Latihan Soal Matematika Ekonomi Pra-UTS

  • 23,464 views
Uploaded on

 

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
23,464
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
614
Comments
8
Likes
6

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Oleh: Osa Omar SharifLATIHAN SOAL PRA-UTS1. Harga suatu barang sebesar Rp 10.000,- dan jumlah barang yang diminta sebanyak 40 unit. Ketika harga barang tersebut naik menjadi Rp 15.000,-, jumlah barang yang diminta sebanyak 20 unit. Tentukan persamaan fungsi permintaan barang tersebut.2. Misalkan penawaran dan permintaan terhadap produk Ballpoint Snowman seperti pada tabel di bawah ini: Rp 1.850,- Rp 2.000,- Permintaan unit unit Penawaran unit unit a. Tentukan harga dan jumlah keseimbangan dari produk Ballpoint Snowman tersebut! b. Berapa total pajak yang diterima pemerintah jika ditetapkan pajak-proporsional 20% dari harga jual? c. Gambarkan grafik keseimbangan produk Ballpoint Snowman sebelum dan sesudah pajak tersebut!3. Fungsi permintaan akan barang x ditunjukkan oleh persamaan Qd = 20 – P2, sedangkan fungsi penawarannya Qs = -6 + 4P2. Jika terhadap barang tersebut pemerintah mengenakan pajak sebesar 2 rupiah per unit, hitung: a. Harga dan jumlah keseimbangan barang tersebut sebelum dan sesudah pengaruh pajak. b. Berapa besar pajak yang ditanggung oleh konsumen dan produsen? c. Berapa besar total pendapatan pajak yang diterima pemerintah?4. Jika diketahui fungsi biaya total TC = 0.5Q2 +29Q +100 dan fungsi harga P = 50 – 5Q. a. Carilah jumlah produksi yang dapat memaksimalkan laba? b. Berapalah nilai laba maksimum tersebut? c. Berapakah harga jual per unit dari produk tersebut? d. Berapakah biaya total yang dikeluarkan perusahaan? e. Berapakah penerimaan total yang diperoleh perusahaan?
  • 2. Oleh: Osa Omar Sharif5. Toko ‘Cora’ memproduksi 1000 unit boneka per hari. Misalkan biaya rata-rata per hari untuk memproduksi boneka memenuhi persamaan AVC = 7Q – 3200 dan total gaji harian pegawai (FC) Rp 500.000,- a. Tentukan persamaan dan besarnya biaya total produksi boneka per hari! b. Tentukan biaya marjinal jika produksi hariannya dinaikkan 50%? c. Jika fungsi permintaan boneka memenuhi persamaan P = -5Q + 20.500, tentukan pada jumlah produksi berapa boneka ‘Cora’ mengalami BEP?6. Misalkan Bank Cabang Asli menetapkan bunga sebesar per tahun yang dimajemukkan secara semesteran. Elsa mendepositokan di bank tersebut. Tentukan berapa tahun yang diperlukan supaya deposito Elsa mencapai ?
  • 3. Oleh: Osa Omar Sharif7. Pak Widodo ingin membeli rumah di Kotabaru Parahyangan seharga secara kredit. Sesuai dengan perjanjian dengan pihak pengembang, waktu pembayaran rumah tersebut adalah tahun. Berapakah jumlah pembayaran setiap bulan yang harus dibayar oleh Pak Widodo jika tingkat bunga yang dikenakan adalah ? 1. Permintaan akan barang x ditunjukkan oleh persamaan Qdx = 5 – 2Px + Py sedangkan penawarannya Qsx = 3Px – 3. Di lain pihak, permintaan terhadap barang y ditunjukkan oleh persamaan Qdy = 10 + 2Px – 5Py, sedangkan penawarannya Qsy = 5Py – 6. Berapa harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan yang terjadi di pasar untuk masing – masing barang tersebut?2. Biaya total yang dikeluarkan sebuah perusahaan ditunjukkan oleh persamaan TC = 2Q 2 – 20Q + 60. Hitung: a. Biaya total minimum b. Biaya tetap, biaya variabel, biaya rata-rata, biaya tetap rata-rata dan biaya variabel rata-rata c. Jika produksi meningkat sebanyak satu unit, berapakah biaya marjinal?3. Fungsi permintaan yang dihadapi oleh produsen monopolis ditunjukkan oleh P=1000- 0.5Q. a. [3 poin] Bagaimana persamaan penerimaan totalnya? b. [4 poin] Berapa besarnya penerimaan total jika terjual barang sebanyak 200 unit, dan berapa harga jual per unit? c. [4 poin] Hitunglah penerimaan marjinal dari penjualan sebanyak 200 unit menjadi 400 unit?4. Pak Haryono ingin membeli rumah di Kanayakan seharga Rp 850.000.000,- secara kredit. Sesuai dengan perjanjian dengan pihak pengembang, waktu pembayaran rumah tersebut adalah 10 tahun. Berapakah jumlah pembayaran setiap bulan yang harus dibayar oleh Pak Widodo jika tingkat bunga yang dikenakan adalah 12%?5. Fungsi permintaan dan penawaran akan suatu jenis barang tertentu ditunjukkan oleh persamaan : Qd = 1500 – 10p dan Qs = 20P – 1200. Setiap barang yang dijual dikenakan pajak sebesar Rp 15,- per unit. Pertanyaan: a. Berapakah harga dan jumlah kesimbangan sebelum dan sesudah pajak? b.Berapakah beban pajak yang ditanggung konsumen, produsen, dan berapakah total penerimaan pemerintah dari pajak?
  • 4. Oleh: Osa Omar Sharif 6. Diketahui persamaan fungsi biaya TC = 2000 + 2Q dan besarnya harga P = 22. a. Tentukan Q, TR, dan TC ketika BEP b. Jika barang yang diproduksi (Q) sebesar 200 unit, tentukan besarnya rugi atau laba7. Biaya total yang dikeluarkan sebuah perusahaan ditunjukkan oleh persamaan TC =2Q2 – 20Q + 60. Hitung: a. Biaya total minimum b. Biaya tetap, biaya variabel, biaya rata-rata, biaya tetap rata-rata dan biaya variabel rata-rata c. Jika produksi meningkat sebanyak satu unit, berapa biaya marjinal8. Toko ‘Finger Puppets’ memproduksi 1000 unit boneka jari per hari. Misalkan biaya rata- rata per hari untuk memproduksi boneka memenuhi persamaan dan total gaji harian pegawai . a. Tentukan persamaan dan besarnya biaya total produksi boneka jari per hari! b. Tentukan biaya marjinal jika produksi hariannya dinaikkan 50%? c. Jika fungsi permintaan boneka jari memenuhi persamaan , tentukan pada jumlah produksi berapa boneka jari ‘Finger Puppets’ mengalami BEP?