Presentation e democracy

  • 294 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
294
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
9
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Disusun Oleh:Agryan Wahyu Prayoga (6661101541) Dedi Setiadi (6661100754) Nana Permana (6661103394) Nisyyah Azzahrah (6661100898) Nona Rosita (6661101142)
  • 2. Pada dasarnya yang dimaksud E-demokrasi atau DemokrasiElektronik adalah Representasi/penggunaan elektronik dalam prosesdemokrasi (Von Lucke). Proses demokrasi dibagi menjadi tiga sub proses(Parycek, 2003) : Informasi akuisisi Pembentukan pendapat dan Keputusan itu sendiri. E-demokrasi memiliki dua tujuan yang berasal dari pernyataan di atas(Alexander Prosser, 2004): Bidang E-Partisipasi (Informasi & akuisisi pembentukan pendapat) Bidang E-Voting (proses pengambilan keputusan)
  • 3. E-Partisipasi prinsipnya dapat dipahami sebagaiteknologi me-mediasi interaksi antara masyarakatsipil dan lingkup politik formal, dan antara lingkupmasyarakat sipil dan administrasi (CliveSanford, 2007). Tugas e-Partisipasi adalah untukmemberdayakan masyarakat dengan TIK sehinggadapat dengan mudah/efisien menyalurkansuara/aspirasi dalam proses pengambilankeputusan, untuk membuat keputusan, dan untukmengembangkan sosial dan politik tanggung jawab.
  • 4. Area Partisipasi (C.Fraser dll) : Penyediaan informasi Ruang komunitas Konsultasi Kampanye Penunjang pemilihan Pertimbangan Wacana Mediasi Perencanaan tata ruang Polling voting
  • 5. (Macintosh, 2003) mengidentifikasikan sebagaipersyaratan sosial, informasi kampanye yangterkomputerisasi dan sistem informasi publikharus dirancang dan didukung sedemikianrupa untuk membantu mempersempitkesenjangan antara ‘kaya informasi’ dan‘miskin informasi’ jika tidak maka dalamjangka pendek TIK akan melebar padakonsekuensi terburuk, yakni dengan adanyateknologi yang bisa mengurangi pertemuantatap muka dan meningkatkan bahayamanipulasi elit politik.
  • 6. Sejumlah persyaratan sosial dapat diidentifikasi : Aksesibilitas: Apakah mungkin untuk metode ini akan memenuhi pedoman aksesibilitas yang dinyatakan oleh W3C Rekomendasi 5-mei-1999? Privasi: Dapatkah privasi pengguna dipertahankan? Kebutuhan Hardware pengguna: hardware jenis apa yang pengguna harus miliki guna melaksanakan aplikasi (misalnya. broadband koneksi kecepatan tinggi) ? Pengetahuan Teknis pengguna yang dibutuhkan: apakah pengguna diperlukan untuk menjadi akrab dengan teknologi tertentu dalam menggunakan e-metode?
  • 7. Sejumlah persyaratan teknis dapat diidentifikasi : Kompleksitas penyebaran: Bagaimana kesulitan pada penyebaran alat- alat e-partisipasi? Kekayaan informasi: Apakah jumlah informasi yang ada dapat mengandung metode e-spesifik? Keamanan: Dapatkah navigasi pengguna diamankan? Interaktivitas: Untuk apa gelar saluran komunikasi searah atau dua arah? Skalabilitas: Bagaimana skala aplikasi dapat efektif untuk memenuhi publik yang lebih luas atau memperluas kemampuan saat ini.
  • 8. 1. Webcast adalah audio internet dan / atau videostream yang dihasilkan dari acara live, atauPenayangan secara online dari sinyal siaran (ElaineG. Toms, 2005).2. FAQ, metode ini menyajikan informasi melaluipertanyaan (T) dan jawaban (A) yang dapat dicaridengan menggunakan kata kunci atau denganmemasukkan sebuah pertanyaan atau pernyataandalam bahasa alamiah.
  • 9. 3. Blogs adalah halaman web dengan sedikit atau tanpa editingeksternal, menyediakan komentar online,diperbaharui secaraberkala dan disajikan dalam urutan kronologis terbalik, denganhyperlink ke sumber online lainnya. (Daniel W. Drezner, 2004)4. Quick Pools/Polling Cepat adalah survei pendapat yangbersumber dari sampel khusus. Jajak pendapat biasanyadirancang untuk mewakili pendapat populasi denganmengajukan kepada beberapa orang dengan serangkaianpertanyaan dan kemudian ekstrapolasi jawaban atas kelompokyang lebih besar dalam interval kepercayaan.
  • 10. 5. Survei adalah suatu proses untuk mengumpulkaninformasi, tanpa verifikasi rinci, pada kegiatan yangdiperiksa.6. Chat Rooms, istilah ini dapat berarti setiap Malthusteknologi mulai dari real-time chatting online selamainstant messaging dan forum online untuk sepenuhnyagrafis immersive. Chat Room kadang memilikimoderator untuk Memfasilitasi interaksi denganpanel dan untuk mengendalikan diskusi.
  • 11. 7. Decision Making Games, memungkinkanpengguna untuk melihat dan berinteraksidengan animasi yang menggambarkanilustrasi, atau mensimulasikan aspek yangrelevan dari masalah. Biasanya ada beberapaaspek kompetitif diperiksa sebagai kuis.Kontennya, tingkat kesulitan dan jenis antarmuka tergantung pada target pemirsa.8. Discussion Forums, sebuah forum internetadalah sebuah aplikasi web untuk melakukandiskusi dan posting.
  • 12. 9. E-panel direkrut mewakili satu set, sebagai lawan dari diri yangdipilih, dengan menetapkan peserta yang telah setuju untukmembahas tentang berbagai masalah menggunakan TIK padainterval selama periode waktu tertentu. memungkinkan untukmendukung keterlibatan intensif dengan memberikan pesertaberkontribusi sejumlah e-tools untuk online.10. E-petisi, merupakan bentuk petisi yang diposting di situs Web.Pengunjung website dipertanyakan jika mereka Inginmenambahkan alamat email mereka atau nama dalam bentukpetisi, dan setelah cukup "tanda tangan" memiliki telahdikumpulkan, surat sehingga dapat disampaikan kepada penulispermohonan, biasanya melalui e-mail.
  • 13. 11. E-deliberatif Polling, pemungutan suaradeliberatif menggabungkan kelompok kecildiskusi yang melibatkan banyak peserta dengansampeling acak dari opini publik.12. Virtual Communities, virtual e-komunitas ataukomunitas online adalah sekelompok orang yangberinteraksi dengan yang paling utama mediakomunikasi sebagai pencarian, email atau Use netketimbang tatap muka.
  • 14. Tidak ada e-metode yang dapat cocok untuksemua aplikasi, dan sebaliknya, tidak ada aplikasiyang dapat menggunakan semua e-metode.Sebuah e-metode harus dipilih mengenai tuntutansetiap situasi dan mempertimbangkan ataskelebihan yang disebutkan dan kekurangantertentu bahwa e-metode memiliki.
  • 15. Sebuah sistem informasi berfokus pada pemenuhan kebutuhan luasdan beragam publik, sesuai dengan pedoman aksesibilitas bisamemanfaatkan webcast, blog, faqs, quickpolls, survei dan mekanismeperingatan tetapi harus menghindari pelaksanaan pengambilankeputusan permainan. Di sisi lain, tim desain tertarik dalam merancangsistem informasi yang sangat interaktif, tidak kemudi jelaskompleksitas penyebaran tinggi dan persyaratan perangkatkeras, harus mempertimbangkan untuk membuat menggunakanpengambilan keputusan permainan, chat room, forum diskusi, e-panel, e-deliberatif forum dan komunitas online. Hal ini menentukanbahwa sistem dengan privasi tinggi dan persyaratan keamanan harusmenghindari chat room dan komunitas online, kecuali jika merekaberoperasi di bawah pengawasan.