Your SlideShare is downloading. ×
0
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi konvensional
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Bioteknologi konvensional

332

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
332
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Batasan Masalah Tujuan dan Manfaat Penulisan
  • 2. BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Batasan Masalah Tujuan dan Manfaat Penulisan Ilmu pengetahuan dan teknlogi menjadi sesuatu yang sangat sullit di pisahkan karena kedua hal tersebut saling ketergantungan. Ilmu pengetahuan seakan menjadi tak bermakna tanpa disertai canggihnya teknologi. Begitu pula sebaliknya.Hal ini lah yang menjadi dasar pembuatan makalah ini karena kami akan membahas sekelumit informasi tentang “Bioteknologi Konvensinal”.
  • 3. BAB I PENDAHULUAN Untuk menghindari pembahasan yang terlalu luas dan menyimpang dari pokok bahasan yang dikehendaki, maka penulis memberikan suatu batasan yang meliputi: Apa yang dimaksud dengan Bioteknlogi? Apa yang dimaksud dengan Bioteknlogi Konvensional? Bagaimana aplikasi bioteknologi konvensional dalam kehidupan sehari-hari? Bagaimana hasil dan kesimpulan dari percobaan tersebut? Latar Belakang Masalah Batasan Masalah Tujuan dan Manfaat Penulisan
  • 4. BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Batasan Masalah Tujuan dan Manfaat Penulisan • Meengetahui pengertian dari istilah Bioteknologi • Mengetahui apa yang dimaksud dengan Bioteknolgi konvensional. • Mengetahui berbagai penerapan Bioteknologi • konvensional dalam kehidupan sehari-hari. • Mengetahui bagaimana hasil dan kesimpulan dari percobaan tersebut.
  • 5. Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk dan jasa guna kepentingan manusia. Ilmu-ilmu pendukung dalam bioteknologi meliputi mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi sel, teknik kimia, dan enzimologi. Dalam bioteknologi biasanya digunakan mikroorganisme atau bagian-bagiannya untuk meningkatkan nilai tambah suatu bahan tersebut.
  • 6. Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula, atau bahan makanan, seperti tempe, tape, oncom, dan kecap.Mikroorganisme dapat mengubah bahan pangan. Proses yang dibantu mikroorganisme, misalnya dengan fermentasi, hasilnya antara lain tempe, tape, kecap, dan sebagainya termasuk keju dan yoghurt. Proses tersebut dianggap sebagai bioteknologi masa lalu. Ciri khas yang tampak pada bioteknologi konvensional, yaitu adanya penggunaan makhluk hidup secara langsung dan belum tahu adanya penggunaan enzim.
  • 7. 1. Pengolahan Bahan Makanan a. Pengolahan produk susu b.Produk makanan nonsusu 1) Yoghurt 1) Kecap 2) Keju 2) Tempe 3) Mentega 3) Tape 2. Bioteknologi Bidang Pertanian a. Penanaman secara hidroponik b. Penanaman secara aeroponik
  • 8. a. Penanaman secara hidroponik Hidroponik berasal dari kata bahasa Yunani hydro yang berarti air dan ponos yang berarti bekerja. Jadi, hidroponik artinya pengerjaan air atau bekerja dengan air. Dalam praktiknya hidroponik dilakukan dengan berbagai metode, tergantung media yang digunakan. Adapun metode yang digunakan dalam hidroponik, antara lain metode kultur air (menggunakan media air), metode kultur pasir (menggunakan media pasir), dan metode porus (menggunakan media kerikil, pecahan batu bata, dan lain- lain). Metode yang tergolong berhasil dan mudah diterapkan adalah metode pasir.
  • 9. b. Penanaman secara aeroponik Aeroponik berasal dari kata aero yang berarti udara dan ponos yang berarti daya. Jadi, aeroponik adalah pemberdayaan udara. Sebenarnya aeroponik merupakan tipe hidroponik (memberdayakan air), karena air yang berisi larutan unsur hara disemburkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman. Akar tanaman yang ditanam menggantung akan menyerap larutan hara tersebut.
  • 10. Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula, atau bahan makanan, seperti tempe, tape, oncom, dan kecap. Mikroorganisme dapat mengubah bahan pangan. Proses yang dibantu mikroorganisme, misalnya dengan fermentasi, hasilnya antara lain tempe, tape, kecap, dan sebagainya termasuk keju dan yoghurt. Proses tersebut dianggap sebagai bioteknologi masa lalu. Ciri khas yang tampak pada bioteknologi konvensional, yaitu adanya penggunaan makhluk hidup secara langsung dan belum tahu adanya penggunaan enzim.

×