 1. NOTASI ILMIAH,BAHASA INDONESIA PENELITIAN
  2. 2. NOTASIILMIAH• Teori maupun konsep yang kitagunakan sebagai bahan rujukan dalampenulisan karya ilmiah, harusmencakup beberapa hal:• Identifikasi orang yang membuatpernyataan tersebut• Identifikasi media komunikasi yangmemuat hal tersebut• Identifikasi lembaga yangmenerbitkannya• Apabila rujukan tersebut tidakditerbitkan, melainkan disampaikandalam bentuk makalah dalam seminaratau lokakarya, maka kita harusmenyebutkan tempat, waktu, danlembaga yang menyelenggarakannya
  3. 3. NOTASIILMIAH• Begitu pula jika rujukan berasal darihasil wawancara, kita pun harusmenyebutkan tempat, waktu, ataumedia yang menyiarkannya.Kita akan mempelajari teknik notasiilmiah yang menyangkut masalah tatacara1.mengutip,2.membuat catatan kaki, dan3.menyusun daftar pustaka
  4. 4. KUTIPAN Membuat kutipan pada dasarnya dapatdiartikan sebagai kegiatan meminjampendapat seseorang yang disampaikansecara lisan meupun tertulis, untukmendukung gagasan/ ide pokoktulisan yang kita tulis BERUPA:•Cetakan atau•Rekaman hasil wawancaraJenis Kutipan1. Langsung2. Tidak Langsung
  5. 5. KUTIPANLANGSUNG Skripsi adalah naskah teknis.Pada umumnya skripsimerupakan pula sebagian syaratuntuk memperolerh gelar (derajatakademis) doktoradus dan atauyang sederajat, dengan titik beratsebagai latihan menulis karyailmiah bagi calon sarjana(Brotowidjoyo 1993:143).
  6. 6. KUTIPANTIDAKLANGSUNGSeperti yang dikemukakan olehBrotowidjoyo (1003:147) bahwaskripsi pada dasarnya adalahlatihan menulis ilmiah bagi calonsarjana. Naskah teknis inisekaligus berfungsi sebagaipelengkap persyarataan akhiruntuk memperoleh gelar sarjanabagi seorang mahasiswa.
  7. 7. CATATANKAKI(FOOTNOTE)Catatan kaki atau footnoteadalah keterangan mengenaisumber referensi atau isi yangditempatkan di kaki tulisan.Catatan ini diperlukan selain untukmenunjukkan tempat/ sumberyang kita kutip, menguatkanpendapat yang kita kemukakan,memberi referensi silang (cross-references), juga sebagai tempatmemberi komentar atautanggapan terhadap pendapatnarasumbernya.
  8. 8. IBIDIbidSingkatan dari Ibiddem adalah catatan kakiyang digunakan untuk menyebutkan sumberreferensi yang sama persis dengan sumberreferensi sebelumnya. Apabila berbedahalaman, tinggal menuliskan Ibid, halaman….Contoh :1) JS. Badudu, 1994, Cakrawala BahasaIndonesia, Jakarta, Gramedia, halaman 63.2) Ibid, halaman 72.• .
  9. 9. OPCITOp. CitSingkatan dari Operet Citato adalah catatankaki yang digunakan untuk menunjukkansumber referensi yang sama yang telahdisisipi oleh sumber referensi lain, dan darihalaman yang berbeda.Contoh :1) JS. Badudu, 1994, Cakrawala BahasaIndonesia, Jakarta, Gramedia, halaman 57.2) Mochtar Lubis, 1987, Teknik Magang, Jakarta,Balai Pustaka, halaman 31.3) JS. Badudu, Op. Cit, hal 68..
  10. 10. LOCCITLoc CitSingkatan dari Locco Citato adalah catatankaki yang digunakan untuk menunjukkansumber referensi yang sama yang telahdisisipi oleh sumber referensi lain dan darihalaman yang sama.Contoh :1) Henry Tarigan, 1988, Menulis Sebagai SuatuAspek Keterampilan Berbahasa,Jakarta, Gramedia, halaman 912) Umar, 1988, Para, Jakarta, Pustaka Jaya,halaman 563) Henry Tarigan, Loc Cit.

×