Pancasila di masa orde baru (p3)

6,692 views
6,362 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,692
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
164
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pancasila di masa orde baru (p3)

  1. 1. PANCASILA DI MASAORDE BARU OLEH: Ahmad Sururi
  2. 2. Pemusatan dan sektor utamaMiliter (dwi fungsi ABRI) Partai GOLKAR sebagai Jumlah bantuan dana dari (pertahanan dan partai berkuasa (budaya) luar negeri (ekonomi) keamanan) Sentralisasi kekuasaan pada Kebijakan pembangunan pad lembaga kepresidenan sektor ekonomi dan stabilitas politik Kekuasaan eksekutif sangat dominan, dengan Pembangunan tidak merata d menunjuk utusan golongan dan masyarakat terpusat di jawa, (70% PAD h separuh dari 1000 anggota MPR disetor ke pusat)
  3. 3. PENGUATAN NEGARA MASA ORDE BARUPeristiwa Malapetaka Januari Aksi demonstrasi mahasiswa terhadap arus investasi produk2 Jepang ke Indonesia dan mematikan sektor ekonomi lokal Dibatasinya kebebasan Berlakunya Normalisasi berorganisasi dan menyatakan Kehidupan Kampus dan Badan pendapat Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BK) Dibredelnya harian tempo pada tahun 1982 dan dibredelnya harian Pengekangan pers dan media tempo, detik dan editor pada tahun massa 1994 Warga tionghoa dilarang merayakan imlek, pelarangan Warga keturunan dianggap bahasa mandarin dan kesenian sebagai warga negara asing barongsai di larang dipertunjukkan
  4. 4. PANCASILA DI MASA ORDE BARU1. Sosialisasi Penataran P4 (TAP MPR No. II/MPR/1978) di sekolah-sekolah dan masyarakat dengan tujuan membentuk pemahaman yang sama mengenai demokrasi Pancasila sehingga mampu menegaskan opini masyarakat terhadap kepemimpinan orde baru2. Doktrinisasi melalui upaya indoktrinisasi yang dilakukan secara uniform (seragam) kepada semua lapisan masyarakat, mahasiwa dan lembaga-lembaga pemerintahan tanpa disertai dengan keteladanan para pemimpin tentang nilai-nilai pancasila3. Pada masa Orde Lama Pancasila dimanipulasi menjadi kekuatan politik dalam bentuk bersatunya tiga kekuatan yang bersumber dari tiga aliran yaitu nasionalisme, agama dan komunis; sedangkan pada masa Orde Baru Pancasila disalahgunakan sebagai ideologi penguasa untuk memasung pluralisme dan mengekang kebebasan berpendapat masyarakat dengan dalih menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.4. Pancasila sebagai alat dan instrumen kekuasaan dengan mengekang kehidupan bermasyarakat.5. Tidak semua nilai-nilai pancasila pada masa orde baru negatif, adalah hal yang bijak untuk menempatkan Pancasila secara dinamis.
  5. 5. SEKIAN DAN TERIMAKASIH

×