Your SlideShare is downloading. ×
0
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Competitive review starbucks
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Competitive review starbucks

3,255

Published on

Published in: Business, News & Politics
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
3,255
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
70
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. STRATEGI PENGEMBANGAN PESAN KARINA ARIANDITA PUTRI - 0906614143
  • 2. STARBUCKS Starbucks adalah sebuah jaringan kedai kopi dari Seattle, Amerika. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi yang terbesar di dunia dengan 15.012 kedai di 44 negara, Starbucks menjual kopi berbasis espresso dengan berbagai variasi minuman panas dan dingin. Starbucks memiliki kualitas minuman kopi yang baik karena biji kopi yang digunakanpun adalah biji kopi pilihan dengan jenis Arabica dan melalui proses roasting yang sempurna. Starbucks memiliki minuman standartnya yang menjadi favorit seperti Latte, Capuccino dan Mocha dan berbagai minuman varian lainnya juga minuman seasonal yang spesial (minuman spesial summer dan chrismast)
  • 3. The Spread.. sejak pertama kali dibuka di Seattle, Starbucks tumbuh dengan cepat. Pada tahun 1990-an Starbucks banyak membuka kedai baru. Pertumbuhan ini terus berlanjut sampai tahun 2000-an. Pada akhir Maret 2008, telah memiliki 16.226 kedai di seluruh dunia, dan salah satunya di Indonesia.
  • 4. STARBUCKS INDONESIA Di indonesia, hak waralaba dimiliki oleh Mitra Adi Perkasa, dan kini di Indonesia Starbucks cukup digemari oleh para pecinta kopi. Sekarang ini, Starbucks sudah menyebar di beberapa kota besar. Untuk di Jakarta, hampir di setiap mall besar starbucks sudah hadir untuk para pecinta kopi. Selain itu, Starbucks sudah hadir di Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Bali dan Balikpapan. Untuk harga tiap minumannya sendiri berkisar Rp.15.000-49.000 dengan target market SES A&B.
  • 5. SWOT  STRENGTH Starbucks memiliki banyak kelebihan, tidak hanya sekedar kedai kopi biasa. Selain kualitas kopi yang disajikan sangat original dengan berbagai varian, Starbucks juga menyediakan tempat yang cozy sekedar hang out atau meeting point, disempurnakan pelayanan para barista yang ramah. Karena dalam visi Starbucks itu sendiri : starbucks is your second home. Sekarang pun starbucks telah memiliki positioning di kepala para konsumen sebagai kedai kopi nomor 1, dan telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini.
  • 6.  WEAKNESS kelemahan yang dimiliki Starbucks, selain harganya yang cukup mahal, beberapa konsumen mengeluh tentang WiFi, karena di beberapa gerai Starbucks (tidak semua) sistem WiFinya dengan voucher, sehingga konsumen harus membayar. Selain itu ada beberapa pilihan Sandwich yang tidak sesuai dengan lidah konsumen Indonesia.
  • 7.  OPPORTUNITY selama ini Starbucks menarik target pasar kelas SES A&B karena sesuai dengan harga produknya itu sendiri. Opportunity yang dapat dipertimbangkan dalam strategi pemasaran Starbucks adalah membuat suatu promosi yang dapat dijangkau oleh kalangan menengah (B-)
  • 8.  THREADS Dengan harganya yang kurang terjangkau, banyak konsumen pencinta kopi kelas menengah bawah yang lebih memilih tempat hangout dan menikmati kopi yang lebih terjangkau dan nyaman.
  • 9. MAIN COMPETITO R J.CO donut&coffee dari beberapa coffe shop yang telah ada seperti Coffe bean and Tea Leaf, Excelsso, Mr Bean, dan Kopi Luwak. Ternyata kompetitor terbesar Starbucks berdasarkan hasil riset adalah J.CO, karena banyak konsumen yang lebih memilih tempat ini sebagai tempat hangout yang terjangkau dan memiliki banyak pilihan donut, kopi, dan yogurt.
  • 10. PREPOSITION Starbucks harus belajar dari kekurangannya dan juga jeli melihat pergerakan kompetitornya agar starbucks tetap menjadi positioning utama dalam kepala konsumen di bidang kopi. Masalah utama yang menjadi penghambat Starbucks bergerak lebih luas adalah harga yang kurang terjangkau untuk mayoritas masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Starbucks perlu mengadakan promosi untuk beberapa minuman kopi baru dengan harga yang terjangkau, sebagai contoh paket mini latte with butter croissant dengan harga Rp. 20.000. Disamping Starbucks tetap mempertahankan produk minuman yang telah ada, starbucks harus tetap mempertahankan image nya sebagai minuman kopi yang berkualitas. Selain itu Starbucks juga perlu meningkatkan fasilitas dalam hal WiFi, semua gerai Starbucks harus menyediakan free Wifi tanpa konsumen harus membeli voucher.

×