Optik dan Contohnya

1,080
-1

Published on

tugas mata kuliah tentang OPTIK

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,080
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Optik dan Contohnya

  1. 1. Universitas Abdurrachman Shaleh Situbondo Fakultas Pertanian 2013
  2. 2. KELOMPOK Ahwal Laili Moh. Khoirul Dwi Septi Putri Ira Rohmatul 1 Ayu Wulan Albina Abrori Rudi Erliansyah Diego
  3. 3. Optik itu Apa yaaa.. ? Optik adalah Cabang fisika yang menggambarkan perilaku dan sifat cahaya dan interaksi cahaya dengan materi. Optik dijelaskan dan ditandai dengan fenomena optik. Kata berasal dari ὀπτική optik Latin, yang berarti tampilan.
  4. 4. Apa ajjah yaa macam-macam Alat Optik itu ??? Cekidot--1. MATA merupakan salah satu alat optik alamiah yang diciptakan oleh tuhan. di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal (kita menyebutnya lensa mata). fungsinya untuk mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa bernama cairan aqueous humor.
  5. 5. 2. kamera Merupakan alat optik yang cara kerjanya mirip dengan mata. Kamera menggunakan lensa cembung yang dapat digeser maju mundur. Kamera Mata Keterangan Lensa Lensa Lensa Cembung Diafragma Iris Mengatur besar kecilnya lubang cahaya Aperture Pupil Lubang tempat masuknya cahaya Film Retina Tempat terbentuknya bayangan
  6. 6. 3. Lup (kaca Pembesar) LUP Merupakan alat optik yang menggunakan lensa cembung untuk melihat benda-benda kecil. Lup biasa digunakan untuk melihat nama-nama jalan di peta yang tercetak sangat kecil, melihat gambar di perangko, dan melihat komponenkomponen jam tangan yang kecil. RUMUS Saat Mata berakomo dasi maksimu m Saat Mata Tidak berakomo dasi maksimu m
  7. 7. 4.Teleskop (Teropong) Teropong merupakan alat optik yang digunakan sebagai alat untuk melihat benda yang letaknya jauh. Teropong dibedakan menjadi dua : 1. 1. teropong bias (tersusun atas beberapa lensa) 2. contohnya : Teropong bintang (astronomi), teropong bumi, teropong panggung (teropong Galileo),teropong prisma (binokuler), teropong radio, dan teropong cermin. 3. 2. teropong pantul (tersusun atas beberapa cermin dan lensa).
  8. 8. 4.Teleskop (Teropong) ER T PO O NG IO AD R jenis – jenis nya Teropong radio adalah benda optik yang digunakan untuk melihat benda angkasa di luar angkasa yang jaraknya sangat jauh sekali. TER OP ON Gp ris m Teropong prisma adalah tropong yang berfungsi untuk melihat benda yang jauh agar tampak lebih dekat dan terlihat jelas. a
  9. 9. 4.Teleskop (Teropong) jenis – jenis nya Teropong bumi adalah Tropong Cermin adalah teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda langit antariksa dengan sifat gambar tidak terbalik, diperbesar, maya. g on p ro in T m er C alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda jauh yang ada di permukaan bumi. Bayangan yang terbentuk sifatnya maya, diperbesar dan tegak. Teropong bumi
  10. 10. 4.Teleskop (Teropong) jenis – jenis nya Te r bi op nt o an ng g ong Terop ng anggu p Teropong panggung memiliki fungsi yang sama dengan teropong bumi yaitu untuk melihat atau mengamati benda-benda jauh yang ada di permukaan bumi. Bayangan yang terbentuk sifatnya maya, diperbesar dan tegak. Teropong bintang adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda di luar angkasa seperti bulan, bintang, komet, dan lain sebagainya. Sifat bayangannya adalah maya, terbalik dan diperbesar.
  11. 11. 5. periskop Periskop adalah alat optik yang digunakan pada kapal selam untuk melihat permukaan laut. Kapal selam perlu melihat keadaan permukaan laut sebelum kapal selam tersebut muncul mengapung di permukaan. Periskop terdiri atas dua buah lensa cembung dan dua buah prisma siku-siku sama kaki.
  12. 12. 6.mikroskop Mikroskop adalah al at yang d apat digu untuk me nakan lihat suat u benda y jaraknya ang dekat den gan ukur sangat ke an yang cil (mikro n) untuk diperbesa r ag ar d a pat diliha detil. Sifat t secara bayangan yang terja yaitu may di a, terbalik dan diper Biasanya b digunaka n untuk m esar. bakeri, se elihat l, virus, da n lain-lain .
  13. 13. 7.Episkop Episkop adalah suatu benda yang berguna untuk memproyeksikan gambar yang tidak tembus cahaya dengan sifat bayangan tegak diperbesar.
  14. 14. 8.Proyektor slide Proyektor slide Adalah alat yang memiliki fungsi menampilkan bayangan sebuah gambar positif yang dapat ditembus cahaya.
  15. 15. 9.Over head projectror ( o h p) Over Head Projectror adalah alat yang berguna untuk melihat bayangan gambar diapositif seperti yang umumnya digunakan untuk presentasi di kelas.
  16. 16. Irawan Dian, 2013, Pengertian Optik, 30 Desember 2013. Wikipedia, 2013, Optika, 30 Desember 2013. Wikipedia, 2013, Rumus-Rumus Fisika Lengkap, 30 Desember 2013. Anonim, 2009, Alat optik, 30 Desember 2013. Anonim, 2013, Alat-Alat Optik, 30 Desember 2013. Rofi, 2013, Macam-Macam Alat Optik dan Kegunaannya, 30 Desember 2013. handika, 2013, Macam-Macam Alat Optik dan Penjelasan, 30 Desember 2013. Aditya, 2012, Teropong bumi bintang dan panggung, 30 Desember 2013. Anonim, 2013, Alat Optik Teropong, 30 desember 2013. Anonim, 2011, Alat Optik, 30 Desember 2013.
  17. 17. Tingkiyu^^ KELOMPOK 1 Ahwal Laili Moh. Khoirul Dwi Septi Putri Ira Rohmatul Ayu Wulan Albina Abrori Rudi Erliansyah Diego

×