JARINGAN DASAR

KONSEP DASAR
JARINGAN
KOMPUTER
SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan
JARINGAN?


Definisi Dasar :
Dua atau lebih komputer yang saling
terhubung sehingga dapat membagi data
dan sumber-sumber ...
SERVER


Dalam sebuah jaringan komputer umumnya
saling berhubungan banyak komputer ke sebuah
atau beberapa server. Server...
TUJUAN MEMBANGUN JARINGAN
KOMPUTER:


Suatu jaringan komputer dibangun untuk
membawa informasi secara tepat dan tanpa
ada...
MANFAAT JARINGAN KOMPUTER:


Jaringan mempunyai beberapa manfaat
yang lebih dibandingkan dengan komputer
yang berdiri sen...
MANFAAT JARINGAN KOMPUTER:


Banyak pengguna dapat saling berbagi printer
tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan
me...
MANFAAT JARINGAN KOMPUTER:
•

Jaringan membantu mempertahankan informasi
agar

tetap

penyimpanan

andal
data

dan

up-to-...
MANFAAT JARINGAN KOMPUTER:


Jaringan membantu mempercepat proses berbagi
data (data sharing). Transfer data pada jaringa...
MANFAAT JARINGAN KOMPUTER:
•

Jaringan

memungkinkan

kelompok-kerja

berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat
dan

penya...
TIPE JARINGAN BERDASAR JARAK
JANGKAUAN:
Local Area Network (LAN).
 Metropolitan Area Network (MAN)
 Wide Area Network (W...
LAN


Local Area Network (LAN) adalah sejumlah
komputer yang saling dihubungkan bersama di
dalam satu areal tertentu yang...
MAN


Metropolitan Area Network(MAN) Sebuah MAN
biasanya meliputi area yang lebih besar dari
LAN , misalnya antara gedung...
MAN


MAN merupakan versi LAN yang berukuran
lebih besar dan biasanya menggunakan
teknology yang sama dengan LAN. MAN
mer...
WAN


Wide Area Network(WAN) adalah jaringan yang
biasanya sudah menggunakan media wireless,
sarana satelit ataupun kabel...
WAN
 WAN

adalah jaringan yang memiliki
jarak yang sangat luas, karena radiusnya
mencakup sebuah negara dan benua.
Pada s...
TOPOLOGI JARINGAN

Bus

Star

Ring
TOPOLOGI BUS


Topologi

BUS

adalah

topologi

umum

dalam

LAN. Satu kabel utama
menghubungkan
simpul

ke

tiap
saluran...
TOPOLOGI BUS


Kelebihan
Harganya lebih murah bila dibandingkan dengan
cara star, karena harga kabel yang digunakan lebih...
TOPOLOGI STAR


Dalam topologi STAR sebuah
terminal
pusat
bertindak
sebagai
pengatur
dan
pengendali semua komunikasi
data...
TOPOLOGI STAR

1.

2.
3.

1.

2.
3.

Kelebihan
Kerusakan pada satu saluran hanya akan
memengaruhi jaringan pada saluran ...
TOPOLOGI RING
 Topologi

RING atau

cincin adalah topologi
jaringan berbentuk
rangkaian titik yang
masing-masing
terhubun...
TOPOLOGI RING
Kelebihan
1. Hemat kabel
2. Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data
(collision), karena pada satu waktu ...
TOPOLOGI TREE


Topologi Pohon adalah
kombinasi karakteristik
antara topologi star dan
topologi bus. Topologi ini
terdiri...
TOPOLOGI TREE
Kelebihan
Dapat terbentuknya suatu kelompok yang
dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh,
perusahaan dap...
TOPOLOGI MESH


Topologi Mesh adalah
suatu topologi yang
memang didisain untuk
memiliki tingkat
restorasi dengan
berbagai...
TOPOLOGI MESH
Kelebihan
Hubungan dedicated links menjamin data
langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa
harus melalui ...
TOPOLOGI LINIER


Jaringan komputer dengan
topologi runtut (linear
topology) biasa disebut
dengan topologi bus
beruntut, ...
PROTOKOL
 Protokol

adalah sebuah aturan yang
mendefinisikan beberapa fungsi yang ada
dalam sebuah jaringan komputer, mis...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

konsep dasar jaringan komputer

3,185 views

Published on

konsep dasar jaringan komputer

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,185
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
94
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

konsep dasar jaringan komputer

  1. 1. JARINGAN DASAR KONSEP DASAR JARINGAN KOMPUTER SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan
  2. 2. JARINGAN?  Definisi Dasar : Dua atau lebih komputer yang saling terhubung sehingga dapat membagi data dan sumber-sumber peralatan lain
  3. 3. SERVER  Dalam sebuah jaringan komputer umumnya saling berhubungan banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer yang berfungsi sebagai “pelayan” pengiriman data dan/atau penerima data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung.
  4. 4. TUJUAN MEMBANGUN JARINGAN KOMPUTER:  Suatu jaringan komputer dibangun untuk membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (reciever) melalui media komunikasi.
  5. 5. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER:  Jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
  6. 6. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER:  Banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masingmasing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.
  7. 7. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER: • Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap penyimpanan andal data dan up-to-date. terpusat yang Sistem dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
  8. 8. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER:  Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.  Jaringan juga membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
  9. 9. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER: • Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
  10. 10. TIPE JARINGAN BERDASAR JARAK JANGKAUAN: Local Area Network (LAN).  Metropolitan Area Network (MAN)  Wide Area Network (WAN) 
  11. 11. LAN  Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung.  Terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server.
  12. 12. MAN  Metropolitan Area Network(MAN) Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN , misalnya antara gedung dalam satu Daerah (wilayah seperti profinsi atau Negara bagian).  Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang di hubungkan antara satu dengan lainya.
  13. 13. MAN  MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknology yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan membangun jaringan antar kantor dalam suatu kota. Jangkauan MAN antara 10 sampai dengan 50 km.
  14. 14. WAN  Wide Area Network(WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam satu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas Negara lain.
  15. 15. WAN  WAN adalah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepone yang menghubungkan jaringan satu dengan yang lain dengan media router.  Contoh: Internet (standar de-facto protokol internet untuk operasi WAN adalah TCP/IP).
  16. 16. TOPOLOGI JARINGAN Bus Star Ring
  17. 17. TOPOLOGI BUS  Topologi BUS adalah topologi umum dalam LAN. Satu kabel utama menghubungkan simpul ke tiap saluran tunggal komputer yang mengakses ujung dengan ujung.
  18. 18. TOPOLOGI BUS  Kelebihan Harganya lebih murah bila dibandingkan dengan cara star, karena harga kabel yang digunakan lebih murah dan pada jaringan dengan topologi ini tidak dibutuhkan konsetrator. 2. Bila salah satu komputer mati, tidak akan mengganggu komputer yang lain. 1.  1. 2. 3. Kekurangan Apabila terjadi kabel yang putus, semua komputer tidak dapat digunakan. Sering terjadi tabrakan file data yang dikirim. Untuk pengembangan ke arah yang lebih luas mengalami hambatan.
  19. 19. TOPOLOGI STAR  Dalam topologi STAR sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi. Semua kontrol dalam totpologi STAR dipusatkan pada satu titik yang dinamakan stasion primer dan terminal lain sebagai stasion sekunder.
  20. 20. TOPOLOGI STAR  1. 2. 3.  1. 2. 3. Kelebihan Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut. Tingkat keamanan termasuk tinggi. Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk. Kekurangan Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti. Boros dalam pemakaian kabel. HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat. ·
  21. 21. TOPOLOGI RING  Topologi RING atau cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
  22. 22. TOPOLOGI RING Kelebihan 1. Hemat kabel 2. Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data  Kekurangan 1. Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. 2. Pengembangan jaringan lebih kaku 3. Sulit mendeteksi kerusakan 
  23. 23. TOPOLOGI TREE  Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputerkomputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone.
  24. 24. TOPOLOGI TREE Kelebihan Dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.  Kekurangan Apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat. 
  25. 25. TOPOLOGI MESH  Topologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software. 
  26. 26. TOPOLOGI MESH Kelebihan Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramairamai/sharing).  Kekurangan · Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. 
  27. 27. TOPOLOGI LINIER  Jaringan komputer dengan topologi runtut (linear topology) biasa disebut dengan topologi bus beruntut, tata letak ini termasuk tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator).
  28. 28. PROTOKOL  Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh si pengirim (transmitter) dan si penerima (reciever) agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.  Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.

×