Peninggalan sejarah bercorak hindu–

21,309 views
20,960 views

Published on

Published in: Education
3 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
21,309
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
356
Comments
3
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Peninggalan sejarah bercorak hindu–

  1. 1. Banyaknya kerajaan Hindu dan Buddha diIndonesia sejak awal Masehi sampai abad ke-15mewariskan peninggalan-peninggalan sejarahbercorak Hindu dan Buddha yang banyak pula.Peninggalan sejarah tersebut beragambentuknya, ada yang berbentuk bangunan, senipatung (arca-arca), seni pahat dan ukir (relief),serta sastra (kitab-kitab). Pada bagian ini, kamuakan mempelajari beberapa peninggalan sejarahtersebut.
  2. 2. Candi merupakan bangunan yang memilikifungsi sebagai bangunan monumen. Di India,candi biasanya merupakan makam raja-raja.Namun, di Indonesia ada pula candi yangdibuat hanya untuk menghormati seorang raja.Karena fungsi asalnya sebagai makam, makacandi umumnya berbentuk bangunan yangtinggi dengan tiga bagian. Bagian bawahmerupakan lambang bhurloka (alam manusia),bagian tengah menggambarkan bhuvarloka(alam kematian), dan bagian atapmelambangkan swarloka (alam para dewa).
  3. 3. Ciri candi langgam Jawa Tengah: Bentuk bangunannya tambun Atapnya bertingkat-tingkat Puncaknya berbentuk ratna atau stupa Letak candi di tengah halaman Pada umumnya menghadap ke arah timur Kebanyakan bahan candi dari batu andesit
  4. 4. Ciri candi langgam Jawa Timur: Bentuk bangunannya ramping Atapnya berbentuk piramida jenjang Puncaknya berbentuk kubus Letak candi di belakang halaman Pada umumnya menghadap ke barat Kebanyakan bahan candi dari bata
  5. 5. Candi Kidal Candi Sukuh
  6. 6. Stupa merupakan bangunan yang berkaitandengan agama Buddha yang berfungsi: Dhatugarbha, yaitu tempat menyimpanpeninggalan keramat Buddha Caitya, yaitu tempat untuk memperingatikejadian penting dalam kehidupan Buddha
  7. 7. Dahulu Wihara merupakan tempat tinggal parabiksu yang terbuat dari kayu. Namun, saat iniwihara juga diidentikkan sebagai rumah ibadahagama buddha.
  8. 8. Arca merupakan batu yang dipahat hinggamembentuk manusia atau binatang. Biasanya,dibuat untuk menggambarkan orang-orang ataudewa-dewa tertentu. Bangunan arca diIndonesia umumnya berupa patung seorangraja yang digambarkan sebagai dewa.Berikut merupakan beberapa fungsi arca: Media (perantara) untuk menjalankan semedi Perhiasan bangunan Patung kuburan yang ditempatkan di bilik candi
  9. 9. Keraton adalah rumah tempat tinggal raja atau ratu.Keraton Jogja keraton Sumenep
  10. 10. Petirtaan adalah tempat pemandian suci yangsering digunakan oleh kalangan istanakerajaan.
  11. 11. Gapura adalah bangunan yang berupa pintugerbang, ada yang beratap dan berdaun pintu,serta ada yang menyerupai candi yang dibeladua.
  12. 12. Pertapaan adalah bangunan yang dicerukkanpada suatu gua batu dan difungsikan sebagaitempat tinggal para pertapa.
  13. 13. Relief merupakan pahatan tulisan atau gambaryang biasanya terdapat pada dinding candi.Beberapa relief ada yang menceritakanpengalaman hidup raja dan para dewa Hinduatau Buddha.
  14. 14. Kerajaan Hindu dan Buddha meninggalkanbeberapa kitab yang isinya beragam. Adayang berisi cerita, berita sejarah, ataudongeng-dongeng.Isi kitab umumnya berbentuk syair.Beberapa kitab peninggalan kerajaan Hindudan Buddha di antaranya adalah sebagaiberikut:
  15. 15.  Arjunawiwaha, karya Mpu Kanwa Sutasoma, karya Mpu tantular Negarakertagama, karya Mpu Prapanca Kitab Bharatayuda tulisan Mpu Sedah dan Mpu Panuluh. Kitab Smaradhana tulisan Mpu Dharmaja. Kitab Pararaton, merupakan kitab yang menceritakan silsilah raja-raja Singasari dan Majapahit. Kitab Sundayana, merupakan kitab yang menceritakan peristiwa Bubat. Kitab Ranggalawe, merupakan kitab yang menceritakan pemberontakan Ranggalawe.
  16. 16. Hingga saat ini, bahasa Indonesiamemperkaya diri dengan bahasasansekerta. Kalimat atau kata-katabahasa Indonesia yang merupakan hasilserapan dari bahasa sansekerta, yaitu:Pancasila, Dasa Dharma, Kartika EkaPaksi

×