Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun

on

  • 5,668 views

 

Statistics

Views

Total Views
5,668
Views on SlideShare
5,668
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
22
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun Document Transcript

  • Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktupembentukannya sampai jutaan tahun. Dikatakan tak terbarukan karena, apabila sejumlahsumbernya dieksploitasikan, maka untuk mengganti sumber sejenis dengan jumlah sama, barumungkin atau belum pasti akan terjadi jutaan tahun yang akan datang. Hal ini karena, disampingwaktu terbentuknya yang sangat lama, cara terbentuknya lingkungan tempat terkumpulkan bahandasar sumber energi inipun tergantung dari proses dan keadaan geologi saat itu.Contoh dari Energi tak terbarukan yang sangat dikenal, yaitu minyak bumi. Dari caraterbentuknya, Minyak bumi atau minyak mentah merupakan senyawa hidrokarbon yang berasaldari sisa-sisa kehidupan purbakala (fosil), baik berupa hewan, maupun tumbuhan.Dewasa ini di berbagai negara di belahan dunia termasuk Indonesia, aktivitas pencarian energialternatif untuk menggantikan energi tak terbarukan tengah digalakkan, biasanya denganmelakukan penelitian mengenai kandungan senyawa kimiawi terhadap spesies tumbuhantertentu, dilanjutkan dengan berbagai proses percobaan, agar energi yang dihasilkan setaradengan atau paling tidak, mendekati besarnya energi yang diperoleh dari sumber energi takterbarukan itu.Tumbuhan biasanya menggunakan fotosintesis untuk menyimpan tenaga surya, udara, dan CO 2 .Bahan bakar bio adalah bahan bakar yang diperoleh dari biomassa - Organisme atau produk darimetabolisme hewan, seperti kotoran dari sapi dan sebagainya. Ini juga merupakan salah satusumber energi terbaharui.Biasanya bahan bakar bio dibakar untuk energi kimia Melepas Yang Tersimpan di dalamnya.Riset untuk mengubah bahan bakar bio menjadi listrik Menggunakan sel bahan bakar adalahbidang penelitian yang sangat aktif.Biomassa dapat Digunakan langsung sebagai bahan bakar atau untuk memproduksi bahan bakarbio cair. Biomass yang diproduksi dengan teknik pertanian, seperti biodiesel, etanol, dan bagasse(seringkali sebuah produk sampingan dari pengkultivasian Tebu) dapat dibakar dalam mesinPembakaran dalam atau pendidih.
  • Sebuah hambatan adalah seluruh biomass harus melalui proses Beberapa berikut: harusdikembangkan, dikumpulkan, dikeringkan, difermentasi dan dibakar. Seluruh langkah inimembutuhkan banyak sumber daya dan infrastruktur.