Membuat Form pada OpenMRS
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Membuat Form pada OpenMRS

on

  • 111 views

Panduan membuat formulir pada aplikasi OpenMRS ...

Panduan membuat formulir pada aplikasi OpenMRS
(YENY RAHMAWATI - FAKULTAS KESEHATAN UDINUS)

Yeny Rahmawati, A.Md PK, SKM
email : adenkq@ymail.com / yeny.adenk@gmail.com
Facebook : Adenk Yeny Setiawan
Twitter : @Yenysetiawan

Statistics

Views

Total Views
111
Views on SlideShare
110
Embed Views
1

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

1 Embed 1

http://www.slideee.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Membuat Form pada OpenMRS Membuat Form pada OpenMRS Document Transcript

  • MEMBUAT FORM 1. Buka halaman Admistrations, kemudian pilih menu Form, dan pilih sub menu Manage Form seperti gambar dibawah ini. 2. Klik “Add Form” untuk menambahkan formulir digital rekam medis yang ingin digunakan. . 3. Selahkan mengisi dengan 4. Setelah kembali ke menu “Manage Forms” silahkan klik lagi “Form SOAP Dasar”, silahkan mulai mengatur skema sesuai dengan susunan SOAP yaitu Subjective- Objective-Assessment- Plan. 5. Selanjutnya akan muncul halaman interface seperti gambar dibawah. Untuk membuat Form baru, maka pada bagian Add Form or Duplicate Form selalu pilih opsi Basic Form dan kemudian klik Duplicate.
  • Kemudian akan muncul interface yang berfungsi untuk mengedit atau mendeskripsikan form baru yang akan kita buat. Ganti Nama form dan deskripsi form. Sebagai contoh, silahkan ganti nama form dengan CONTOH 1 (atau sesuai keinginan anda) dan isi deskripsi mengenai form yang anda buat. kemudian klik pilihan Create Form and Duplicate Schema. 6. Setelah itu interface akan kembali ke halaman sebelumnya. Dan sudah terdapat form baru yang telah kita buat tadi.
  • Klik form CONTOH 1 7. Setelah anda klik form CONTOH 1, maka akan tampil halaman baru seperti gambar dibawah ini. Agar mempermudah pemahaman, penulis mengelompokkan tiga langkah untuk mengelola pembuatan form ini. a. Pada bagian 1, terdapat Schema Design yang berfungsi untuk mengatur apa-apa saja yang nantinya harus ada pada form yang anda buat. Pada bagian ini terdapat sub menu 1) Patient yang berisi tentang identitas pasien yg sudah secara otomatis ditautkan sesuai dengan pasien-pasien yang ada ketika anda membuat pasien baru. 2) Encounter yang memuat tentang data-data pertemuan-pertemuan pada saat pasien melakukan kunjungan di tempat pelayanan kesehatan, juga berisi tentang lokasi dan provider yang melayani pasien. 3) Obs (Observation) merupakan inti dari pembuatan form dan yang akan dibahas lebih lanjut. Pada bagian ini berisi tentang observasi yang nantinya akan di lakukan kepada pasien. Bagian ini memuat konsep tentang berat badan, tinggi
  • badan, anamnesa, pemeriksaan fisik dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan di tempat pelayanan kesehatan. Super Admin dapat menambahkan berbagai konsep yang dibutuhkan dengan cara mencari konsep-konsep kamus tersebut pada kolom Find Field Elements. Dan selanjutnya akan muncul konsep yang diinginkan. Kemudian klik pada konsep dan geserkan atau tambahkan pada bagian Obs. 4) Problem List¸ berisi tentang daftar masalah kesehatan yang ada pada pasien. Semua bagian-bagian diatas nantinya akan muncul pada form. Super Admin dapat menghapus atau mengedit bagian yang sekiranya tidak diperlukan. Disarankan untuk lebih terfokus pada bagian Obs. Karena pada bagian inilah form benar-benar harus dikonsep sedemikian rupa, agar memudahkan pengguna form dalam pemakaian. b. Jika anda sudah selesai pada bagian pertama, pada bagian ke dua ini anda harus menyimpan form anda kembali dengan konsep-konsep yang sudah anda tambahkan sebelumnya. Klik Save. c. Pada bagian ketiga klik Design XForm. XForm adalah media untuk me-manage dan mengedit form yang anda buat. 8. Dibawah ini adalah tampilan XForm (TAMBAHIN YA KATA2 nya LAGI) Pada bagian properties ini merupakan bagian yang menampilkan data-data tentang form. (TAMBAHIN YA KATA2 nya LAGI ya) 9. Pada bagian Design Surface ada dapat mengedit dan mengatur tampilan form.
  • Atur tampilan form sesuai kebutuhan dan selera anda. Pada bagian ini anda dituntut untuk mendesain form se-friendly mungkin agar pengguna form menjadi nyaman saat menggunakan form. 10. Pada bagian Palatte anda dapat menambahkan berbagai macam tambahan kolom, label untuk membuat form anda semakin menarik.
  • 11. Pada Widget Properties, anda dapat mengubah besar kecilnya huruf, model huruf atau mengganti background colour untuk form anda.
  • 12. Berikut ini contoh form yang sudah diedit dan didesain ulang. 13. Setelah anda selesai mengedit ulang form, klik Save untuk menyimpan form
  • 14. Lalu Klik tanda panah seperti gambar dibawah ini. Jika terdapat pilihan seperti dibawah ini, klik pilihan Tinggalkan Laman 15. Selanjutnya anda akan berada lagi pada halaman sebelumnya. Kemudian beri tanda centang (√) pada bagian Published agar user nantinya dapat menggunakan form ini. Dan klik Save Form sekali lagi. 16. Form sudah dapat digunakan. TOLONG DIEDIT LAGI YA. KAYANYA MASIH BANYAK YANG KURANG. TRIMS