Dika fahrul roji

305 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
305
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Dika fahrul roji

  1. 1. STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI KTSPDiajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Individu Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran Dosen : Akhmad Sudrajat, M.Pd Disusun Oleh: Dika Fahrul Roji 2B Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan
  2. 2. REVIEW BAB I1. Perencanaan program pembelajaran meliputi perumusan tujuan, materi pelajaran,kegiatan belajarmengajar,media sumber belajar,dan sumber evaluasi. 2. Persiapan pembelajaran sebelum dimulainya pembelajaran meliputi kegiatan membaca kembalisatuan pelajaran yang telah dibuatnya mengecek semua alat dan media yang digunakan.3. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan dalam membuka pelajaran,kegiataninti dalam menyajikan bahan pelajaran dan menutup pelajaran.4. Kegiatan memberikan penilaian meliputi kegiatan mempersiapkan tes melaksanakan danmengolah hasil tes untuk memperoleh nilai.5. Komponen pendahuluan adalah kegiatan pembelajaran yang berupa kegiatan menumbuhkanmotivasi,menginformasi dan menyadarkan akan tujuan belajar .6. Komponen penyajian adalah kegiatan pembelajaran yang di dalamnya terdiri dari kegiatanpenyampaian informasi membantu menggali informasi dan mendampingi peserta didik selamamengerjakan latihan yang di berikan.
  3. 3. 7. Komponen penutup adalah kegiatan pembelajaran secara tetap pengajar menerapkanurutan kegiatan pembelajaran berupa pemberian tes pormatif,umpan balik,dan tindaklanjut.8. Pengajaran grup besar (Large Group Intruction). Pola ini di ikuti lebih dari 30 orang .9. Pengajaran grup kecil (Small Group Intruction). Pola ini di ikuti 5-15 siswa.10. Pengajaran individual (Individualized Intruction). Pola ini di ikuti 1-3 siswa.11. Interest adalah usaha yang dilakukan guru untuk menarik perhatian siswa pada materipelajaran yang baru.12. Titik pusat adalah kegiatan guru menguraikan materi dan di uraikan terpusat padabahasan yang sedang dipelajari bersama.13. Rantai kognitif adalah urutan atau sistematika dalam menyampaikan ‘bahasanpelajaran’.14. Kontak adalah hubungan batin antara guru dan siswa dalam kaitannya dengan materiyang sedang dibahas bersama
  4. 4. KTSP RPP Pengertian Pengembangan Kurikulum Silabus Standar Isi Keunggulan Pembelajaran KTSPPrinsip Pengembangan Komponen KTSP KTSP
  5. 5. RIVIEW BAB II1. KURIKULUM ADALAH SEPERANGKAT RENCANA DAN PENGATURANTENTANG TUJUAN,ISI,DAN BAHAN PELAJARAN SERTA CARA YANGDIGUNAKAN SEBAGAI PEDOMAN PENYELENGGARAAN KEGIATANPEMBELAJARAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN TERTENTU.2. BERPUSAT PADA POTENSI,PERKEMBANGAN,KEBUTUHAN,DANKEPENTINGAN PESERTA DIDIK DAN LINGKUNGANNYA.3. BERAGAM DAN TERPADU4. TANGGAPAN TERHADAP IP,TEKHNOLOGI,DAN SENI.5. RELEVAN DENGAN KEBUTUHAN KEHIDUPAN MENYELURUH DANBERKESINAMBUNGAN6. BELAJAR SEPANJANG HAYAT.7. SEIMBANG ANTARA KEPENTINGAN NASIONAL DAN KEPENTINGANDAERAH.
  6. 6. 8. BAB I: PENDAHULUAN BERISI TENTANG RASIONALLANDASAN,TUJUAN KTSP9. BAB II: TUJUAN KTSP (VISI,MISI DAN TUJUAN).10. BAB III: KALENDER PENDIDIKAN,KALENDER PENDIDIKAN ADALAHPENGATURAN WAKTU UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIKDALAM 1 TAHUN AJARAN.11. BAB IV: PENUTUP. DENGAN BERBAGAI HAL DARI BAB I SAMPAI BAB IIIDIHARAPKAN MAMPU MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN12. MENGISI KOLOM IDENTIVIKASI,PENGEMBANGAN SILABUS,MENGISIINFORMASI YANG TERKAIT DENGAN IDENTITAS SILABUS.13. MENGKAJI SK DAN KD.14. MENGIDENTIVIKASI MATERI POKOK DENGAN MEMPERTIMBANGKANTINGKAT PERKEMBANGAN FISIK,INTELEKTUAL,EMOSIONAL,SOSIAL DANSPIRITUAL PESERTA DIDIK.15. PP NO.19/2005 TENTANG SNP PASAL 20 : PERENCANAAN PROSESPEMBELAJARAN MELIPUTI SILABUS DAN RPP YANG MEMUAT SEKURANGKURANGNYA TUJUAN PEMBELAJARAN,MATERI AJAR,METODEPENGAJARAN,SUMBER BELAJAR,DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR.
  7. 7. • Prinsip-prinsip persiapan Keutamaan mengajar persiapan pembelajaran Strategi • Pembelajaran kontekstual,bermain pembelajaran peran,belajar tuntas. berbasisPersiapan kompetensiPembelajaran • Indikator pembelajaran partisipatif Pembelajaran • Prosedur pengembangan pembelajaran partisipatif partisipatif. • Karakteristik sistem modul Pembelajaran • Komponen sistem modul dengan modul
  8. 8. REVIEW BAB IV1. KOMPETENSI YANG DIRUMUSKAN DALAM PERSIAPAN MENGAJARHARUS JELAS.2. PERSIAPAN MENGAJAR HARUS SEDERHANA DAN FLEKSIBEL SERTADAPAT DILAKSANAKAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARANDANPEMBENTUKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK.3. KEGIATAN-KEGIATAN YANG DISUSUN DAN DIKEMBANGKAN DALAMPERSIAPAN MENGAJAR HARUS MENJUNJUNG DAN SESUAI KD YANGTELAH DITETAPKAN.4. PERSIAPAN MENGAJAR YANG DIKEMBANGKAN HARUS UTUH,MENYELURUH SERTA JELAS PENCAPAIANNYA.5. HARUS ADA KOORDINASI ANTAR KOMPONEN PELAKSANA PROGRAMSEKOLAH.6. ADANYA KETERLIBATAN EMOSIONAL DAN MENTAL PESERTA DIDIK.7. ADANYA KESEDIAAN PESERTA DIDIK UNTUK MEMBERIKANKONSTRIBUSI DALAM PENCAPAIAN TUJUAN.8. DALAM KEGIATAN BELAJAR TERDAPAT HAL YANG MENGUNTUNGKANPESERTA DIDIK.9. SETIAP MODUL HARUS MEMBERIKAN INFORMASI DAN PETUNJUKPELAKSANAAN YANG JELAS.
  9. 9. 10. MODUL MERUPAKAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL SEHINGGAMENGUAPAYAK UNTUK MELIBATKAN SEBANYAK MUNGKINKARAKTERISTIK PESERTA DIDIK.11. PENDAHULUAN. BERISI DESKRIPSI UMUM SEPERTI MATERI YANGDISAJIKAN.12. TUJUAN PEMBELAJARAN BERISI TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUSYANG HARUIS DICAPAI PESERTA DIDIK.13. TES AWAL UNTUK MENETAPKAN POSISI PESERTA DIDIK DANMENGETAHUI KEMAMPUAN AWALNYA.14. PENGALAMAN BELAJAR YANG BERISI RINCIAN MATERI UNTUKSETIAP TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS.15. SUMBER BELAJAR BERISI TENTANG SUMBER SUMBER BELAJAR YANGDAPAT DI TELUSURI OLEH PESERTA DIDIK.16. TES AKHIR. INSTRUMEN YANG DIGUNAKAN DALAM TES AKHIRSAMADENGAN YANG DIGUNAKAN PADA TES AWAL.
  10. 10. RIVIEW BAB IV1. Teori. Seperangkat konstruk atau konsep,definisi atau preposisi yang salingberhubungan yang menyajikan pendapat sistematik.2. Konsep. Suatu abstraksi yang dibentuk organisasi dari kekhususan-kekhususan.3. Generalisasi. Kesimpulan umum berdasarkan hal hal yang khusus,bersumber darianalisis ,pendapat atau pembuktian dalam penelitian.4. Prinsip yaitu ide utama,pola skema yang ada dalam materi yang mengembangkanhubungan antara beberapa konsep.5. Prosedur yaitu seri langkah-langkah yang berurutan dalam materi pengajaran yangharus dilakukan peserta didik.6. Fakta; Sejumlah informasi khusus dalam materi yang dianggap penting.7. Istilah; Kata-kata pembendaharaan yang baru dan khusus yang diperkenalkan dalammateri.8. Contoh yaitu hal yang bertujuan untuk memperjelas pendapat.9. Definisi; Penjelasan tentang makna tentang suatu hal.10. Preposisi yaitu cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalamupaya mencapai tujuan kurikulum.

×