macam macam jaringan internet

  • 10,485 views
Uploaded on

tambahin bila ada yg kurang

tambahin bila ada yg kurang

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
10,485
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
92
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. DASAR-DASAR SISTEM JARINGAN INTERNET By : Alvia Risa Mardiani Mutiara Apriani Nita Pridiani Novita Sari Dewi
  • 2. JARINGAN INTERNET  Internet (kependekan dari interconnectionnetworking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
  • 3. PENGERTIAN INTRANET  intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
  • 4. JARINGAN KOMPUTER Pengertian Jaringan Komputer  Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer, printer, atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node.
  • 5. JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER  1. 2. 3. Berdasarkan Jangkauan Wilayahnya : Jaringan Komputer Lokal ( Local Area Network { LAN }) Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network {MAN}) Jaringan Komputer Skala Luas ( Wide Area Network {WAN})
  • 6. JARINGAN KOMPUTER LOKAL LOCAL AREA NETWORK (LAN ) Jaringan yang mencakup satu lokasi misalnya : dalam sebuah gedung atau perkantoran. Keuntungan: 1.Pertukaran file lebih mudah 2.Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client 3.Keamanan data labih terjamin 4.File data yang keluar/masuk dapat dikontrol 5.Proses Back Up data menjadi lebih mudah dan cepat 6.Resiko kehilangan file karena virus menjadi sangat kecil 7.Komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail dan chat Jangkauan Wilayah LAN
  • 7. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network {MAN}) Jaringan yang menjangkau wilayah dalam provinsi. Keuntungan: 1.Dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel 2.Jangkauan lebih luas 3.Lebih irit kabel jaringan
  • 8. Jaringan Komputer Skala Luas ( Wide Area Network {WAN}) Jaringan yang mencakup wilayah negara atau benua. Keuntungan: 1.Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data 2.Komunikasi antarkantor dapat menggunakan e-mail/chat 3.Pooling dan Updating dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan Jangauan Wilayah WAN
  • 9. Berdasarkan Bentuk/Topologi Topologi adalah cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainya, sehingga membentuk jaringan. Berdasarkan Bentuk/ Topologi, jaringan komputer di bagi menjadi 5 Tipe 2 5
  • 10. 1.TOPOLOGI BUS Pada Topologi ini setiap komputer disambung dengan T-bus dan kedua ujung sambungan diberi resistor dengan nilai resistansi 50 ohm. Keunggulan : 1.Setiap komputer dapat saling berhubungan langsung. 2.Jika satu node rusak tidak mengganggu node yang lain. Karena setiap node terhubung dengan bus. 3.Murah karena tidak menggunakan banyak media. Kelemahan : 1.Sering terjadi hang /crosstalk . 2.Jika bus rusak semua nodetidak berfungsi.
  • 11. 2.TOPOLOGI RING Pada Topologi ini semua komputer saling berhubungan fisk membentuk lingkaran. Keunggulan : 1.Setiap komputer dapat saling berhubungan langsung. 2. Murah karena tidak banyak menggunakan media. Kelemahan : 2. Data yang dikirim bila melalui banyak komputer maka transfer data menjadi lambat.
  • 12. 3.TOPOLOGI STAR Pada Topologi ini Setiap sistem pengguna komputer berhubungan langsung ke server dan tidak perlu berhubungan dengan pengguna komputer lain. Keunggulan : 1.Akses server cepat 2.Kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat. Kelemahan : 1.Jika pusat node atau terminal rusak maka semua sistem ikut rusak 2.Jika dua pengguna ingin berkomunikasi harus melaui server.
  • 13. 4.TOPOLOGI MESH Pada Topologi ini merupakan bentuk jaringan dengan node yang saling berhubungan dengan node lain melalui beberapa link. Keunggulan : 1.Mampu menampung banyak pengguna yang aktif. Kelemahan 1.Membutuhkan banyak saluran bus.
  • 14. 5.TOPOLOGI TREE Pada Topologi ini seperti membentuk sebuah pohon dengan cabangnya. Terdiri atas central node dan node yang saling berhubungan dan berjenjang. Keunggulan : 1.Kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat dan terbagi dalam tingkatan jenjang. Kelemahan : 1.Jika salah satu node rusak maka node yang ada pada jenjang bagian bawah tidakberfungsi
  • 15. BERDASARKAN MEDIA TRANSMISI DATANYA 1.Jaringan Tanpa Kabel ( Wireless ) Hubungan antar komputer dalam jaringan menggunakan gelombang radio atau Infrared. 2.Jaringan Berkabel Hubungan antar komputer dalam jaringan menggunakan kabel. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan Jaringan Berkabel Jaringan Wireless
  • 16. MANFAAT JARINGAN  Membagi sumber daya sumber daya yang dimaksud adalah berupa perlengkapan komputer, seperti scanner, printer atau sumber daya yang berupa data.  Reliabilitas tinggi Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data dari komputer lain.  Menghemat uang. Sistem jaringan memungkinkan suatu perusahaan untuk menghemat sumber daya seperti penggunaan printer dengan menggunakan jaringan komputer printer dapat dipakai bersama.  Sebagai sarana komunikasi . Jaringan komputer dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memberikan informasi mengenai hasil rapat, undangan yang dapat dikirim melalui jaringan komputer yang ada.
  • 17. Thank’s for Your Attention