Your SlideShare is downloading. ×
Latihan Soal Matematika Ekonomi + Pembahasan (MBTI - Institut Manajemen Telkom)
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Latihan Soal Matematika Ekonomi + Pembahasan (MBTI - Institut Manajemen Telkom)

52,813
views

Published on

MY PRESENTATION IS NOT COPYRIGHT, BUT IT IS RIGHT TO COPY IF YOU INCLUDING MY NAME

MY PRESENTATION IS NOT COPYRIGHT, BUT IT IS RIGHT TO COPY IF YOU INCLUDING MY NAME

Published in: Education

0 Comments
15 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
52,813
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
1,266
Comments
0
Likes
15
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Source by Osa Omar SharifAnswered by Yunus Thariq Rizky & Reza Ayasa SOAL LATIHAN UAS1. Fungsi permintaan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan P = 100 - Q a. Tentukan elastisitas permintaannya pada tingkat harga Q = 30 b. Tentukan jenis elastisitasnya dan interprestasikan ke dalam bahasa ekonomi2. Jika diketahui fungsi biaya total TC = Q3 - 120Q2 + 2100Q + 1000 a. Tentukanlah tingkat produksi Q yang dapat meminimumkan biaya marjinal! b. Berapakah biaya marjinal di tingkat produksi tersebut? c. Berapakah biaya rata-rata di tingkat produksi tersebut?3. Jika diketahui fungsi biaya total TC = 200 + 30Q dan fungsi harga P = 100 – 0.1Q a. Carilah jumlah produksi yang dapat memaksimalkan laba? b. Berapalah nilai laba maksimum tersebut? c. Berapakah harga jual per unit dari produk tersebut? d. Berapakah biaya total yang dikeluarkan perusahaan? e. Berapakah penerimaan total yang diperoleh perusahaan?4. Jika diketahui pasangan fungsi permintaan untuk produk X dan Y berikut ini: (done) Qx = Px-1.5Py-0.4 dan Qy = Px-0.5Py-0.4 Tentukan elastisitas permintaan parsial dan hubungan produk X dan Y! (done)5. Morgan akan membuat topi (A) dan terompet (B) untuk perayaan tahun baru dengan anggaran biaya Rp 1.000,-. Biaya bahan baku topi (A) Rp 25,- per unit dan terompet (B) Rp 50,- per unit. Misalkan fungsi produksi P = A2B3, tentukan: a. Jumlah kedua terompet supaya produksi optimum? b. Berapakah produksi optimum tersebut?6. Ryn akan membeli gelang dan cincin untuk persiapan pernikahannya dengan harga Rp 4,- per gelang dan Rp 3,- per cincin. Misalkan fungsi utilitas U = 12GC (G gelang dan C cincin), tentukan: a. Fungsi utilitas marjinal untuk kedua barang! b. Utilitas marjinal untuk pembelian 12 gelang dan 16 cincin! c. Apakah kepuasan konsumen optimum dengan pembelian pada poin (b)?7. Jika fungsi utilitas dari mengkonsumsi suatu barang adalah U = 4XY – Y2 dan persamaan anggaran dari seorang konsumen adalah 2X + Y = 6, maka tentukanlah nilai X dan Y yang dapat memaksimumkan utilitas.8. Fungsi permintaan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Qd = 150 – 3P a. Tentukan elastisitas permintaannya pada tingkat harga P = 40 dan P = 25 b. Tentukan jenis elastisitasnya dan interprestasikan ke dalam bahasa ekonomi9. Fungsi penawaran suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Qs=-700+0.2P2. a. Tentukan elastisitas penawarannya pada tingkat harga P=10 dan P=100! b. Tentukan apakah tidak elastis, uniter, atau elastis? Selanjutnya, interpretasikanlah nilai elastis tersebut ke dalam bahasa ekonomi.10. Hitunglah nilai elastisitas permintaan pada P = 5 dan P = 10, jika titik A (20,80) dan B (10,100), kemudian sebutkan jenis elastisitas dan artinya.
  • 2. Source by Osa Omar SharifAnswered by Yunus Thariq Rizky & Reza Ayasa11. Jika diketahui fungsi biaya total TC = 30 – 15Q – 6Q2 + Q3. a. Tentukanlah tingkat produksi Q yang dapat meminimumkan biaya marjinal! b. Berapakah biaya marjinal di tingkat produksi tersebut? c. Berapakah biaya rata-rata di tingkat produksi tersebut?12. Jika diketahui fungsi biaya total TC = 50 +20Q dan fungsi harga P = 100 – 0.5Q – 0.5Q2. a. Carilah jumlah produksi yang dapat memaksimalkan laba? b. Berapalah nilai laba maksimum tersebut? c. Berapakah harga jual per unit dari produk tersebut? d. Berapakah biaya total yang dikeluarkan perusahaan? e. Berapakah penerimaan total yang diperoleh perusahaan?13. Fungsi permintaan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan P = 100 - Q a. Tentukan elastisitas permintaannya pada tingkat harga Q = 30 b. Tentukan jenis elastisitasnya dan interprestasikan ke dalam bahasa ekonomi14. Jika diketahui fungsi biaya total TC = Q3 - 120Q2 + 2100Q + 1000 a. Tentukanlah tingkat produksi Q yang dapat meminimumkan biaya marjinal! b. Berapakah biaya marjinal di tingkat produksi tersebut? c. Berapakah biaya rata-rata di tingkat produksi tersebut?15. Jika diketahui fungsi biaya total TC = 200 + 30Q dan fungsi harga P = 100 – 0.1Q a. Carilah jumlah produksi yang dapat memaksimalkan laba? b. Berapalah nilai laba maksimum tersebut? c. Berapakah harga jual per unit dari produk tersebut? d. Berapakah biaya total yang dikeluarkan perusahaan? e. Berapakah penerimaan total yang diperoleh perusahaan?16. Rizky akan membuat topi (A) dan terompet (B) untuk perayaan tahun baru dengan anggaran biaya Rp 1.000,-. Biaya bahan baku topi (A) Rp 25,- per unit dan terompet (B) Rp 50,- per unit. Misalkan fungsi produksi P = A2B3, tentukan: c. Jumlah topi dan terompet supaya produksi optimum? d. Berapakah produksi optimum tersebut?17. Diar akan membeli gelang dan cincin untuk persiapan pernikahannya dengan harga Rp 4,- per gelang dan Rp 3,- per cincin. Misalkan fungsi utilitas U = 12GC (G gelang dan C cincin), tentukan: d. Fungsi utilitas marjinal untuk kedua barang! e. Utilitas marjinal untuk pembelian 12 gelang dan 16 cincin! f. Apakah kepuasan konsumen optimum dengan pembelian pada poin (b)?18. Fungsi penawaran suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Qs=-700+0.2P2. a. Tentukan elastisitas penawarannya pada tingkat harga P=10 dan P=15! b. Tentukan apakah tidak elastis, uniter, atau elastis? Selanjutnya, interpretasikanlah nilai elastis tersebut ke dalam bahasa ekonomi.19. Jika suatu perusahaan manufaktur ingin menghasilkan suatu produk, dimana fungsi biaya totalnya TC = 0.2 Q3 – 20 Q2 + 1500 Q + 12.750 a. Tentukan fungsi biaya marjinal! b. Berapakah jumlah produk yg dihasilkan agar biaya marjinal minimum? c. Berapakah nilai biaya marjinal minimum tersebut?
  • 3. Source by Osa Omar SharifAnswered by Yunus Thariq Rizky & Reza Ayasa20 Jika diketahui fungsi permintaan suatu perusahaan, P = 100Q-1 - 2,5 + 5Q dan fungsi biayanya, TC = 60 + 8Q + 2Q2, maka tentukan: a. TR dan TC maksimum atau minimum serta berapa besar TR dan TC pada saat itu? b. Persamaan fungsi keuntungan atau labanya! c. Laba akan mencapai nilai maksimum atau minimum? d. Berapa besarnya laba pada kondisi tersebut? 21. Rizky akan membuat 2 (dua) jenis suvenir dengan anggaran biaya Rp 2.500.000,-. Biaya bahan baku suvenir A Rp 3.500,- per unit dan suvenir B Rp 50.000,- per unit. Misalkan fungsi produksi P = 500AB, tentukan: a. Jumlah kedua suvenir supaya produksi optimum? b. Hasil produksinya! 22. Navy akan membuat 2 (dua) jenis suvenir dengan anggaran biaya . Biaya bahan baku suvenir A per unit dan suvenir B per unit. Misalkan fungsi produksi , tentukan: a) Jumlah kedua suvenir supaya produksi optimum? b) Hasil produksinya! 23. Hana akan membeli kasur dan lemari untuk perlengkapan asrama mahasiswa dengan harga per kasur dan per lemari. Misalkan fungsi utilitas ( kasur dan lemari), tentukan: a) Fungsi utilitas marjinal untuk kedua barang! b) Utilitas marjinal untuk pembelian 10 kasur dan 5 lemari! c) Apakah kepuasan konsumen optimum dengan pembelian pada poin (b)?
  • 4. Source by Osa Omar SharifAnswered by Yunus Thariq Rizky & Reza AyasaIni jawaban yang ngerjain yunus dan reza.Mampunya cuma segitu.Tolong diberitahu klo adakekeliruan.Terima kasih dan selamat belajar.
  • 5. Source by Osa Omar SharifAnswered by Yunus Thariq Rizky & Reza Ayasa
  • 6. Source by Osa Omar SharifAnswered by Yunus Thariq Rizky & Reza Ayasa
  • 7. Source by Osa Omar SharifAnswered by Yunus Thariq Rizky & Reza Ayasa