Your SlideShare is downloading. ×
Modul Debat Bahasa Indonesia - SMA Negeri 1 Argamakmur
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Modul Debat Bahasa Indonesia - SMA Negeri 1 Argamakmur

9,629
views

Published on

Modul Bahasa Indonesia yang diambil sumbernya dari cyber kir sma 2 bengkulu dengan sedikit perubahan.

Modul Bahasa Indonesia yang diambil sumbernya dari cyber kir sma 2 bengkulu dengan sedikit perubahan.

Published in: Technology, Education

2 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
9,629
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
238
Comments
2
Likes
3
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Debat Bahasa IndonesiaMuhammad Didit Prasodjo, 9974079440SMA Negeri 1 Argamakmur
  • 2. Debat?Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara duapihak atau lebih, baik secara perorangan maupunkelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskanmasalah dan perbedaan.SMA Negeri 1 Argamakmur
  • 3. Debat?Hal Prinsip dalam Debat adalah:1. Pertentangan Argumentasi2. Pro/mendukung dan Kontra/menolak3. Tidak ada pertentangan SARASMA Negeri 1 Argamakmur
  • 4. SMA Negeri 1 ArgamakmurAjang Debat Kompetitif di Indonesia terbagi atas:1. English DebatingKompetisi English Debating Indonesia yang kita ketahui saatini adalah: NSDC / ISDC (National Schools DebatingChampionship / Indonesian Schools Debating Championship).1. Debat Bahasa IndonesiaKompetisi Debat Bahasa Indonesia pertama kali diprakarsaiDepdikbud Pusat dengan adanya Lomba Debat BahasaIndonesia I Tahun 2012 di Cisarua BogorDebat Kompetitif di Indonesia
  • 5. SMA Negeri 1 Argamakmur1. Menggunakan Sistem Parlemen Asia (Asian Parliamentary).2. 2 Tim (Affirmatif, Oposisi) terdiri dari masing-masing 3pembicara.3. Setiap peserta diberikan waktu 7 menit (max. 7 menit 20detik) untuk menyampaikan argumen dan 4 menit untukPidato Balasan di akhir perdebatan.4. Waktu ideal dalam debat: 6 menit 45 detik – 7 menit 20 detik(LDBI).Format Debat
  • 6. SMA Negeri 1 Argamakmur5. Jika selesai dibawah waktu ideal maka pembicara tersebutundertime, juri akan mempertimbangkan untuk mengurangiskor pembicara tersebut.6. Jika selesai lebih dari waktu ideal. Tidak ada penguranganskor, tapi apa poin yang disampaikan setelah waktu idealtidak akan dicatat. Juri punya hak atau otoritas untukmempersilahkan pembicara untuk kembali ke tempat duduk.7. Waktu Persiapan Kasus (case buliding) 30 menit8. Interupsi diberikan selama kurang lebih 10 detik, ketikapeserta lawan telah mempersilahkan.9. Disarankan menerima satu sampai dua interupsi saat pidato.Format Debat
  • 7. SMA Negeri 1 ArgamakmurAffirmatif OposisiPembicara Pertama (1) -------------► Pembicara Pertama (2)Pembicara Kedua (3) -------------► Pembicara Kedua (4)Pembicara Ketiga (5) -------------► Pembicara Ketiga (6)Pembicara Balasan (8) ◄------------- Pembicara Balasan (7)Urutan Pembicara:
  • 8. SMA Negeri 1 ArgamakmurAffirmatif:1. Menjelaskan dan Memberikan definisi atas masalah yangdiperdebatkan dengan alasan dan landasan yang jelas serta masih bisadiperdebatkan2. Memberikan parameter yang jelas tentang cangkupan yangdiperdebatkan. Contohnya adalah memberikan penjelasan sertabatasan terhadap apa yang akan didebatkan3. Jika debat akan menggunakan proposal, maka pemberian penjelasan,mekanisme dan detil dari proposal harus dijabarkan secara jelas.4. Memberi argumen-argumen yang sangat jelas tentang tentang mosiyang diperdebatkan.Peran Tim:
  • 9. SMA Negeri 1 ArgamakmurOposisi:1. Mengklarifikasi masalah dan ideologi mengapa menentang mosi dariAffirmatif dengan argumen-argumen yang sangat jelas. Pilihan:a. Menolak argumen dan permasalahan dari tim lawanb. Menerima argumen, tetapi jelaskan mengapa solusi atau argumendari tim lawan tidak menyelesaikan masalah atau mosi yangdiperdebatkanc. Menerima argumen dan solusi, tetapi jelaskan mengapa solusi danargumen yang diberikan hanya akan menghasilkan masalah laindaripada memberikan penyelesaian yang berartiPeran Tim:
  • 10. SMA Negeri 1 ArgamakmurAffirmatif:1. Pembicara Pertamaa. Memberikan latar belakang masalah (isu, permasalahan)b. Memberikan definisi dan parameter terhadap mosic. Memaparkan Tujuan berdasarkan sudut pandang tim terhadapmosi.d. Mekanisme proposal (jika ada)e. Memaparkan pembagian tugas tiap pembicara tim tersebut.f. Mempresentasikan Argumeng. Merangkum apa yang telah pembicara tersebut sampaikanPeran Tim:
  • 11. SMA Negeri 1 ArgamakmurAffirmatif:2. Pembicara Keduaa. Menyanggah Pembicara Lawan (Oposisi)b. Memberikan Argumenc. Merangkum apa yang telah pembicara tersebut sampaikan3. Pembicara Ketigaa. Menyanggah Pembicara Lawan (Oposisi)b. Memperkuat Kasus Tim yang telah disanggah Pembicara Lawanc. Merangkum semua yang telah dibicarakan oleh pembicarapertama dan kedua dari tim tersebut.d. Tidak Membawa Argumen baru.Peran Tim:
  • 12. SMA Negeri 1 ArgamakmurOposisi:1. Pembicara Pertamaa. Menyanggah Pembicara Lawan (Affirmatif)b. Memberikan Ideologi Perlawanan (dimana dikaji bahwa latarbelakang atau isu yang telah dipaparkan adalah: (1) tidak relevan,(2) Bukan masalah yang tepat, atau (3) Masih ada masalah lainyang lebih penting.)c. Memberikan solusi tandingan (dimana dikaji bahwa solusi yangtelah di sampaikan Affirmatif: (1) tidak efektif, (2) tidak relevan,atau (3) masih ada solusi lain yang lebih penting dibandingkansolusi yang affirmatif telah sampaikan)Peran Tim:
  • 13. SMA Negeri 1 ArgamakmurOposisi:1. Pembicara Pertamad. Memberikan definisi dan parameter terhadap mosie. Memaparkan Tujuan berdasarkan sudut pandang tim terhadapmosi.f. Mekanisme proposal (jika ada)g. Memaparkan pembagian tugas tiap pembicara tim tersebut.h. Mempresentasikan Argumeni. Merangkum apa yang telah pembicara tersebut sampaikanPeran Tim:
  • 14. SMA Negeri 1 ArgamakmurOposisi:2. Pembicara Keduaa. Menyanggah Pembicara Lawan (Affirmatif)b. Memberikan Argumenc. Merangkum apa yang telah pembicara tersebut sampaikan3. Pembicara Ketigaa. Menyanggah Pembicara Lawan (Affirmatif)b. Memperkuat Kasus Tim yang telah disanggah Pembicara Lawanc. Merangkum semua yang telah dibicarakan oleh pembicarapertama dan kedua dari tim tersebut.d. Tidak Membawa Argumen baru.Peran Tim:
  • 15. SMA Negeri 1 ArgamakmurPembicara Balasan:Affirmatif:1. Membandingkan Poin-Poin yang telah dipaparkan oleh Tim Affirmatifdengan Poin-Poin yang telah dipaparkan Tim Oposisi dengan alasanyang jelas serta menunjukkan kelebihan dari argumen tim Affirmatifdan kelemahan argumen Lawan (Oposisi) dan pada akhirnya ditutupdengan penegasan bahwa tim mereka pantas untuk jadi pemenangdebat ini.Peran Tim:
  • 16. SMA Negeri 1 ArgamakmurPembicara Balasan:Oposisi:1. Membandingkan Poin-Poin yang telah dipaparkan oleh Tim Oposisidengan Poin-Poin yang telah dipaparkan Tim Affirmatif dengan alasanyang jelas serta menunjukkan kelebihan dari argumen tim Oposisi dankelemahan argumen Lawan (Affirmatif) dan pada akhirnya ditutupdengan penegasan bahwa tim mereka pantas untuk jadi pemenangdebat ini.Peran Tim:
  • 17. SMA Negeri 1 ArgamakmurMosi:Mosi adalah topik yang sedang diperdebatkan, biasanya dalam bentuksebuah statement dan biasanya diambil dari kejadian-kejadian terkini.Contoh: Pemerintah akan melegalkan aborsi. Tim Affirmatif harusmensetujui dan membangun argumen yang memperkuat mosinya dantim Oposisi harus menolak dan memberikan argumen ataspenolakannya.
  • 18. SMA Negeri 1 ArgamakmurSistem Penilaian:1. Isi (matter)a. Argumen-argumen yang disampaikan (logis, mempunyaibukti yang kuat, relevan)2. Tata Perilaku dan Cara Penyampaian (manner)a. Kemampuan berpidato : intonasi, penggunaan bahasa,penggunaan catatan, eye contact, sikap, sifat, pakaianyang dikenakan, kebijaksanaan, dan rasa humorb. Penghinaan atau segala sesuatu yang bersifat offensif danpersonal akan mengurangi poin.
  • 19. SMA Negeri 1 ArgamakmurSistem Penilaian:3. Struktur (method)a. Struktur yang diberikan setiap peserta perorangan danperforma tim secara keseluruhanb. Respon dari masing-masing team dan dinamika debat
  • 20. SMA Negeri 1 ArgamakmurTips dalam Berdebat:1. Berwawasan LuasDebater harus memiliki wawasan yang luas. Oleh karena itu,sangat pantas seorang Debater membaca berbagai referensiuntuk nambah-nambah informasi dan wawasan.2. Mengetahui Pola Tim Kita dan Tim LawanJika kita sudah mengetahui pola dari tim lawan, maka sesusahapapun lawan, akan dengan mudah dapat diatasi.
  • 21. SMA Negeri 1 ArgamakmurLomba Debat Bahasa IndonesiaLomba Debat Bahasa Indonesia 1 Diadakan di Bogor pada Tahun 2012.Delegasi Provinsi Bengkulu untuk mengikuti Lomba Debat BahasaIndonesia adalah: Desantia, Harif, dan Qodri (SMA Negeri 2 Bengkulu)
  • 22. FIGHTING!!!!
  • 23. Curriculum VitaeName: Muhammad Didit PrasodjoBorn: Argamakmur, May 31st, 1997Occupation: Student in XI Science 2 Class inSMA 1 Argamakmur.Achievement:- 1st Winner of Yamaha English Speech 2011- 3rd Winner of PGRI Anniversary Speech2011- 3rd Best Speaker of Provincial Selection ofNSDC 2012- Participant of National Schools DebatingChampionship 2012 in Jakarta (along withDaniel Kurnia and Dwi Mardayati (SMA 2Bengkulu).)- Adjudicator of Mahoni English DebatingChampionship 2013